Penyebab & Cara Mengobati Burung Merpati Tetelo Dengan Mudah

Penyebab & Cara Mengobati Burung Merpati Tetelo Dengan Mudah - Burung merpati merupakan salah satu burung yang banyak dipelihara di Indonesia, baik anak-anak hingga orang dewasa turut ikut memelihara burung merpati. Di beberapa wilayah di Indonesia, burung merpati sangatlah populer, hal ini dibuktikan dari berbagai macam kontes atau perlombaan burung merpati yang diadakan pada beberapa daerah.

foto: instagram @bobby_tekab

Burung merpati seringkali terkena penyakit yang menyerang dan membuat para pemilik burung merpati merasa khawatir pada hewan peliharaannya. Ada berbagai macam jenis penyakit yang menyerang burung merpati, salah satunya adalah penyakit Tetelo.

Sebagai pemilik dari burung merpati, seharusnya penyakit tetelo yang menyerang merpati sudah sangat tidak asing lagi. Namun, tidak semuanya sudah mengetahui jenis penyakit tersebut dan tahu cara mengobatinya, terlebih para pemula yang baru memelihara burung merpati.

Mengetahui gejala-gejala penyakit sangatlah penting bagi pemilik merpati, karena beberapa penyakit memiliki beberapa gejala yang hampir sama, dari gejala tersebut juga kita bisa mengetahui 


Penyebab Burung Merpati Mengalami Tetelo 

Penyakit yang menyerang merpati tidak mungkin akan menyerang jika tidak ada sebabnya, setiap penyakit yang menyerang pada setiap makhluk hidup akan diawali dengan sebab terlebih dahulu, begitu juga dengan tetelo.

Penyebab burung merpati mengalami tetelo adalah karena terserang oleh virus Newcastle Dicease (ND). Virus ini sangatlah mematikan dan bisa menular pada merpati lainnya yang sehat. Virus ini biasanya disebabkan karena kotornya kandang dan jarang dibersihkan sehingga menimbulkan virus.

Oleh karena itu, menjaga kandang merpati tetap bersih merupakan pencegahan untuk meminimalisir merpati terkena virus ND. Selain itu, kandang yang bersih akan membuat merpati merasa nyaman saat berada di dalam kandang.

Meskipun termasuk dalam kategori penyakit yang mematikan dan menular, tetelo yang menyerang merpati masih bisa diobati dengan beberapa tips. Untuk itu, simak dan baca hingga akhir artikel ini.


Pencegahan Tetelo Pada Burung Merpati

Agar tidak terjadi kembali burung merpati terserang penyakit tetelo, ada beberapa langkah antisipasi yang bisa dilakukan oleh kita sebagai pemilik. Sebelum merpati terjangkit penyakit tetelo, alangkah lebih baiknya untuk mencegah dan meminimalisir penyakit tetelo menyerang. Untuk cara pencegahan tetelo pada burung merpati bisa melakukan hal berikut ini :

  1. Memberikan vaksin khusus Newcastle Dicease (ND) pada burung merpati.
  2. Membersihkan kandang secara rutin dan menjaga tetap bersih dari sisa makanan dan kotoran.
  3. Mengurangi aktivitas bertemu dengan merpati luar.
  4. Memberikan vitamin.


Cara Mengobati Burung Merpati Tetelo Dengan Mudah

Setelah mengetahui penyebab dan cara mencegah penyakit tetelo pada burung merpati, selanjutnya mengobati burung merpati yang sudah terkena tetelo. Bagaimana caranya? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Pisahkan merpati yang mengalami penyakit tetelo dari kandang dengan merpati yang sehat ke tempat kandang yang lain.

2. Jemur burung merpati yang terserang tetelo pada pagi hari.

3. Cukur sedikit bulu pada bagian leher merpati, berikan balsem di bagian leher pada malam hari dan biarkan semalaman. Suapi merpati dengan pakan kencur bakar.

4. Pagi harinya, bersihkan leher yang semalam diberikan balsem dengan air hangat. Suapi merpati dengan pakan jahe.

5. Siang harinya, berikan madu murni tanpa campuran apapun sekitar satu sendok teh saja.

6. Kemudian, berikan pakan jagung pada pagi dan sore hari, suapi merpati jika itu diperlukan.

7. Lakukan langkah tersebut hingga merpati sembuh total.

 

Cara Mengobati Burung Merpati Tetelo Dengan Vaksin

Cara lainnya untuk mengobati burung merpati tetelo bisa menggunakan vaksin virus Newcastle Dicease (ND). Anda bisa membeli vaksin tersebut pada toko terdekat, atau melalui online shop.

Suntikkan vaksin Newcastle Dicease pada saluran saraf otot leher burung merpati, berikan dosis yang sesuai dengan petunjuk.


Cara Mengobati Burung Merpati Tetelo Dengan Daun Pepaya Tua

Selain cara yang sudah dijelaskan diatas, cara lainnya bisa menggunakan Daun Pepaya Tua. Rasanya akan lebih mudah apabila mengobati dengan cara ini, karena daun pepaya tua mudah untuk ditemukan dan cara ini lebih simpel.

Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Bersihkan daun pepaya tua yang sudah dikumpulkan.

2. Siapkan wadah dan isi air hangat, lalu masukkan daun pepaya tua ke dalam wadah.

3. Remas-remas daun pepaya tua tersebut.

4. Berikan air hasil remasan daun pepaya pada merpati yang mengalami tetelo. Cukup berikan 3 kali sehari dengan 2 sendok makan. 


Penutup

Demikian artikel tentang Penyebab & Cara Mengobati Burung Merpati Tetelo Dengan Mudah. Semoga dengan adanya konten artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya serta memberikan solusi yang tepat bagi merpati yang sedang mengalami tetelo. 

Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau kalimat dalam penulisan artikel ini, jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan artikel website ini pada rekan-rekan sekitarmu. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini hingga akhir.

Jika ada pertanyaan seputar isi dari konten artikel, bisa memberikan pertanyaan melalui kolom komentar.

Related Posts

Posting Komentar