Entri Populer

20+ Daftar Nama Hewan Yang Berawalan Dari Huruf K (Dengan Gambar)

Posting Komentar

20+ Daftar Nama Hewan Yang Berawalan Dari Huruf K (Dengan Gambar) - Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang ada di bumi selain manusia. Hewan mempunyai peranan penting dalam kehidupan meskipun kadang dianggap hanya sebagai pelengkap dalam hidup ini, padahal hewan ini bisa menjadi sumber pangan dan kebutuhan sehari-hari bagi manusia.

Beberapa hewan di manfaatkan sebagai sumber konsumsi bagi manusia untuk diambil dagingnya. Selain itu, ada juga yang diambil bagian lainnya seperti kotoran, kulit, atau anggota tubuh untuk berbagai keperluan.

Selain untuk di konsumsi, hewan juga dapat di pelihara menjadi teman dirumah dan menjadi hobi sehari-hari bagi sebagian orang. Bahkan dari hobi memelihara hewan, bisa menghasilkan bisnis yang menggiurkan dengan berbudidaya.

Banyak sekali manfaat yang dihasilkan dengan hadirnya hewan di bumi ini, sebagai manusia pun tidak dipungkiri sangat membutuhkan adanya hewan sebagai sumber pangan ataupun lain hal.


Nama Binatang Yang Berawalan Huruf K

Ada berbagai macam jenis, ras, dan bentuk binatang yang hidup hingga saat ini, baik binatang jinak ataupun binatang liar. Masing-masing hewan mempunyai rantai makanan sendiri di alam liar, ekosistem ini harus terus terjaga hingga kelak nanti.

Jika ekosistem hewan dirusak, maka keseimbangan rantai makanan akan berantakan dan hewan akan mencari alternatif lain. Sudah banyak contoh ekosistem hewan yang dirusak, misalnya harimau yang masuk ke kampung untuk mencari makanan karena alam tempatnya tinggal sudah kehabisan makanan.

Baca Juga :

Oleh karena itu, mari jaga kelestarian hewan-hewan yang masih hidup hingga saat ini, khususnya hewan yang terancam punah dan di lindungi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak hewan dengan berbagai macam jenis, ras dan bentuk yang tersebar di dunia. Masing-masing hewan mempunyai nama untuk membedakan diantara mereka. Nah, kali ini kita akan membahas nama hewan yang huruf depannya k. Kira-kira apa nama hewan dari huruf k ya? Mari kita simak dibawah ini.


Nama-Nama Hewan Dari Huruf K

Berikut ini merupakan haiwan atau binatang yang awalan huruf K :

1. Kangguru

foto : instagram @tati_bucharest

Kangguru menjadi hewan pertama yang mempunyai nama awalan dari huruf K. Kangguru merupakan hewan mamalia yang mempunyai kantung dibagian perutnya. Habitat kangguru berada di hutan hujan Australia dan Papua, Queensland, atau pulau yang berdekatan. Nama latin kangguru adalah Macropodidae. Kangguru menjadi ciri khas atau icon dari Australia dan kangguru termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan)


2. Kecoa

foto : instagram @_kecoak_terbang

Kecoa menjadi hewan selanjutnya yang berawalan dari huruf K. Hewan ini mungkin seringkali ditemui oleh kita di rumah, seperti di toilet/kamar mandi, selokan, tempat-tempat kotor. Kecoa merupakan hewan yang termasuk dalam ordo serangga. Nama latin dari kecoa adalah Blattodea dan kecoa termasuk hewan omnivora (pemakan daging).


3. Koala

foto : instagram @gohachi

Hewan selanjutnya yang berawalan dari huruf K adalah Koala. Koala merupakan hewan menggemaskan yang banyak ditemukan di wilayah pesisir timur Australia. Habitat alami Koala hutan hujan yang mempunyai curah hujan yang tinggi. Sama halnya seperti Kangguru, Koala menjadi ciri khas dari Australia. Nama latin dari koala adalah Phascolarctos Cinereus dan Koala termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan). 


4. Kambing

foto : instagram @wonosobo_farm

Kambing memiliki nama yang berawalan dari huruf K. Kambing menjadi hewan yang sangat tidak asing lagi ditelinga kita karena sering melihatnya, apalagi pada musim kurban. Nama latin dari kambing adalah Capra Aegagrus Hircus dan kambing termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan).


5. Kuda

foto : instagram @oma_bricka

Hewan lainnya yang mempunyai awalan huruf K adalah Kuda. Kuda merupakan hewan yang kerap kali digunakan sebagai alat transportasi untuk bepergian. Kuda juga menjadi hewan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita karena mungkin pernah melihat atau bahkan menaikinya beberapa kali. 

Nama latin kuda adalah Equus Caballus dan kuda termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan). 


6. Kuda Nil

foto : instagram @jurugsolozoogalerysatwa

Selanjutnya adalah Kuda Nil. Kuda Nil tidak sama dengan kuda ya, penamaannya saja yang hampir mirip. Kuda Nil mempunyai bobot tubuh yang sangat besar, dia juga memiliki mulut yang sangat lebar dan besar hingga mampu memakan buah berukuran besar seperti semangka dengan satu kali gigitan. 

Kuda nil termasuk hewan mamalia dan kuda nil termasuk hewan omnivora (pemakan daging). Nama latin dari kuda nil adalah Hippopotamus amphibius.


7. Katak

foto : instagram @syahfit_ri

Katak salah satu hewan yang memiliki nama awalan dengan huruf K. Katak bisa ditemukan di berbagai tempat di sekitar lingkungan kita. Katak berjalan dengan cara melompat-lompat menggunakan kaki bagian belakangnya. 

Katak merupakan hewan amfibi dan katak termasuk hewan karnivora (pemakan daging) dengan memakan serangga atau hewan invertebrata lainnya. Nama latin katak adalah Anura.


8. Kelinci

foto : instagram @john_atkinson

Kelinci menjadi hewan lainnya yang mempunyai nama dengan awalan huruf K. Hewan menggemaskan ini banyak dipelihara oleh manusia karena bulu dan bentuknya yang lucu. Selain di pelihara, di beberapa tempat di Indonesia, kelinci juga menjadi sumber pangan konsumsi manusia untuk dijadikan sate.  

Makanan favorit dari kelinci adalah wortel dan ciri khas dari kelinci adalah telinganya yang besar dan panjang. Nama latin kelinci adalah Oryctolagus Cuniculus dan kelinci termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan).


9. Kucing

foto : instagram @tamatamago

Nama hewan lain yang mempunyai huruf depan K adalah Kucing. Siapa yang tak tahu dengan kucing? Hewan ini sering sekali dijumpai di lingkungan sekitar kita. Populasinya yang membludak membuat kita sangat sering melihat hewan ini di berbagai tempat. Kucing banyak dipelihara oleh manusia karena tingkah laku, bulu dan bentuk mukanya yang lucu.

Kucing termasuk hewan mamalia dan kucing termasuk hewan karnivora (pemakan daging). Nama latin kucing adalah Felis Catus. 


10. Kerbau

foto : instagram @moehammad.ridwan

Hewan selanjutnya yang berawalan dengan huruf K adalah Kerbau. Kerbau juga menjadi hewan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita karena seringkali ditemui di sekitar kita dan pada saat musim kurban. Para petani kerap kali menggunakan kerbau untuk membajak sawah, hingga saat ini.

Ciri khas dari kerbau adalah tanduknya yang panjang serta memiliki warna kulit coklat atau hitam gelap. Kerbau termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan) dan nama latin Kerbau adalah Bubalus Bubalis.  


11. Kura-Kura

foto : instagram @tortoise.lovers

Kura-kura menjadi hewan selanjutnya yang mempunyai nama dengan huruf awalan K. Ciri khas dari kura-kura adalah tempurungnya yang sangat keras serta kaku dan juga jalannya yang sangat lambat. Kura-kura menjadi salah satu hewan yang cukup banyak di pelihara oleh manusia.

Kura-kura termasuk hewan omnivora (pemakan daging dan tumbuhan) dan nama latin kura-kura adalah Testudines.


12. Kakatua

foto : instagram @robmussert

Selanjutnya ada Kakatua yang menjadi hewan dengan nama huruf awalan K. Kakatua merupakan hewan jenis burung hias yang cukup banyak dipelihara di rumah. Salah satu alasan banyak orang memelihara Kakatua adalah mempunyai warna bulu yang cantik, paruh yang unik, serta jambulnya yang indah.

Ciri khas dari Kakatua yaitu bisa menirukan berbagai macam suara. Kakatua termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan atau biji-bijian) dan nama latin Kakatua adalah Cacatuidae


13. Kalkun

foto : instagram @bamsbreeder

Hewan selanjutnya yang berawalan huruf K adalah Kalkun. Kalkun merupakan hewan yang masuk dalam spesies burung, memiliki sayap, leher yang panjang, dan kaki yang panjang. Ciri khas dari Kalkun adalah ekornya yang mekar seperti burung merak, Kalkun termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan atau biji-bijian) dan nama latin dari Kalkun adalah Meleagris.


14. Kalajengking

foto : instagram @kdh_arthropod

Hewan selanjutnya yang mempunyai awalan nama dengan huruf K adalah Kalajengking. Kalajengking merupakan salah satu hewan yang memiliki racun di bagian ekor belakangnya, akan tetapi hewan ini tidak menyerang manusia dengan sengaja, dia hanya akan menyerang secara spontan untuk melindungi diri.

Kalajengking termasuk hewan karnivora (pemakan daging) dan nama latin Kalajengking adalah Scorpiones.


15. Kadal

foto : instagram @dicky_peh_tahura_djuanda

Nama hewan yang memiliki awalan huruf K adalah Kadal. Kadal merupakan hewan yang biasanya hidup di hutan, rawa-rawa, sawah, kebun, dan pemukiman sekitar rumah. Hewan ini mempunyai kulit yang terlihat licin seperti belut.

Kadal termasuk hewan reptil dan termasuk hewan karnivora (pemakan daging) dan nama latin kadal adalah Lacertillia.


16. Kenari

foto : instagram @wakanda_sf

Kenari menjadi hewan lainnya yang berawalan huruf K. Kenari termasuk dalam spesies burung, dia mempunyai suara kicauan yang sangat indah dan mempunya warna bulu tubuh yang sangat indah nan cantik. Alasan tersebutlah yang cukup menjadi daya tarik bagi sebagian orang untuk memeliharanya.

Kenari termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan dan biji-bijian) dan nama latin dari Kenari adalah Canarium Ovatum. 


17. Kupu-Kupu

foto : instagram @xaveria

Hewan selanjutnya yang berawalan dengan huruf K adalah Kupu-Kupu. Kupu-Kupu seringkali kita jumpai di lingkungan sekitar kita, warna sayap serta motif yang terbentuk di sayapnya sangat memanjakan mata saat melihatnya. Kupu-Kupu terbentuk dari serangkaian proses yang tak mudah, dimulai dari telur hingga kepompong lalu menjadi Kupu-Kupu yang sangat cantik.

Kupu-Kupu termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan) dan nama latin dari Kupu-Kupu adalah Lepidoptera.


18. Kelabang

foto : instagram @fajarrr_rd

Hewan lainnya yang memiliki huruf awalan dengan nama K adalah Kelabang. Kelabang merupakan hewan yang mempunyai banyak kaki. Sama halnya seperti Kelelawar, Kelabang termasuk dalam hewan nokturnal (aktif pada malam hari) dan mempunyai bisa. Kelabang dapat hidup di lingkungan sekitar kita termasuk rumah, dia menyukai tempat yang lembab seperti dapur, kamar mandi ataupun tempat lainnya yang lembab.

Nama latin dari kelabang adalah Chilopoda dan Kelabang termasuk hewan karnivora (pemakan daging).  


19. Kelelawar

foto : instagram @momocimol._

Kelelawar menjadi hewan selanjutnya yang mempunyai inisial nama depan dari huruf K. Kelelawar merupakan hewan mamalia nokturnal (aktif pada malam hari) yang bisa ditemukan disudut-sudut atap rumah, perkebunan, hutan, gua, dan pohon kapuk. 

Kelelawar termasuk hewan omnivora (pemakan daging dan tumbuhan) dan nama latin kelelawar adalah Chiroptera


20. Kepiting

foto : instagram @diveadventures.au

Terakhir, nama hewan yang mempunyai awalan huruf K adalah Kepiting. Kepiting merupakan hewan yang bisa hidup di dua alam (darat dan air). Kepiting juga menjadi sumber pangan konsumsi untuk manusia, sehingga kita pun sering melihat hewan satu ini dan sudah tak asing lagi kala mendengar namanya.

Ciri khas dari Kepiting adalah mempunyai tangan seperti capitan dan dia bergerak menyamping saat berjalan. Kepiting mempunyai nama latin Brachyura dan termasuk ke dalam hewan omnivora (pemakan daging dan tumbuhan)


Penutup

Demikian artikel mengenai 20+ Daftar Nama Hewan Yang Berawalan Dari Huruf K. Semoga dengan adanya konten artikel ini bisa memberikan informasi bermanfaat bagi Anda untuk mengenali nama-nama hewan yang mempunyai huruf awalan K.

Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan konten artikel ini. Jangan lupa share dan bagikan konten artikel ini pada rekan-rekan disekitarmu.

Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini.

Related Posts

Posting Komentar