Entri Populer

Cara Mengatasi Burung Merpati Tidak Nafsu Makan dan Kurus

Posting Komentar

Cara Mengatasi Burung Merpati Tidak Nafsu Makan dan Kurus - Memiliki hewan peliharaan menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Tidak hanya sekedar menjadi hewan, hubungan yang dibangun dengan peliharaan bisa melebihi dari itu bahkan jika sudah berada dekat dan bersama bertahun-tahun akan merasa kehilangan ketika hewan peliharaan mati. 

foto: instagram @wello551

Dengan memiliki hewan peliharaan, kita bisa  merasakan kesenangan seperti meluangkan waktu untuk bermain di sela-sela padatnya aktivitas, menghilangkan rasa bosan dan penat dengan melihatnya, melatih kesabaran saat merawatnya dan beberapa hal lainnya yang membawa kesenangan saat memeliharan hewan peliharaan. 

Ada banyak jenis-jenis hewan peliharaan yang bisa kita pilih dan dirawat. Rata-rata hewan yang dipilih untuk dipelihara merupakan hewan jinak. Beberapa pilihan hewan yang biasanya dirawat adalah ikan hias, burung, kucing, kelinci, kura-kura dan anjing menjadi pilihan yang banyak dipilih untuk dirawat. 

Seseorang memilih hewan peliharaan biasanya karena faktor keunikan yang ada pada hewan yang dipilih. Keunikan dari hewan tersebut menjadi daya tarik yang membuat banyak orang ingin memiliki dan merawatnya. Selain itu, memelihara untuk keperluan bisnis budidaya juga menjadi salah satu alasan untuk memelihara hewan.


Cara Mengatasi Burung Merpati Tidak Nafsu Makan dan Kurus

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai burung merpati, tepatnya Cara Mengatasi Burung Merpati Tidak Nafsu Makan dan Kurus. Burung merpati merupakan salah satu hewan yang juga banyak dipelihara selain kucing dan anjing. Burung merpati memiliki perbedaan dan keunikan pada setiap spesiesnya. 

Ketika merawat burung merpati, yang perlu kita ketahui sebagai majikan adalah bagaimana cara merawat dengan baik dan tepat. Memelihara merpati tidak hanya berbicara mengenai memberikan makan saja namun juga mengenai hal lainnya yang menyangkut pertumbuhan dari hewan tersebut. 

Misalnya, mengetahui ciri-ciri ketika burung merpati ketika sedang mengalami sakit adalah hal yang wajib kita ketahui sebagai majikan. Mengetahui burung sakit merupakan hal dasar yang perlu diketahui agar dapat mendiagnosa penyakit yang sedang menyerang merpati. 

Masalah lainnya yang seringkali terjadi pada saat merawat burung merpati adalah tidak nafsu makan dan terlihat kurus. Ketika masalah ini terjadi pada seorang pemula yang baru memelihara burung merpati pasti akan sangat membingungkan. Namun tidak perlu khawatir, masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah jika kita memahami caranya.


Penyebab Burung Merpati Tidak Nafsu Makan dan Kurus

Menurunnya nafsu makan burung merpati bisa terjadi karena berbagai macam faktor, bisa terjadi karena perawatan yang kurang baik, cuaca, ataupun lingkungan sekitar. Namun, hal yang pasti adalah menurunnya nafsu makan burung merpati menjadi suatu tanda atau gejala.

Burung merpati yang tidak nafsu makan akan terlihat lebih kurus dan cenderung pasif dari biasanya. Masalah ini tentunya tidak boleh dibiarkan begitu saja, perlu penanganan lebih lanjut agar burung merpati kembali normal.

Sebelum menangani burung merpati yang tidak nafsu makan dan kurus, Anda perlu mengetahui penyebabnya. 

Ada beberapa penyebab menurunnya nafsu makan burung merpati, diantaranya :

  • Burung merpati terserang penyakit saluran pencernaan
  • Burung merpati cacingan
  • Pemberian pakan kurang teratur dengan baik

Cara Menangani Burung Merpati Tidak Mau Makan dan Kurus

Tidak Nafsu Makan Karena Terserang Penyakit

Burung merpati yang tidak nafsu makan bisa jadi salah satu gejala sedang terserang penyakit. Umumnya, penyakit yang menyerang burung merpati hingga menyebabkan menurunnya nafsu makan biasanya terjadi pada area saluran pencernaan. Ketika merpati mengalami masalah pada saluran pencernaan akan berdampak pada perkembangan tubuh burung merpati yang menyebabkan kurus.

Untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang, berikan pakan yang lunak atau lembek terlebih dahulu seperti pur, beras merah, ataupun pakan lainnya yang memiliki tekstur lunak. Perhatikan juga kebersihan kandang atau lingkungan sekitar, bersihkan jika memang kotor dan diperlukan.


Tidak Nafsu Makan Karena Burung Merpati Cacingan

Burung merpati yang mengalami cacingan dapat menyebabkan menurunnya nafsu makan yang berdampak pada kurusnya tubuh burung. Menurunnya nafsu makan merupakan salah satu ciri-ciri burung merpati mengalami cacingan. 

Cacingan pada burung merpati biasanya terjadi karena parasit. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan berikan vitamin dan obat khusus untuk burung cacingan di toko hewan terdekat di sekitar Anda.


Tidak Nafsu Makan Karena Pemberian Makan Kurang Baik

Pemberian makan yang tidak teratur dan tidak baik bisa menyebabkan burung merpati kurus dan memiliki nafsu makan yang buruk. Pemberian pakan yang asal-asalan secara tidak teratur waktunya hanya akan memperburuk tumbuh kembang dari si burung. Selain itu, pakan yang tidak memiliki gizi yang tinggi seperti nasi aking sebaiknya jangan diberikan.

Berikan pakan yang layak dan bergizi, sediakan tempat atau wadah khusus untuk menampung makanan. Perhatikan juga kebersihan dari pakan yang diberikan, jangan sampai pakan yang kotor ikut termakan.  


Penutup

Sekianlah artikel tentang Cara Mengatasi Burung Merpati Tidak Nafsu Makan dan Kurus. Semoga dengan diterbitkannya konten artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, silahkan bagikan dan rekomendasikan konten ini pada rekan-rekan sekitarmu, ya.

Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, silahkan tanyakan dan tuliskan di kolom komentar.


Related Posts

Posting Komentar