Entri Populer

Cupang Betina Bertelur Tanpa Jantan, Bagaimana Bisa?

Posting Komentar
Cupang Betina Bertelur Tanpa Jantan, Bagaimana Bisa? - Berbicara mengenai ikan cupang, siapa yang tidak tahu dengan ikan cantik ini? Ikan cupang banyak ditemui diberbagai wilayah di Indonesia, persebaran ikan cupang sudah sangat merata di setiap daerah hingga masuk ke kampung-kampung.
foto: instagram @rachmatofficialimmortals
Ikan cupang merupakan ikan hias yang sangat populer saat ini, terbukti dengan banyaknya komunitas yang berdiri. Pada tahun kemarin puncaknya, ikan cupang mendadak kembali viral di sosial media dan banyak yang tertarik dengan dunia ikan cupang.


Keberadaan ikan cupang sudah sejak lama ada namun memang tidak terlalu terekspos, anak-anak hingga orang dewasa sekalipun ikut meramaikan dunia percupangan. Harga dari ikan cupang sendiri sangat beragam, tergantung warna dan kelangkaan jenis ikan cupang.

Semakin cantik warna ikan dan jenisnya langka serta menang dalam berbagai macam kompetisi bisa meningkatkan harga jual dari ikan cupang, tak tanggung-tanggung harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Cupang Betina Bertelur Tanpa Jantan, Bagaimana Bisa? 

Setiap makhluk hidup pastinya akan diciptakan secara berpasang-pasangan, termasuk juga ikan cupang yang memiliki 2 gender yaitu jantan dan betina. Masing-masing gender ini mempunyai perbedaan, dari ukuran, bentuk fisik, dan alat kelamin.

Secara alami, ikan cupang betina bisa hamil setelah berkembangbiak dengan ikan jantan. Namun bagaimana jadinya ketika ikan cupang betina bisa bertelur tanpa adanya ikan cupang jantan? 

Bagi sebagian orang mungkin ini hal yang sangat aneh, bagaimana bisa ikan betina bertelur tanpa adanya jantan? Jika di analogikan seperti manusia (perempuan) yang melahirkan anak tanpa bersetubuh dengan manusia (laki-laki), bagaimana mungkin bisa terjadi?

Ternyata ikan cupang betina bertelur tanpa jantan memang bisa terjadi, kok bisa? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Kenapa Cupang Betina Bisa Bertelur Tanpa Jantan?

Secara umum, ikan cupang betina akan mengeluarkan telur-telurnya pada saat pemijahan. Akan tetapi ada satu waktu dimana ikan cupang betina akan mengeluarkan telur-telurnya diluar pemijahan.

Jumlah telur yang dikeluarkan oleh ikan cupang betina yang diluar pemijahan sama saja dengan jumlah telur yang dikeluarkan saat pemijahan.

Baca Juga :

Namun ada perbedaan mengenai telur yang dikeluarkan saat pemijahan dan diluar pemijahan, apa perbedaannya? 

Perbedaan Telur Hasil Pemijahan & Diluar Pemijahan

Ikan cupang betina yang mengeluarkan telur saat pemijahan akan menetas selama kurang lebih 2 hari sedangkan telur yang dikeluarkan diluar pemijahan tidak akan menetas.

Telur yang dikeluarkan dari hasil diluar pemijahan tidak bisa menetas karena tidak ada pembuahan yang dilakukan cupang jantan. Maka dari itu, akan sangat percuma apabila kita menunggu kapan telur tersebut akan menetas. 

Bagaimana? Cukup unik bukan. 

Penutup

Sekian artikel mengenai Cupang Betina Bertelur Tanpa Jantan, Bagaimana Bisa?. Semoga dengan adanya konten artikel ini bisa memberikan wawasan baru tentang ikan cupang. Terimakasih sudah membaca artikel pada website ini, mohon maaf jikalau terdapat kalimat ataupun kata-kata yang kurang selama penulisan artikel ini.

Bantu kami untuk tetap menulis informasi yang bermanfaat seputar dunia hewan dengan membagikan serta merekomendasikan konten kami pada rekan-rekan disekitarmu ya.

Related Posts

Posting Komentar

close