Entri Populer

Cara Merawat Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

Posting Komentar

Cara Merawat Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur - Sebagian orang masih belum banyak yang mengetahui atau melihat burung puyuh secara langsung, orang-orang lebih mengetahui telurnya karena sering terdapat di pasar atau di pedagang jajanan daripada mengetahui burungnya.

foto: instagram @lapakmasval

Berbisnis ternak burung puyuh ternyata memiliki peluang bisnis dengan cuan yang lumayan menggiurkan, bagaimana tidak? satu ekor burung puyuh mampu bertelur sebanyak 200-300 butir setiap tahunnya. Selain itu, daging burung puyuh juga banyak di olah menjadi berbagai macam menu masakan.

    Untuk berbudidaya burung puyuh tentunya perlu persiapan yang matang, perlu ilmu pengetuan tentang cara perawatan burung puyuh hingga proses produksi telur. Perawatan rutin seperti membersihkan kandang juga harus dilakukan untuk menjaga kualitas dari burung puyuh itu sendiri.

    Nah, sebagai seorang peternak burung puyuh harus memiliki ilmu atau teknik-teknik mengenai burung puyuh agar nantinya tidak mengalami hal-hal yang tidak di inginkan pada saat ternak puyuh sudah berjalan.


    Cara Merawat Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

    Ketika beternak burung puyuh, sebagai peternak pastinya ingin burung puyuh yang kita ternak cepat memiliki telur untuk kemudian bisa dijual telurnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, satu ekor burung puyuh bisa menghasilkan 200 sampai 300 butir telur dalam satu tahun kalender.  

    Agar burung puyuh bisa memproduksi telur dengan cepat dan maksimal ternyata ada teknik dalam perawatannya. Selain itu, memilih indukan yang berkualitas dan tepat juga bisa menjadi salah satu faktor burung puyuh bisa memproduksi telur dengan cepat.

    Meskipun begitu, memilih burung puyuh yang berkualitas pun masih belum cukup apabila dalam perawatan burung puyuh tidak maksimal. 

    Lalu, apa saja yang menjadi faktor agar burung puyuh cepat bertelur? Simak penjelasannya dibawah ini.


    Pakan Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

    Pakan menjadi salah satu faktor yang membuat burung puyuh dapat bertelur dengan cepat, silahkan pilih salah satu jenis pakan yang akan diberikan pada burung puyuh. Berikut ini merupakan makanan burung puyuh agar cepat bertelur :

    1. Jagung

    Jagung atau biji jagung merupakan makanan yang dipercaya dapat mempercepat burung puyuh dalam bertelur. Hampir semua jenis unggas menyukai jagung atau biji jagung sebagai makanannya termasuk burung puyuh.

    Biji jagung memiliki zat karbohidrat yang sangat baik untuk tubuh burung puyuh, sehingga produksi bertelur burung puyuh akan semakin maksimal. 


    2. Bekatul Padi/Dedak Padi

    Bekatul Padi/Dedak Padi juga bisa dijadikan salah satu makanan burung puyuh agar cepat bertelur. Bekatul Padi/Dedak Padi merupakan hasil samping proses penggilingan padi yang terdiri atas lapisan sebelah luar padi dengan sejumlah lembaga padi. 

    Bekatul Padi/Dedak Padi mengandung protein dan zat energi yang baik untuk tubuh burung puyuh, juga baik untuk pencernaan sang burung. 


    3. Sorgum

    Sorgum juga bisa dijadikan sebagai alternatif lainnya untuk burung puyuh agar bisa cepat bertelur. Sorgum kaya akan manfaat bagi tubuh burung puyuh karena mengandung protein, bahkan mengandung protein lebih banyak daripada jagung/biji jagung. 


    4. Pelet Burung Puyuh

    Selain makanan yang telah dijelaskan diatas, pelet burung puyuh juga bisa dijadikan sebagai pakan agar burung puyuh cepat bertelur. Pelet yang diberikan pada burung puyuh adalah pelet khusus burung puyuh. 

    Untuk mendapatkan pelet burung puyuh, bisa mengunjungi dan membeli di toko burung terdekat disekitar Anda.

     

    Jangan Buat Burung Puyuh Stres

    Agar burung puyuh bisa maksimal dalam produksi telur, selalu jaga pola perawatan burung puyuh dengan baik. Seperti menjaga kualitas pakan yang bergizi dan kebersihan kandang yang perlu di bersihkan secara rutin. Untuk memudahkan membersihkan kandang, berikan alas untuk kotoran agar bisa ditarik sewaktu-waktu.


    Pilih Indukan Burung Puyuh Berkualitas

    Selain dari makanan yang bergizi dan perawatan yang baik, memilih indukan burung puyuh yang berkualitas pun menjadi faktor burung puyuh cepat bertelur. Ada jenis burung puyuh berkualitas yang bisa dijadikan sebagai Indukan.

    Ada tips untuk memilih indukan burung puyuh yang berkualitas, berikut ini tipsnya :

    • Pilihlah indukan burung puyuh dengan jenis puyuh dara, karena puyuh dara memiliki daya tahan dengan tingkat kematian yang rendah dan lebih baik dibandingkan jenis yang lain.
    • Pilih jenis puyuh dara pada usia sekitar 3-6 bulan dengan kondisi fisik yang sehat dan baik.
    • Pilihlah calon indukan burung puyuh dengan melihat kondisi fisik dari sejak masih berumur bayi atau sekitar 1 hari setelah menetas, pilih calon indukan burung puyuh yang aktif, lincah, dan tentunya sehat.
    • Anakan puyuh yang dihasilkan dari reproduksi induk burung puyuh yang baik.  


    Penutup

    Demikianlah artikel tentang Cara Merawat Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan ilmu baru mengenai perawatan burung puyuh dan bisa bermanfaat tentunya. 

    Terimakasih sudah berkunjung pada website ini dan membaca artikel ini sampai dengan habis, silahkan bagikan artikel dan rekomendasikan website ini pada rekan-rekan sekitarmu agar bisa merasakan manfaat yang sama. 

    Jika ada kesalahan kata ataupun pertanyaan seputar isi dari artikel ini, boleh mengirimkan pertanyaan pada kolom komentar. 

    Related Posts

    Posting Komentar