Entri Populer

4+ Perbedaan Burung Selendang Biru Jantan dan Betina

Posting Komentar

Perbedaan Burung Selendang Biru Jantan dan Betina - Berbicara mengenai burung selendang biru, siapa yang tak tahu dengan burung cantik ini? Para kicau mania pastinya sudah tahu dengan burung hias satu ini. Karena popularitasnya, banyak orang memburunya sebagai hewan peliharaan atau untuk tujuan budidaya.

foto: instagram/@wowowahono

Burung selendang biru mempunyai daya tarik tersendiri melalui warna bulunya yang sangat indah dan kicauan suaranya yang merdu untuk di dengar oleh kita. Selain itu, bentuk tubuh dan wajahnya yang imut nan lucu membuat banyak orang gemas saat melihatnya. 

Ada banyak pilihan dan jenis burung yang bisa dipelihara sebagai hewan peliharaan, namun minat masyarakat terhadap burung selendang biru cukup tinggi, dan banyak orang yang ingin memiliki dan merawatnya karena kicauan dan bulunya yang sangat indah untuk dilihat. 

Sebagai pecinta burung selendang biru tentunya ingin burung yang dirawat memiliki fisik yang baik serta kicauan yang gahar. Kicauan dari burung selendang jantan biasanya lebih keras dibandingkan dengan sang betina.


Mengenal Habitat, Nama Lain, dan Ciri Khas Burung Selendang Biru

Burung selendang biru ini hidup di beberapa bagian wilayah Asia, antara lain China bagian selatan, Semenanjung Malaya, dan Asia Tenggara. Di Indonesia, burung selendang biru lebih banyak tersebar di Sumatera, Kalimantan dan Jawa, akan tetapi tidak menutup kemungkinan di wilayah lainnya ada juga yang hidup diluar wilayah tersebut. 

Selain dikenal dengan nama selendang biru, burung ini memiliki nama lain yaitu sikatan biru muda atau tledekan selendang biru.

Burung selendang biru mempunyai ciri khas dalam memainkan suara kicauannya, ia akan mengeluarkan suara kicauannya yang tidak terlalu tinggi namun terdengar beraturan saat menaikkan dan menurunkan nada kicauannya.

Baca Juga :

Selain itu, ciri khas dari burung selendang biru ini adalah burung yang pemalu. Burung ini lebih memilih menyembunyikan wujudnya daripada menunjukkannya. Burung selendang mayang lebih suka menunjukkan suara kicauannya yang merdu dibanding bentuk fisiknya.

Burung selendang biru mempunyai ciri khas dalam memainkan suara kicauannya, ia akan mengeluarkan suara kicauannya yang tidak terlalu tinggi namun terdengar beraturan saat menaikkan dan menurunkan nada kicauannya.

Perbedaan Burung Selendang Biru Jantan dan Betina 

Seperti hewan lain pada umumnya, burung selendang biru mempunya dua jenis kelamin berbeda yaitu jantan dan betina. Bagi Anda yang memiliki burung selendang biru tentunya sudah harus tahu cara membedakan antara keduanya (jantan dan betina).

Untuk membedakan burung selendang biru jantan dan betina, bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Lalu, bagaimana cara membedakannya? Silahkan simak penjelasannya berikut ini :

1. Ukuran Kepala

Perbedaan yang sangat mencolok antara burung selendang biru jantan dan betina terlihat dari ukuran kepalanya. Meskipun secara postur ukuran jantan lebih besar daripada betina, namun ukuran kepala burung selendang biru jantan lebih kecil daripada burung selendang biru betina.

Setelah mengetahui hal ini, kita langsung bisa tahu cara membedakan jenis kelamin burung selendang biru jantan dan betina hanya dengan melihatnya saja secara langsung. Perbedaan ukuran kepala yang sangat mencolok ini memang kerap kali dipakai oleh para pemilik burung untuk membedakan jenis kelamin burung.


2. Paruh

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari paruh burung. Burung selendang biru jantan mempunyai paruh yang panjang, lebih kuat dan runcing. Sedangkan burung selendang biru betina mempunyai paruh yang pendek dan tidak kuat seperti sang jantan.

Akan tetapi ada persamaan dari burung selendang biru jantan dan betina yaitu memiliki paruh berwarna hitam sedikit kebiruan.


3. Warna Pada Bulu

Cara ini banyak digunakan oleh para peternak burung selendang biru untuk membedakan jenis kelamin burung. Alasannya, perbedaan burung selendang biru jantan dan betina ini sangat mencolok karena warna bulunya yang sangat berbeda. 

Burung jantan mempunyai warna bulu berwarna biru dari ujung kepala hingga ujung ekor. Sedangkan burung betina mempunyai warna bulu yang cenderung gelap tepatnya berwarna kecoklatan.

Dengan melihat warna bulunya saja, kita sudah bisa membedakan burung selendang biru berjenis kelamin jantan atau betina. 


4. Postur Tubuh

Postur tubuh dari burung selendang biru juga bisa menjadi parameter atau acuan untuk membedakan burung selendang biru jantan dan betina. Burung jantan diketahui mempunyai postur tubuh yang lebih besar gagah, dan tegap seperti membusungkan dadanya.

Sedangkan burung selendang betina ukuran tubuhnya cenderung pendek dan bentuk tubuhnya bulat atau buntet. Sangat berbanding terbalik postur tubuh antara burung jantan dan betina.


Penutup

Demikianlah artikel tentang Perbedaan Burung Selendang Biru Jantan dan Betina. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfat teruntuk Anda yang membaca artikel ini. Terimakasih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel dan mengunjungi website ini.

Mohon maaf apabila adanya kesalahan kata atau kalimat selama penulisan artikel ini. Jangan lupa juga untuk merekomendasikan dan membagikannya pada rekan-rekan yang ada di sekitarmu.

Apabila ada pertanyaan terkait dengan isi dari artikel ini, silahkan tuliskan pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia dibawah ini.

Related Posts

Posting Komentar