Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina - Berbudidaya burung puyuh merupakan bisnis yang sangat menjanjikan, karena dengan cost yang relatif murah namun bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan tinggi. Burung puyuh ini diambil telurnya atau juga dagingnya untuk dikonsumsi oleh manusia ataupun untuk hal lainnya. 

foto: instagram @goldenpuyuh

Sebagai pembudidaya burung puyuh, sudah semestinya mengetahui berbagai macam teknik dasar sampai dengan teknik tinggi dalam merawat burung puyuh dengan baik dan benar. Termasuk juga, mengetahui perbedaan burung puyuh jantan dan betina.

    Burung puyuh jantan dan burung puyuh betina memiliki perbedaan yang cukup mencolok saat dilihat oleh mata kita. Mengetahui perbedaan dari burung puyuh jantan dan betina sangat penting bagi seorang pembudidaya puyuh.

    Nah, kira-kira apa saja ya perbedaan dari burung puyuh jantan dan betina? Simak artikel ini sampai habis ya.


    Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina

    Membedakan burung puyuh bisa dilihat dari warna bulu pada dada puyuh, paruh, dan juga anusnya. Perbedaan tersebut merupakan perbedaan yang secara umum biasa digunakan oleh para pembudidaya untuk mengetahui jenis kelamin dari sang puyuh.

    Memilah jenis kelamin antara burung puyuh jantan dan betina perlu dilakukan untuk selanjutnya dilakukan perawatan dan pembesaran puyuh.

    Untuk memisahkan puyuh berdasarkan jenis kelamin baru bisa dilakukan ketika puyuh menginjak usia 3 minggu. Pada usia tersebut, perbedaan puyuh antara jantan dan betina sudah sangat terlihat jelas karena pertumbuhan puyuh sudah matang. 

    Lalu apa saja ya perbedaan burung puyuh jantan dan betina? Berikut ini perbedaannya :

    • Burung puyuh jantan memiliki bulu dada berwarna coklat sedangkan puyuh betina memiliki bulu dada berwarna coklat dengan garis-garis putih.
    • Burung puyuh jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih panjang sedangkan puyuh betina memiliki bentuk tubuh lebih bulat.
    • Puyuh jantan terlihat lebih lincah dan sering berkokok sedangkan puyuh betina tidak.
    • Pangkal paruh dari puyuh jantan terlihat berwarna coklat kemerahan sedangkan puyuh betina tidak.
    • Puyuh jantan memiliki bintik pada bagian ekor dan sayapnya sedangkan puyuh betina tidak. 


    Penutup

    Demikianlah artikel mengenai Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina. Semoga dengan adanya informasi pada artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta menambah wawasan baru mengenai burung puyuh.

    Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini sampai habis. Apabila artikel ini berisi informasi yang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu agar bisa mendapatkan manfaat yang sama.

    Jika ada kesalahan ataupun pertanyaan mengenai isi konten artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar.


     



    Related Posts

    Posting Komentar