Cara Ampuh Mengobati Penyakit Jamur Pada Ikan Louhan

Cara Ampuh Mengobati Penyakit Jamur Pada Ikan Louhan - Pada dasarnya, setiap makhluk hidup akan mengalami sakit pada waktunya, entah karena lingkungan, cuaca, kelalayan manusia, ataupun faktor lainnya. Di konten artikel kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu jenis penyakit yang sering menyerang ikan louhan, yaitu penyakit jamur.

foto: instagram/@assoesanto


Penyakit jamur ini menjadi musuh bersama bagi ikan louhan dan para pecinta louhan, karena ikan louhan yang terserang penyakit jamur akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh ikan louhan. 

Dampak buruk terkecilnya ikan louhan akan menjadi terlihat lemas dan lesu secara perlahan dan dampak buruk terbesarnya penyakit jamur ini dapat menyebabkan kematian pada ikan louhan jika dibiarkan. Cukup menyeramkan jika dilihat dampak terbesarnya ketika ikan louhan terserang penyakit ini.

Sebagai pecinta ikan louhan tentunya tidak ingin hewan peliharaan kesayangan mengalami penyakit ini, namun datangnya penyakit tidak dapat di prediksi setiap saat. Pilihan ketika hewan peliharaan terserang penyakit adalah menyembuhkannya bukan membiarkannya.


Penyebab Munculnya Penyakit Jamur Pada Ikan Louhan

Skenario terburuk ikan louhan terserang penyakit jamur adalah kematian, karena penyakit jenis ini dapat menyebar dengan sangat cepat sehingga perlu penanganan sesegera mungkin untuk mengobati penyakit tersebut.

Penyakit jamur ini merupakan parasit yang menyerang ikan louhan, biasanya tanda-tanda atau gejala pertama yang bisa terlihat ketika penyakit jamur ini menyerang adalah adanya bintik-bintik berwarna putih pada bagian tubuh ikan louhan.

Kita sebagai pecinta ikan louhan mesti tahu gejala awal ketika ikan terserang penyakit jamur. Selain itu, mengetahui penyebab munculnya penyakit jamur ini sangat kita perlukan agar menjadi pelajaran untuk kedepannya.

Beberapa penyebab munculnya penyakit jamur pada ikan louhan, diantaranya :

  • Tertular dari ikan lain yang sedang mengalami penyakit jamur
  • Kotoran ikan yang menumpuk dan tak kunjung dibersihkan
  • Adanya bakteri dan jamur yang berkembang biak di dalam akuarium 


Cara Ampuh Mengobati Penyakit Jamur Pada Ikan Louhan

Lantas bagaimana cara mengatasi penyakit jamur pada ikan louhan? Usahakan untuk tidak perlu terlalu panik dan khawatir, asalkan kita mengetahui gejala awal dari penyakit jamur ini, kita akan bisa mencegah sedini mungkin penyakit tersebut. 

Sebenarnya pencegahan bisa dilakukan untuk meminimalisir penyakit jamur yang menyerang ikan louhan. Namun, apabila sudah terlanjur terkena penyakit jamur ini, maka ada beberapa cara pengobatan yang bisa dilakukan agar penyakit jamur ini hilang. 

Berikut ini merupakan tahapan atau langkah-langkah cara mengatasi penyakit jamur pada ikan louhan :

  1. Beli obat untuk penyakit jamur di toko hewan terdekat.
  2. Bersihkan akuarium sampai benar-benar bersih.
  3. Saat memasukkan air yang baru, berikan garam ikan sebanyak 3 sendok makan per 10 liter-nya. 
  4. Berikan obat penyakit jamur sesuai dengan anjuran.
  5. Naikan sedikit suhu akuarium menjadi lebih hangat.
  6. Beri makan secukupnya.
  7. Lakukan cara diatas hingga 3 hari lamanya.
  8. Setelah penyakit jamur menghilang puasakan selama 1 hari.


Penutup

Sekianlah artikel tentang Cara Ampuh Mengobati Penyakit Jamur Pada Ikan Louhan. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau kalimat dalam penulisan artikel. Semoga dengan ditulisnya konten artikel ini dapat memberikan informasi yang berrmanfaat serta memberikan solusi yang tepat untuk ikan louhan yang terserang penyakit jamur. 

Semoga bisa memberikan wawasan baru mengenai dunia ikan loouhan, terimakasih sudah membaca artikel ini hingga akhir dan mengunjungi website ini. Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, bisa memberikan komentar pada kolom komentar dibawah ini. 

Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu, ya.

Related Posts

Posting Komentar