Panda Makan Bambu Sampai 12 Kilogram Perhari

Situshewan.com - Fakta Unik Tentang Panda,- Siapa yang tidak tahu Panda? Hewan yang sering dijadikan figur boneka ini pasti sudah tidak asing lagi. Panda memiliki ciri yang unik dan khas yakni adanya lingkaran hitam membulat pada area matanya. Badannya pun menggemaskan dan lucu. Kegemarannya memakan bambu juga menjadikannya sebagai hewan unik. Tahukan Anda bahwa setiap harinya, panda memakan sekitar 12 kilogram bambu sebagai makanan utamanya. Berasal dari negeri tirai bambu china, panda merupakan sebuah hewan yang menjadi kebanggaan nasional di negara asalnya.
Namun sayangnya, hewan imut yang satu ini terancam punah terutama panda raksasa. Karena kini panda raksasa hanya ada 2000-an ekor saja yang hidup di alam liar. Sisanya sebanyak 200-an tersebar di berbagai macam kebun binatang di seluruh dunia. Masalah utama pada eksistensi Panda adalah pada habitatnya. Jumlah bambu sebagai makanan utamanya semakin berkurang. Selain itu, panda juga tidak mudah dikembangbiakkan sehingga populasinya tidak bertambah secara signifikan.

Fakta unik tentang panda lainnya adalah mengenai masa hidupnya. Panda yang hidup di alam liar akan bertahan hidup sampai 20 tahun, sementara yang tinggal di penangkaran bisa lebih lama yakni 25 sampai dengan 30 tahun. Panda yang liar hidup di China bagian tengah yang masih banyak hutan bambu dengan udara khas yang lembab dan dingin. Daerah seperti itu merupakan daerah yang panda sukai. 

Sejak dulu, panda sudah dijadikan sebagai simbol perdamaian di negara asalnya, Tiongkok. Sebagai contoh, ratusan tahun lalu ketika suku-suku di negara tirai bambu sedang berperang, mereka biasanya menaikkan bendera bergambar panda sebagai tanda untuk gencatan senjata atau menghentikan peperangan.

Selain itu, terdapat pula filosofi tentang keseimbangan di Cina atau yang akrab disebut dengan Yin dan Yang. Panda merupakan simbol dari filosofi tersebut yakni dengan adanya bulu berwarna hitam putih di sekujur tubuhnya. Masyarakat pun sangat mempercayai sifat dasar panda yang lembut dan sensitif menunjukkan Yin dan Yang , yang bisa membawa keseimbangan. 
Panda Makan Bambu Sampai 12 Kilogram Perhari | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *