Entri Populer

Kelebihan dan Jenis-Jenis Burung Murai Batu Balak

Posting Komentar

Kelebihan dan Jenis-Jenis Burung Murai Batu Balak - Hobi memelihara burung saat ini semakin digemari oleh banyak orang, baik anak-anak hingga orang dewasa sekalipun banyak yang mencoba hobi ini untuk mengisi waktu luangnya.

foto: instagram @muraibatumania_indonesia

Terdapat berbagai macam alasan dan juga faktor seseorang memiliki hobi memelihara burung. Ada banyak sekali pilihan burung yang bisa dipelihara dan dirawat, salah satu burung yang saat ini banyak digemari adalah burung Murai Batu Balak. 

Di Indonesia sendiri, burung Murai Batu Balak ini sudah banyak yang memelihara di rumahnya sebagai hewan peliharaan. Hal ini terbukti dari banyaknya grup komunitas yang ada di sosial media untuk media sharing sesama pecinta burung Murai Batu Balak.

Selain itu, sering sekali adanya event atau perlombaan burung Murai Batu Balak di beberapa wilayah yang di adakan secara rutin. Maka dari itu, burung Murai Batu Balak ini cukup populer di Indonesia karena banyak yang memelihara.


Kelebihan Burung Murai Batu Balak

Bukan tanpa alasan banyak orang yang memelihara burung ini, Murai Batu Balak mempunyai daya tarik tersendiri yang mampu membuat banyak orang tertarik dengan kelebihannya yang jarang ditemukan di jenis burung yang lain. 

Berikut ini merupakan kelebihan burung Murai Batu Balak :

  • Memiliki ekor yang sangat unik nan cantik
  • Bulu dengan warna yang cantik dan indah
  • Mempunyai suara kicauan yang bervariasi
  • Suara kicauannya melengking

Struktur Ekor Burung Murai Batu Balak

Burung murai diketahui memiliki dua jenis warna ekor, yang disebut murai ekor putih dan murai ekor putih.

Seperti halnya hewan lain pada umumnya, burung Murai Batu Balak ini mempunyai jenis-jenis yang berbeda. Namun, sebelum membahas mengenai jenisnya. Kita akan membahas terlebih dahulu struktur ekor pada burung Murai Batu Balak.

Struktur ekor pada burung Murai Batu Balak memiliki dua bagian yaitu :

  • Ekor Utama
  • Ekor Penyangga
Ekor utama terletak pada bagian atas atau tengah dan memiliki ukuran lebih panjang yang menjadi ciri khas burung Murai Batu Balak. Sedangkan ekor penyangganya terletak di bagian bawah atau samping yang berbentuk kecil dan berfungsi untuk penyangga ekor utama Murai Batu Balak.

Sebagai pecinta Murai Batu Balak wajib mengetahui hal ini agar tidak salah pemahaman mengenai struktur ekor dari burung Murai Batu Balak.


Jenis-Jenis Ekor Burung Murai Batu Balak

Adapun jenis-jenis ekor Murai Batu Balak, diantaranya sebagai berikut :

1. Murai Batu Balak 2
Ciri-cirinya mempunyai bulu ekor berwarna putih dan hitam pada bulu ekor penopang sebanyak 2 helai Ekor.

2. Murai Batu Balak 4
Ciri-cirinya mempunyai bulu ekor berwarna putih dan hitam pada bulu ekor penopang sebanyak 4 helai Ekor.

3. Murai Batu Balak 6
Ciri-cirinya mempunyai bulu ekor berwarna putih dan hitam pada bulu ekor penopang sebanyak 6 helai Ekor.

4. Murai Batu Balak 8
Ciri-cirinya mempunyai bulu ekor berwarna putih dan hitam pada bulu ekor penopang sebanyak 4 helai Ekor.

Penutup

Demikianlah artikel tentang Kelebihan dan Jenis-Jenis Burung Murai Batu Balak. Semoga dengan adanya konten artikel ini dapat memberikan suatu informasi yang bermanfat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini hingga akhir dan tuntas.

Mohon maaf jikalau terdapat kesalahan kata atau kalimat dalam penulisan artikel ini. Jangan lupa juga untuk membagikan dan merekomendasikan pada rekan-rekan yang ada di sekitarmu.

Jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan isi dari artikel ini, silahkan tuliskan pertanyaan pada kolom komentar yang ada dibawah ini.

Related Posts

Posting Komentar