Cara Memilih Indukan Ikan Guppy Yang Bagus & Berkualitas

Cara Memilih Indukan Ikan Guppy Yang Bagus & Berkualitas - Memelihara hewan di rumah menjadi hobi tersendiri bagi orang yang memang senang dengan hewan peliharaan, khususnya ikan guppy. Ikan guppy termasuk dalam salah satu jenis ikan hias dan ikan guppy ini cukup populer di Indonesia.

foto : instagram @guppy50k_new

Ada banyak jenis hewan yang bisa di jadikan hewan peliharaan di rumah. Alasan banyaknya orang yang memelihara ikan guppy adalah karena ikan guppy memiliki penampilan yang sangat indah nan cantik untuk di pandangi, meskipun jika dilihat sekilas mirip seperti ikan cupang tapi ikan guppy merupakan spesies yang berbeda dan tidak sama seperti ikan cupang.

Daya tarik ikan guppy memang berada pada penampilannya yang sangat menarik, ikan guppy yang bagus dan berkualitas biasanya berasal dari indukan ikan guppy yang berkualitas pula. Indukan yang bagus akan menghasilkan anakan yang bagus.

Untuk mendapatkan indukan ikan guppy yang bagus dan berkualitas, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memilih indukan ikan guppy. Sebagai pecinta ikan guppy, mengetahui cara memilih indukan ikan guppy sangatlah penting, apalagi jika Anda seorang pembudidaya ikan guppy karena penampilan akan menentukan harga jual dari ikan.


Cara Memilih Indukan Ikan Guppy Yang Bagus & Berkualitas

Memiliki ikan guppy yang mempunyai warna tubuh yang sangat indah merupakan keinginan dari setiap pecinta ikan guppy. Ikan yang cantik akan membuat siapapun orang yang melihatnya jatuh cinta dan merasa bahagia. Maka tidak mengherankan jika banyak yang memelihara ikan guppy ini.

Ada beberapa cara dalam memilih indukan ikan guppy yang bagus dan berkualitas, menentukan indukan ikan guppy bisa diambil berdasarkan bentuk tubuh, penampilan warna, sifat ikan, dan faktor lainnya.

Jika Anda seorang pembudidaya ikan guppy, sangat penting untuk mengetahui hal ini. Anda harus melakukan pengkawinan agar jumlah ikan dapat terus bertambah dan tentunya untuk dijual. 

Lalu, Kira-kira apa saja cara memilih indukan ikan guppy yang bagus dan berkualitas? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya yang ada dibawah ini.


Menentukan Indukan Ikan Guppy Yang Bagus & Berkualitas

Hal yang perlu diperhatikan adalah perbedaan dalam memilih indukan ikan guppy antara indukan jantan dan indukan betina. Masing-masing indukan berbeda jenis kelamin tersebut memiliki kriteria tersendiri untuk dipilih menjadi indukan.

Kriteria dari indukan jantan dan indukan betina harus dapat terpenuhi agar dapat menghasilkan anakan yang bagus dan berkualitas. Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

 

Indukan Betina

1. Memiliki fisik dengan bentuk tubuh yang bulat.

2. Mempunyai warna kusam pada bagian tubuhnya.

3. Mempunyai sifat dengan tingkat keagresifan yang rendah, bahkan lebih cenderung pasif.

4. Ikan berumur sekitar 4 bulan

5. Ikan dalam keadaan sehat


Indukan Jantan

1. Memiliki warna yang lebih cerah dan terang pada bagian tubuhnya.

2. Memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan indukan betina.

3. Ikan berumur sekitar 4 bulan

4. Ikan sehat dan sedang tidak sakit.


Cara diatas banyak dipakai oleh para pecinta ikan guppy untuk memilih indukan ikan guppy yang bagus dan berkualitas. Indukan betina ikan guppy akan lebih banyak berdiam diri di dasar akuarium, pastikan pula tidak ada cacat pada tubuh indukan ikan guppy. Tingkat keberhasilan dalam berbudidaya ikan guppy ada pada indukan jantan.

Cukup mudah bukan untuk mengetahui dan memilih indukan ikan guppy. Semoga dengan mengikuti cara tersebut, dapat memberikan anakan yang bagus dan berkualitas.  


Penutup

Sekian artikel mengenai Cara Memilih Indukan Ikan Guppy Yang Bagus & Berkualitas. Semoga dengan adanya konten artikel ini, bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya serta memberikan edukasi dan wawasan ilmu baru mengenai ikan guppy ini.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini hingga akhir, mohon maaf apabila ada kesalahan kata ataupun kalimat dalam penulisan artikel ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu. Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Related Posts

Posting Komentar