Struktur Sel Hewan dan Fungsinya Lengkap

Sel Hewan meruapan sel eukariotik yang tidak memiliki suatu dinding sel serta krolopas, perlu anda ketahui sel hewan ini sangatlah berbeda denan sel tmbuhan yang masih sama maeupakan sel eukariotik dari segi dinding sel yang menjaga integritas serta menjaga bentuk sel tumbuhannya. Sel hewan berbeda ia memiliki variaso dalam bentuknya  bahkan ia pun bersifat elastis yang contohnya sel penyusun ulit manusia.

Sel hewan adalah sel yang menyusun jaringan pada tubuh hewan tersebut menjadi sebagai organisme selluter seperti  pada protozoa, selain perbedaan secara fundamental diatas dinding sel dan kloroplas, masih banyak beberapa perbedaan lannya.
sel hewan dan fungsinya
Gambar : Membran Sel
Setelah menjelaskan sedikit tentang pengertian sel hewan anda pun harus mengetahui fungsi sel hewan tersebut, karena sel hewan yang terdapat pada tubuh hewan itu memiliki fungsinya masing-masing dan seperti berikut ini:
  1. Membran Sel, bagian ini adalah bagian yang berada di paling luar yang membungkus sel yang tersusun atas lemak (lipid) dan protein (lipoprotein). Yang fungsinya untuk mengatur kegiatan pertukaran zat dan sebagai menerima rangsangan dari luar.
  2. Sitoplasma, Cairan sel dan segala seuatu yang larut kecuali nucleus, sebagai tempat berlangsungnya metabolism,dan sumber bahan kimia sel.
  3. Retikulum endoplasma adalah bagian selberbentuk benang-benang yang terdapat di inti sel.sebagai alat transportasi zat dalam sel sendiri, Mensintesis lipid dalam sel, Membantu dalam detoksifikasi se-sel berbahaya pada sel
  4. Mitokondria adalah organel terbesar yang merupakan mesin dalam sel. Mitokondria berbentuk mirip dengan cerutu yang memiliki dua lapis membran yang lekuk-lekuk dan dinamakan kritas. Untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP.
  5. Mikrofilamen adalah organel sel yang terbentuk dari protein aktin dan miosin. Mikrofilamen memiliki kemiripan dengan mikrotubulus tapi mikrofilamen lebih lembut dan diameternya lebih kecil yang berperan dalam pergerakan sel, endositosis dan eksositosis.
  6. Lisosom yang berfungsi sebagai Pemasukan makromulekul dari luar menuju ke dalam sel dengan mekanisme endositosis, Mencerna materi dengan menggunakan fagositosis, Mengontrol pencernaan intraseluler.
  7. Ribosom adalah organel sel yang padat dan kecil dengan diameter 20 nm yang terdiri atas 65%RNA ribosom (rRNA) dan 35% protein ribosom (Ribonukleoprotein atau RNP). Ribosom bekerja dalam menerjemahkan mRNA untuk membentuk rantai polipeptida atau protein.
  8. Sentriol adalah struktur berbentuk tabung yang dapat ditemukan pada sel eukariota. Sebagai proses pembelahan sel dalam bentuk benang spindle.
  9. Mikrotubulus adalah organel sel di dalam sitoplasma yang ditemukan pada sel eukariot dan berbentuk silindris yang berfungsi untuk melindungi sel, membei bentuk sel.
  10. Neukleus adalah inti dari sel yang mengatur dan mengendalikan aktivitas sel baik itu metabolisme hingga ke pembelahan sel. Berperan untuk menjaga integritas gen, mengontrol aktivitas sel dengan mengelola ekspresi gen, mengimpan informasi genetic dan mengendalikan metabolism.
Itulah informasi yang dapat situshewan.com sampaikan di artikel kali ini, semoga artikel mengenai sel hewan dan fungsinya bermanfaat bagi anda yang memang ingin mengetahui/menambah pengetahuan dan wawasan di bidang hewan.
Struktur Sel Hewan dan Fungsinya Lengkap | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *