Penyebab Burung Merpati Muntah & Cara Pengobatannya

Penyebab Burung Merpati Muntah & Cara Pengobatannya - Memelihara hewan merupakan hobi yang tidak dimiliki oleh semua orang, tidak semua orang menyukai hewan untuk dipelihara dirumah karena berbagai macam alasan. Namun, bagi sebagian orang lagi, memelihara hewan merupakan salah satu kesenangan tersendiri karena bisa memberikan pengaruh positif bagi kita yang memeliharanya.

foto: instagram @ondaondibf

Burung merpati menjadi salah satu hewan jenis unggas burung yang banyak disukai oleh beberapa orang untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dirumah. Beberapa alasan seseorang memelihara burung merpati diantaranya karena lingkungan sekitar, bentuk & tingkah lakunya yang unik, perawatannya mudah dan murah, bisnis, dan alasan lainnya.



Sebagai seorang pemilik atau majikan dari burung merpati, tentunya harus memiliki ilmu ataupun teknik dalam memelihara burung merpati dengan baik, agar nantinya tidak ada kesalahan pada saat merawat merpati. Jika kita salah dalam merawat, bisa berdampak buruk bagi si burung nantinya.

Tidak hanya itu, pakan dan juga kebersihan kandang burung merpati pun perlu di perhatikan lebih, karena kedua hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan dari sang burung itu sendiri. Perawatan yang baik dalam pakan dan juga kandang akan menghasilkan burung merpati yang sehat, dan terhindar dari penyakit. 


Kenapa Burung Merpati Muntah-Muntah?

Berbicara penyakit, setiap jenis makhluk hidup di dunia ini pasti pernah dan akan mengalami sakit. Namun, penyakit-penyakit tersebut bisa di minimalisir dengan memperhatikan beberapa aspek penyebabnya. Dalam dunia burung merpati, penyakit-penyakit yang sering muncul pada merpati ada berbagai macam, mulai dari yang ringan sampai dengan yang dapat menyebabkan kematian.


Penyakit tersebut pastinya tidak akan muncul tanpa alasan, akan selalu ada penyebab dibalik munculnya penyakit pada makhluk hidup, termasuk pada burung merpati. Salah satu penyakit yang sering muncul pada burung merpati adalah muntah-muntah.

Sebagai seorang pemilik, ketika mendapati hewan kesayangannya sakit pasti akan merasa sedih dan bertanya-tanya mengapa merpati bisa muntah-muntah seperti itu. Penyakit muntah-muntah ini bisa terjadi pada setiap jenis burung merpati dan terjadi karena beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab burung merpati bisa muntah-muntah? Dibawah ini merupakan penyebab burung merpati muntah-muntah dan cara pengobatannya, silahkan disimak.


Penyebab & Cara Mengobati Burung Merpati Muntah-Muntah

1. Burung Sedang Sakit

Penyebab burung merpati bisa muntah-muntah karena sedang sakit. Biasanya, burung merpati yang sedang terjangkit penyakit akan memuntahkan sesuatu dari mulutnya. Ini juga biasa dijadikan tanda atau ciri ketika burung merpati sedang sakit.

Beberapa penyakit yang dapat mengakibatkan muntah pada burung merpati diantaranya cacingan, kembung, berak hijau, berak kapur, dan berak darah. Dari penyakit tersebut, bisa di cek dan di perhatikan burung merpati terserang penyakit apa, setelah penyakitnya sudah diketahui barulah melakukan pengobatan..


Pengobatannya :

  • Untuk burung merpati yang mengalami berak hijau bisa diberikan obat antibiotik khusus unggas, yaitu koleridin, Ampicol dan Neo Meditril
  • Jangan biarkan merpati berkeliaran pada saat hujan, karena nantinya akan mengalami kembung. Cara pencegahan burung merpati yang kembung yang lebih lengkap bisa cek pada link postingan artikel berikut ini.


2. Makanan Tidak Sehat

Makanan bisa menjadi sumber penyebab burung merpati mengalami muntah-muntah, makanan yang tidak sehat akan turut mempengaruhi kesehatan fisik sang merpati dan akan berdampak buruk ketika burung merpati memakan makanan yang kurang baik. 


Pengobatannya :

  • Pastikan makanan yang akan di makan oleh merpati cukup layak. 
  • Berikan wadah tempat makanan dan perhatikan kebersihan tempatnya, bersihkan secara rutin. 
  • Buang makanan yang kotor atau bahkan busuk di area kandang untuk mencegah makanan tersebut dimakan.


3. Sedang Stress

Tidak hanya karena makanan ataupun sedang sakit, burung merpati yang sedang stress juga bisa menjadi penyebab burung merpati muntah-muntah. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan burung merpati menjadi stress.


Pengobatannya :

  • Berikan air minum yang dicampur dengan vitamin agar merpati kembali bugar
  • Taruh burung di kandang sejenak di tempat yang cukup untuk bergerak.


4. Kekenyangan

Sama halnya dengan manusia, burung merpati pun jika mengalami kekenyangan berlebih akan mengalami muntah-muntah. Berikan pakan burung merpati secukupnya saja (makan dan minum) agar tidak mengalami kekenyangan. Muntah pada saat kekenyangan biasanya terjadi pada saat merpati terbang dan menabrak sesuatu di sekitarnya.


5. Tertular Penyakit

Penularan penyakit pada burung merpati sangat bisa terjadi, merpati yang sehat bisa tertular oleh burung merpati lainnya yang sedang sakit. Beberapa penyakit tersebut dapat menyebabkan muntah-muntah pada burung merpati.  

Untuk mencegah penularan penyakit yang dapat membuat burung merpati muntah-muntah, akan lebih baik memisahkan merpati yang sedang sakit dengan merpati lainnya. 


Penutup

Sekian artikel yang dapat ditulis mengenai Penyebab Burung Merpati Muntah & Cara Pengobatannya. Semoga dengan adanya artikel yang singkat ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi Anda yang membaca artikel ini. Selain itu, semoga merpati yang sedang sakit bisa lekas sembuh kembali seperti sedia kala.

Terimakasih sudah membaca artikel dan berkunjung pada website ini, silahkan rekomendasikan dan bagikan konten artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu agar mereka bisa mendapatkan manfaat yang sama. 

Jika ada pertanyaan seputar isi dari konten artikel ini, boleh menuliskan pada kolom komentar, ya.

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar