Mengenal Belalang Sembah, Klasifikasi dan Makananya

Situshewan.com-, Anda pastinya belum mengetahui secara lengkap mengenai hewan yang satu ini bukan? Kalau memang anda sudah mengetahuinya tidak ungkin anda untuk membaca artikel yang akan kami bahas kali ini, karena memang kebanyakan orang ingin mengetahui sesuatu yang belum mereka ketahui. Nah hewan yang akan kita bahas kali ini adalah Belalang Sembah, hewan ini juga sering di sebut juga dengan Belalang Sentadu merupakan serangga yang termasuk dalam ordo mantodea.

Dan dalam bahasa inggrisnya belalang ini disebut dengan Praying Mantis, apa itu artinya? Diambil dari bahasa yunani “mantes” yang artinya itu adalah “Nabi” atau “Peramal Nasib”. Ada juga sebutan yang sangat unik dari bahasa sunda yaitu “congcorang.
Belalang Sembah tergolong keluarga mantidae dan ada sekitar 2.300 spesies dalam ordo mantodea di seluruh dunia, kebanyakan hewan tersebut berada didaerah tropisatau juga sub-tropis. Belalang ini juga merupakan salah satu serangga yang bisa memutar kepalanya. Hal tersebut menurut kami sangatlah unik karena kepalanya bisa memutar tanpa menggerakan tubuhnya. Dan tahukah anda ternyata ada belalang yang paling besar di antara belalang setandu yaitu Ischnomantis gigas, serangga tersebut memiliki panjang 17 cm (betina) yang bisa ditemukan didaerah sahel di Afrika.

Itulah sedikit mengenai Klasifikasi Belalang Sembah, sedikit lebih jelasnya coba lihat table dibawah ini :

Klasifikasi Belalang Sembah
KingdomAnimalia
Sub kingdomInvertebrata
FilumArthropoda
KelasInsecta
OrdoOrthoptera
FamiliaMantidae
GenusMantis
SpesiesMantis religiosa

Masuk kepada makanan belalang sembah, tahukah anda apa salah satu makanan dari hewan yang satu ini? Saya sebagai admin sudah sering sekali melihat belalang ini di kebun, dia selalu memakan serangga yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya seperti lalat, jangkrik, lebah dan serangga lainya. Untuk menangkap mangsanya belalng sembah menggunakan kamuflase untuk berbaur dengan lingkungan sekitar dan menunggu mangsanya berada dalam jarak dekat/mencolok. Hewan tersebut kemudian menggunakan kaki depan mereka untuk menyergap mangsanya dan membantu lebih mudah untuk memakannya.

Banyak hal yang bisa dilakukan belalang ini, dan juga belalang tersebut tidak hanya melumpuhkan mangsanya yang berukuran kecil, yang berukuran besar dari tubuhnyapun selalu mereka lawan. Nah itulah sedikit penjelasan mengenai belalang sembah, klsasifikasi dan makanannya. Semoga informasi yang kami sampaikan di situshewan ini bermanfaat bagi para pengunjung semua.
Mengenal Belalang Sembah, Klasifikasi dan Makananya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *