Klasifikasi Semut Hitam (Dolichoderus Thoracicus Smith)

Semut merupaka hewan yang sejanis serangga dengan jumlah spesies serta individu yang sangat besar di milikinya, hingga detik inij umlah semut yang berada di permukaan bumi sudah melebihi 12.000 spesies, namun hanya baru sekitar 7600 spesies dari 250 genus yang telah di berinama dan di deskripsikan, dan kebanyakan semut itu berasal dari daerah tropis.

Ada berbagai macam semut yang ada di dunia ini di antaranya ada yang di sebut semut hitam atau dengan nama latinnya Dolichoderus thoracicus Smith, semut ini termasuk jenis semut yang berspesies yang daerah penyebarannya tersebar di luas Asia Tenggara yang terutama berada di daerah ketinggian sekitar 1300 meter di atas permukaan laut.
Klasifikasi semut hitam
Kita akan sering menjumpai semut ini berada di kawasan tanaman jeruk, kakao serta pohon manga, biasanya semut ini akan membuat sarangnya di atas permukaan tanah dengan tumpukan seresah daun kering dan juga pelapah daun kelapa, mereka tidak akan jauh dari tempat sumber makanannya dan selalu berada di tempat yang kering dan gelap.

Semut hitam akan keluar pada saat waktu pagi dan sore, ketika itu suhu tidak terlalu panas dan semut akan merayap menuju pucuk-pucuk tanaman untuk mendapatkan cahaya matahari. Berikut ini ada beberapa Klasifikasi Semut Hitam Dolichoderus Thoracicus sebagai berikut ini :

Filum : Arthropoda
Kelas : Hexapoda
Ordo : Hymenoptera
Famili : Formicidae
Sub famili : Dolichoderinae
Genus : Dolichoderus
Spesies : Dolichoderus thoracicus Smith

Semut hitam ini akan bersembunyi di tempat yang terlindung dari sengatan sinar matahari ketika suhu udara sedang sangat panas, ia akan melindungi dirinya dengan berteduh di balik dedaunan dan di tanah, semut hitam Dolichoderus thoracicus ini pun  ia hidup dalam suatu organisasi yang terdiri dari sejumlah individu dan membentuk suatu masyarakat yang di sebut dengan kolini, yang terdiri dari kelompok-kelompok yang sering kali di sebut dengan kasta. Nah semut hitam tersebut tediri dari beberapa kasta yang di antaranya ratu, pejantan dan pekerja, setiap semut pun memiliki tugasnya masing-masing.
Klasifikasi Semut Hitam (Dolichoderus Thoracicus Smith) | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *