Cara Ampuh Mengatasi Merpati Betina Tidak Mau Bertelur

Cara Ampuh Mengatasi Merpati Betina Tidak Mau Bertelur - Memiliki merpati sebagai hewan peliharaan sangatlah menyenangkan bagi sebagian orang yang senang dengan merpati. Burung merpati salah satu jenis burung yang sangat populer yang dikenal oleh orang banyak, hal itu di buktikan dari banyaknya kontes atau perlombaan merpati pada beberapa wilayah.

foto: instagram @sabiya.bird.genx

Berbagai macam kalangan pun ikut meramaikan dunia merpati, baik anak-anak hingga orang dewasa pun banyak yang memelihara merpati. Daya tarik burung merpati sangatlah beragam, tergantung dari sudut pandang mana yang membuat banyak orang tertarik pada burung ini.

Memelihara burung merpati tergolong mudah, proses perawatannya masih cukup mudah bahkan bagi seorang pemula sekalipun. Pakan yang di sediakan pun bisa beraneka ragam dan mudah dicari. 

Sebagai pecinta burung merpati tentunya perlu mengetahui berbagai macam hal mengenai merpati karena informasi mengenai merpati akan sangat berguna pada saat memelihara merpati sehingga tidak akan menimbulkan kebingungan nantinya apabila ada setiap masalah yang muncul pada merpati.


Cara Mengatasi Merpati Betina yang Susah Bertelur

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengetahui informasi mengenai merpati sangatlah penting. Beberapa masalah yang seringkali muncul pada merpati akan membingungkan kita apabila tidak mengetahuinya, salah satu masalah pada merpati adalah merpati betina yang susah untuk mengeluarkan telur.

Sebetulnya ada permasalahan lainnya yang kerap kali muncul pada saat memelihara merpati, namun pada artikel kali ini kita akan membahas tuntas masalah pada burung merpati yaitu merpati betina yang susah berterlur. Silahkan simak dan baca hingga akhir konten artikel ini ya.

Saat mengetahui merpati betina tidak mau bertelur biasanya terjadi pada saat merpati sudah di kawinkan tetapi beberapa hari setelahnya, merpati betina tidak kunjung mengeluarkan telur yang seharusnya telur sudah keluar.

Tentunya merpati betina yang tidak mau bertelur ini terjadi bukan tanpa sebab, ada faktor yang menjadi penyebab hal tersebut bisa terjadi. Sebelum mencoba untuk mengatasi masalah merpati betina macet bertelur, mengetahui penyebabnya terlebih dahulu akan lebih mudah mengatasinya.


Penyebab Burung Merpati Betina Susah Bertelur

Dibawah ini merupakan penyebab burung merpati betina susah untuk bertelur :

1. Sperma yang dihasilkan dari merpati jantan kurang baik.

2. Merpati terlalu kurus atau gemuk yang menyebabkan hormon produksinya terganggu.

3. Proses pada saat kawin tidak dilakukan dengan benar. 

4. Kekurangan asupan vitamin, mineral dan gizi.

 

Cara Mudah Mengatasi Merpati Betina Tidak Mau Bertelur

Setelah mengetahui penyebabnya, selanjutnya mengatasi masalah merpati betina tidak mau  bertelur dengan mengikuti tips-tips dibawah ini : 

1. Berikan vitamin obat yang bagus untuk reproduksi, seperti Vitalur, Maxx Breed, Nature Breeding, dan vitamin sejenisnya.

2. Pada masa-masa merpati betina tidak mau bertelur, berikan pakan gabah padi selama 1 hingga 2 bulan lamanya. Selain itu, jemur merpati betina secara rutin.

3. Berikan pakan grit pada merpati betina, grit merupakan pakan yang sangat berguna untuk penyuburan merpati dan pembentukan cangkang telur karena di dalamnya mengandung kandungan sumber mineral.

4. Berikan juga pakan yang mengandung banyak protein seperti keong mas, kerang, atau belut panggang.

5. Berikan minum dengan air kelapa selama 1 minggu.

6. Berikan air rebusan jahe.

7. Berikan air dengan daun sirih.


Penutup

Sekian konten artikel tentang Cara Mudah Mengatasi Merpati Betina Tidak Mau Bertelur. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang berguna serta bermanfaat untuk Anda yang saat ini membacanya. Selain itu, semoga dapat memberikan solusi yang tepat untuk merpati yang sedang mengalami masalah sulit bertelur.

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga akhir, mohon maaf apabila ada kesalahan kata ataupun kalimat dalam penulisan artikel ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu. Jika ada pertanyaan seputar dari tema judul konten artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar yang ada dibawah ini.

Related Posts

Posting Komentar