Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Dengan Mudah

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Dengan Mudah - Siapa yang tak kenal dengan burung kenari? Burung yang memiliki ciri khas melalui suara kicauan yang indah dan mempesona ini banyak disukai oleh banyak orang. Selain suara kicauannya yang indah, kenari juga memiliki wajah yang lucu dan warna bulu yang bagus.

foto: instagram/@sukakenari

Ada banyak sekali pilihan dan jenis burung yang bisa dijadikan peliharaan, akan tetapi minat orang pada burung kenari sangatlah tinggi, banyak orang yang ingin memiliki dan memelihara karena kelebihan yang ada pada kenari. Namun sebagai pecinta burung kenari, Anda perlu mengetahui perbedaan antara kenari jantan dan kenari betina.

Mengetahui perbedaan burung kenari jantan dan betina sangatlah penting. Ada 2 cara untuk mengetahui perbedaan burung kenari jantan dan betina, bisa dibedakan melalui ciri fisik dan perilaku.

Biasanya para pecinta kenari akan memilih berdasarkan jenis kelamin dan lebih banyak yang memilih kenari jantan. Burung kenari jantan cenderung lebih baik dalam hal suara kicauan dibandingkan dengan kenari betina. Maka dari itu, perbedaan kenari jantan dan betina ini harus diketahui agar tidak salah memilih.


Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Dengan Mudah

Burung kenari memiliki nama ilmiah Serinus Canaria, bisa hidup hingga 10 tahun lamanya dengan jenis kelamin jantan. Perawatan saat memelihara burung kenari cukup mudah, Anda hanya perlu rutin (2-3 setiap minggunya) memandikan dan menjemurnya. Memandikannya dengan cara disemprot bukan di siram guyur. 

Sayuran dan buah-buahan menjadi makanan favorit burung kenari, buah yang biasa dikonsumsi diantaranya pisang, apel merah, pepaya, jeruk, dan lain-lainnya. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perbedaan antara kenari jantan dan betina bisa dilihat melalui bentuk fisik dan perilakunya. Untuk mengetahui perbedaannya, silahkan simak dan baca artikel ini hingga akhir.

1. Usia 3-5 hari

Untuk membedakan kenari jantan dan betina sudah bisa terlihat pada usia 3 sampai 5 hari. Perbedaannya terdapat pada ada tidaknya pembuluh vena yang terletak di sebelah perut menuju dubur atau kloaka.

Pembuluh vena ini akan terlihat pada burung kenari jantan dan tidak terlihat pada burung kenari betina. 

2. Usia 1 minggu/7 hari

Pada usia satu minggu atau 7 hari perbedaan jenis kelamin antara kenari jantan dan betina semakin bisa terlihat. Perbedaannya bisa terlihat dari mata, kenari jantan memiliki mata yang sejajar dengan paruh sedangkan kenari betina memiliki mata yang lebih tinggi dari paruh.

3. Usia 2-3 minggu

Semakin bertambahnya usia burung kenari, perbedaan antara kenari jantan dan betina nampak semakin jelas. Burung kenari yang sudah berusia 2-3 minggu akan terlihat lebih aktif dengan melompat-lompat. 

Burung kenari jantan akan mempunyai lompatan yang lebih tinggi di bandingkan dengan burung kenari betina.  


Perbedaan Burung Kenari Jantan dan Betina Berdasarkan Bentuk Fisik

Setelah mengetahui sedikit perbedaan burung kenari jantan dan betina berdasarkan usianya, kita juga bisa melihat perbedaan kenari jantan dan betina berdasarkan bentuk fisik burung kenari.

Untuk membedakan kenari jantan dan betina berdasarkan bentuk fisiknya, bisa dilihat dibawah ini.

1. Bentuk Kepala

Perbedaan kenari jantan dan betina berdasarkan bentuk fisik bisa dilihat dari bentuk kepalanya. Jika dilihat sekilas, bentuk kepala antara kenari jantan dan betina mungkin akan terlihat sama. Namun jika diperhatikan dengan seksama, akan terlihat perbedaan pada bentuk kepalanya.

Burung kenari jantan memiliki bentuk kepala lebih sedikit datar pada bagian atasnya, sedangkan burung kenari betina memiliki bentuk kepala yang bulat.

2. Bentuk Tubuh/Badan

Seperti hewan lain pada umumnya, biasanya jantan akan memiliki bentuk tubuh yang tegap dan lebih besar. Sama halnya dengan burung kenari, kenari jantan memiliki postur tubuh yang lebih besar dan tegap dibandingkan dengan kenari betina.  

3. Bentuk Dubur/Kloaka

Cara lainnya untuk melihat perbedaan kenari jantan dan betina adalah bentuk dubur/kloaka. Perlu diketahui, melihat bentuk dubur/kloaka dianggap sangat akurat untuk membedakan kenari jantan dan betina.

Burung kenari jantan memiliki bentuk dubur atau kloaka menonjol secara vertikal ke atas, sedangkan burung kenari betina memiliki bentuk dubur yang rata dengan perutnya.    

4. Posisi Mata

Membedakan kenari jantan dan betina berdasarkan posisi mata cukup mudah, Anda hanya perlu memperhatikan posisi matanya. Burung kenari jantan akan memiliki posisi mata yang sejajar dengan paruh, sedangkan kenari betina memiliki posisi mata yang lebih tinggi dari paruhnya.

5. Bentuk Selangkangan

Bentuk fisik lainnya yang bisa dijadikan sebagai parameter untuk membedakan kenari jantan dan betina adalah bentuk selangkangannya. Membedakannya cukup mudah, selangkangan dari kenari jantan lebih rapat dibandingkan kenari betina. 

6. Bentuk Wajah

Terakhir, bentuk wajah dari kenari jantan akan terlihat lebih galak atau garang dibandingkan dengan kenari betina yang terlihat lebih kalem, polos, lucu, imut.


Perbedaan Burung Kenari Jantan dan Betina Berdasarkan Perilaku

Ternyata ada banyak sekali perbedaan berdasarkan bentuk fisik antara kenari jantan dan betina. Memilih kenari jantan akan lebih baik apabila Anda menginginkan kenari yang memiliki suara kicauan yang nyaring dan merdu, untuk perlombaan pun kenari jantan akan lebih maksimal dibandingkan dengan kenari betina.

Meskipun begitu, kenari jantan dan betina memiliki tugasnya masing-masing dan memiliki kelebihan juga kelemahan. Namun pada kasus ini, kenari jantan lebih unggul dalam hal ciri khas. 

Sebelumnya kita sudah mengetahui perbedaan kenari jantan dan betina berdasarkan bentuk fisik. Membedakan burung kenari jantan dan betina juga bisa berdasarkan perilaku, untuk mengetahuinya silahkan simak dibawah ini ya.  

1. Suara Kicauan Burung Kenari

Perilaku yang bisa membedakan antara kenari jantan dan betina adalah suara kicauannya. Suara kicauan dari burung kenari jantan akan terdengar nyaring, indah, enak didengar, variatif, berirama, dan keras. Sedangkan kenari betina jarang mengeluarkan suara kicauan, hanya sesekali saja dan tidak sesering kenari jantan. 

Suara kicauan ini biasanya dijadikan sebagai suatu standarisasi untuk membedakan burung kenari jantan dan betina. Oleh sebab itu lah, kenari jantan banyak dipilih oleh sebagian orang dibandingkan dengan kenari betina. 

2. Suara Teriakan Saat Lapar

Burung kenari yang masih berusia 'anak-anak' akan selalu diawasi oleh induknya, termasuk untuk urusan makan. Pada saat kelaparan, anak-anak burung kenari akan mengeluarkan suara seperti teriakan untuk diberi makan. 

Anakan kenari jantan akan mengeluarkan suara teriakan yang lebih keras daripada kenari betina.

3. Posisi Cakar

Perilaku mencengkram pada burung kenari bisa dijadikan sebagai sebuah patokan untuk membedakan antara jantan dan betina. Burung biasanya akan berdiri pada kayu yang berada didalam kandang, cengkraman kenari jantan terlihat lebih kuat daripada kenari betina. 

Perhatikan dengan baik pada saat kenari berdiri pada sebuah kayu. 

4. Lincah dan Aktif

Burung kenari jantan memiliki perilaku gerak-gerik yang lincah dan aktif, bergerak kesana kemari tidak hanya diam ditempat saja. Berbeda dengan kenari betina yang lebih pasif dan banyak berdiam diri. 


Penutup

Bagaimana? Mudah sekali bukan untuk membedakan burung kenari jantan dan betina? Demikianlah konten artikel tentang Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Dengan Mudah. Semoga dengan dituliskan konten artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan baru tentang burung kenari.

Mohon maaf apabila ada kesalahan kalimat atau kata dalam penulisan artikel ini, terimakasih sudah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan konten artikel ini pada rekan-rekan sekitar.

Jika ada pertanyaan tentang isi dari artikel ini, tuliskan pada kolom komentar.

Related Posts

Posting Komentar