Cara Ampuh Mengatasi Merpati Tidak Mau Giring dan Lama Giring

Cara Ampuh Mengatasi Merpati Tidak Mau Giring dan Lama Giring - Mempunyai dan memelihara hewan peliharaan adalah hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan merawat hewan kesayangan yang kita miliki, kita dapat merasa lebih baik dari padatnya rutinitas sehari-hari. 

foto: instagram @jual_merpati_jogja

Pada umumnya, hewan yang biasanya di pilih untuk di jadikan peliharaan adalah hewan jinak. Meskipun begitu, banyak juga yang memilih untuk memelihara hewan yang dianggap buas. Salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih adalah burung, jenis dari burung yang di pelihara pun berbagai macam.

Jenis burung yang cukup banyak di pelihara diantaranya burung merpati. Burung merpati merupakan hewan yang sangat populer, tidak hanya di Indonesia tapi di berbagai negara dunia juga sangat terkenal. 

Di Indonesia sendiri, anak-anak hingga orang dewasa banyak yang memelihara hewan satu ini. Ada banyak faktor yang membuat orang-orang memilih merpati sebagai hewan peliharaan, seperti unik, memiliki warna dan corak bulu yang cantik, lingkungan, ataupun faktor lainnya.


Cara Ampuh Mengatasi Merpati Tidak Mau Giring dan Lama Giring

Burung merpati di kenal dengan daya ingatnya yang sangat kuat, seekor merpati yang sudah lama di dalam kandang akan mengingat lokasi tersebut, bahkan jika sewaktu-waktu burung di bawa jauh keluar kandang, merpati akan bisa kembali ke kandang dengan sendirinya. Oleh karena itulah, dulu merpati dipakai untuk mengirim surat ke lokasi tertentu.

Sebagai pecinta burung merpati, Anda pasti mengetahui istilah 'Giring' pada merpati. Kalimat tersebut sangat sering di ucapkan oleh para pecinta merpati yang sedang atau ingin mengawinkan merpatinya.

Apa itu 'Giring' pada merpati? Giring adalah perilaku merpati jantan yang akan selalu mengikuti merpati betina pada saat mengepakkan sayapnya. Namun, tidak semua merpati jantan akan giring karena tergantung dari watak ataupun karakternya.

Ada merpati jantan yang malas dan ada juga yang galak, tergantung dari karakter merpati itu sendiri. Akan tetapi, bagaimana apabila merpati tetap tidak mau giring dan lama giring? Sebelum mengetahui dan membahas mengenai hal itu, kita akan mencari penyebabnya terlebih dahulu.


Penyebab Merpati Susah Giring dan Lama Giring

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa merpati susah giring dan sangat lama sekali untuk giring? Ada beberapa faktor yang menyebabkan merpati sangat susah untuk giring dan bahkan memerlukan waktu yang lama untuk giring.

Lantas, apa saja yang menyebabkan merpati susah giring? Berikut ini faktor-faktor yang menjadi penyebab merpati susah giring dan lama giring :

1. Merpati Sedang Sakit

Normalnya, merpati akan giring kurang lebih selama 4 hingga 5 hari. Setelah itu, biarkan merpati untuk mengerami telurnya. Ketika merpati sedang mengalami sakit, merpati tidak akan bisa giring dan tidak akan bisa birahi.

2. Karakter Merpati

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua merpati akan bisa langsung giring dengan cepat. Ada merpati yang langsung giring dan ada juga merpati yang lama giring, semuanya tergantung dari merpati itu sendiri.

3. Merpati Masih Baru

Faktor lainnya adalah merpati yang masih baru. Burung merpati yang baru di beli memang tidak akan bisa langsung giring dengan cepat, dia membutuhkan waktu untuk beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan barunya.

4. Kekurangan Asupan Makanan

Merpati yang kekurangan asupan makanan bisa menjadi faktor yang menyebabkan merpati susah giring dan lama giring. Merpati tidak akan mau berkembang biak karena tubuhnya merasa tidak fit dan cenderung malas.

5. Kurang Cocok

Sama halnya seperti manusia, ketika merpati merasa bahwa pasangannya tidak cocok dan tidak menarik maka merpati jantan tidak mau giring. 


Tips Ampuh Menggiringkan Merpati Dengan Cepat

Berikut ini tips-tips yang bisa Anda ikuti untuk menggiringkan merpati dengan cepat :

1. Pastikan Merpati Dalam Keadaan Sehat

Merpati yang sedang sakit tidak akan bisa birahi, maka dari itu pastikan merpati yang akan di jodohkan sedang dalam keadaan yang sehat. Merpati yang sehat dan sedang sakit akan sangat terlihat perbedaannya, apabila merpati sedang sakit tunggu hingga sembuh lalu coba untuk menggiringkan kembali.

2. Satukan Kedua Merpati Pada Satu Kandang

Selanjutnya, menyatukan kedua merpati yang akan di jodohkan pada satu kandang yang sama. Umumnya merpati akan kawin pada malam hari, satukan keduanya menjelang malam sampai pagi hari. Untuk mengetahui merpati jantan sudah giring atau tidak, coba lakukan percobaan dengan klepek merpati betina pada merpati jantan.

3. Cari Merpati Betina Lain

Jika merpati masih tidak mau kawin juga, cobalah untuk mengganti merpati betina dengan yang lain. Barangkali merpati jantan tidak tertarik dengan merpati betina tersebut, maka dari itu ganti merpati betina dengan yang lain. 

Jika tetap ingin dengan betina yang sama, cobalah untuk memisahkannya selama satu minggu, kemudian perhatikan kedua merpati tersebut hingga muncul tanda-tanda birahi dengan mengeluarkan suara membekur. Jika tanda itu muncul, satukan kembali pada satu kandang.

4. Berikan Asupan Makanan yang Cukup

Perawatan yang baik akan menciptakan merpati yang baik dan berkualitas serta meningkatkan agresifitas, berikan asupan vitamin makanan yang cukup juga bergizi. Biasanya merpati dengan kualitas yang bagus akan mempercepat proses giring, sebaliknya apabila merpati kekurangan asupan makanan yang cukup akan memperlambat proses giringnya.

Berikan pakan minimal satu kali pada pagi atau sore hari, pastikan merpati dalam keadaan kenyang. 

5. Tunggu Beberapa Waktu

Untuk merpati yang baru di beli memang membutuhkan waktu agar bisa giring, bahkan bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Hal ini bisa terjadi karena merpati membutuhkan adaptasi lingkungan sekitar terlebih dahulu. 

Untuk mempercepat merpati giring, lepas merpati diluar kandang dan biarkan berbaur dengan merpati yang lain. Akan lebih baik apabila berbaur dengan merpati yang sudah memiliki pasangan, ini juga akan memancing birahi dari merpati baru sehingga akan lebih cepat giring. Namun, Anda juga harus tetap mencoba secara berkala untuk menjodohkan merpati yang baru dibeli tersebut.


Penutup

Sangat mudah sekali bukan untuk menggiringkan merpati? Demikianlah artikel tentang Cara Ampuh Mengatasi Merpati Tidak Mau Giring dan Lama Giring. Semoga dengan adanya konten artikel ini, bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta dapat menambah wawasan baru mengenai Burung Merpati. 

Terimakasih atas kunjungan dan waktu yang di luangkan untuk membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan konten artikel ini ataupun yang lain pada rekan-rekan sekitarmu ya.

Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, silahkan tanyakan dan tulis pertanyaan di kolom komentar yang ada dibawah ini.


Related Posts

Posting Komentar