Entri Populer

Ciri-Ciri Merpati Tinggian Yang Bagus dan Berkualitas Juara

Posting Komentar

Ciri Merpati Tinggian Yang Bagus & Berkualitas Juara - Siapa yang tidak kenal dengan burung merpati? Burung yang memiliki ciri khas leher pendek dan tubuh kekar ini banyak dijumpai di beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Memelihara burung merpati menjadi hobi tersendiri, anak-anak, remaja hingga orang dewasa sekali pun banyak yang menjadikan memelihara merpati sebagai hobi.

foto: instagram @star_silver_bf

Sebagai pecinta burung merpati pastinya menginginkan kualitas merpati yang bagus, khususnya dalam hal lomba balap. Lomba balap burung merpati biasanya rutin digelar pada beberapa wilayah dengan hadiah-hadiah yang sangat menarik.


Untuk bisa menang dalam perlombaan balap burung merpati, diperlukan burung merpati tinggian yang bagus dan berkualitas juara. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara kita mendapatkan merpati tinggian yang bagus dan berkualitas juara?

Untuk bisa mendapatkan merpati dengan kualitas seperti itu, biasanya dilihat dari history prestasi indukannya. Harga yang di pasang untuk kualitas merpati tinggian yang berkualitas sangat mahal dibandingkan dengan harga merpati pada umumnya.


Ciri-Ciri Memilih Merpati Tinggian Yang Bagus & Berkualitas Juara

Harga yang dibanderol sangat tinggi tentunya sesuai dengan kualitas yang didapat nantinya. Kemungkinan merpati tinggian yang berkualitas untuk menang dalam perlombaan sangatlah tinggi, maka sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan merpati tersebut.

Bagi sebagian orang yang memang hobi dalam dunia burung merpati, mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk merpati dengan kualitas juara tidak akan merasa rugi dan bukan menjadi masalah. 

Perlombaan untuk burung merpati ini sangat sering di adakan, bahkan ada juga perlombaan yang berskala nasional. Selain itu, hadiah pemenang dalam perlombaan pun jumlahnya sangat besar. Maka, tidak mengherankan bila pecinta merpati rela mengeluarkan biaya untuk kualitas merpati yang baik. Jenis perlombaan burung merpati yang biasanya diadakan adalah Balap dan Tinggian. 

Burung merpati tinggian yang bagus dan berkualitas juara bisa dilihat dari ciri-ciri fisiknya. Apa saja ciri-cirinya? Anda bisa simak ciri-cirinya dibawah ini. 


Ciri-Ciri Merpati Tinggian Yang Bagus & Berkualitas Untuk Lomba

Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya, dibawah ini merupakan ciri-ciri dari burung merpati tinggian yang bagus dan berkualitas juara :

1. Postur Tubuh

Ciri merpati tinggian yang bagus dan berkualitas bisa dilihat dari postur tubuhnya. Postur tubuh dari merpati tinggian ini akan terlihat dan membentuk seperti jantung pisang. Bagian daging merpati-nya juga lunak saat di sentuh, dan akan langsung bermanuver saat dipancing oleh merpati betina.


2. Keturunan Indukan Merpati Tinggian

Peribahasa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya bisa disematkan pada keturunan indukan merpati tinggian. Keturunan dari indukan yang memiliki kualitas juara ini biasanya akan mengikuti jejak sang indukannya, yaitu memenangkan setiap lomba yang diikutinya. Walaupun begitu, tetap perlu memberikan pelatihan khusus untuk melatih merpati tinggian dan merawatnya dengan baik. 

Selain itu, merpati tinggian yang berkualitas juara tidak akan takut untuk terjun dari ketinggian.  


3. Bulu

Ciri selanjutnya, merpati tinggian yang berkualitas bisa dilihat dari Bulu. Burung merpati tinggian memiliki 4 ujung bulu terluar dengan selisih lebih panjang. Bulu cenderung berbentuk bulat dan tidak lancip. Dengan memiliki ciri fisik seperti itu, merpati tinggian akan lebih stabil ketika dia terbang.   


4. Mata

Merpati tinggian yang berkualitas akan terlihat ketika mata dari merpati diarahkan ke sinar matahari, pupil matanya akan mengecil kemudian akan membesar kembali dengan sangat cepat saat mengalihkan dari sinar matahari. Tidak disarankan memilih merpati tinggian jika saat respon pupil membesar kembali bergerak lambat. 

Ciri lainnya, mata berbentuk bulat dan warna bagian tengah mata lebih gelap, mempunyai lingkar cincin pada matanya, memiliki 2 warna mata yang berbeda. 


5. Sayap

Sayap menjadi bagian tubuh yang sangat penting yang digunakan untuk terbang. Merpati tinggian yang berkualitas juara memiliki sayap yang unik. Sayapnya kuat dan tidak lunak serta tidak terlrihat kaku. Pastikan bulunya tebal, lebar, tidak ada ruang antar jarak bulu, tidak bergelombang. 

Tulang bulunya juga harus yang kokoh, saat di pegang sayapnya mengkongkong dan jangan memlih merpati tinggian yang sayapnya menempel rapat ke badan.


6. Kepala

Ciri selanjutnya bisa dilihat dari kepala. Kepala dari burung merpati tinggian yang berkualitas akan terlihat lebih besar, batok kepala bagian depan terlihat lebh tinggi daripada batok kepala bagian belakang. Perhatikan juga tingkat kemiringan dari batok kepala merpati pada sudut 45 derajat hingga 60 derajat. 

Kepala yang ukurannya lebih besar diyakini akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik dari yang lain.


7. Kaki

Selanjutnya, bagian bentuk tubuh yang bisa dilihat ciri-cirinyay adalah kaki. Merpati tinggian berkualitas akan mempunyai bentuk kaki yang panjang, bersih, dan kering. Merpati yang memiliki bentuk kaki seperti itu akan membuat dirinya terdorong lebih jauh pada saat melompat. 


8. Ekor

Ciri lainnya bisa dilihat melalui ekor, ekor rapat, panjang dan tebal dimiliki oleh merpati tinggian yang bagus dan berkualitas juara. Ada 2 tipe pada burung merpati, saat ekor disentuh akan menyatu dan ini merupakan ciri tipe merpati pinggang kecil. Sedangkan ekor yang saat disentuh melebar merupakan ciri tipe merpati pinggang besar.

Merpati pinggang kecil memiliki kemampuan untuk bermanuver dengan cepat dan lincah. Sedangkan merpati pinggang besar memiliki kemampuan turun seperti genjotan.


9. Dada

Bagian dada burung merpati tinggian yang bagus dan berkualitas akan berbentuk seperti huruf 'V' jika dilihat pada bagian depan. Pilihlah bentuk dada seperti huruf 'V' karena memiliki kemampuan bermanuver dari segala arah, dan jangan memilih merpati dengan bentuk dada datar dan seperti huruf 'O'. 

Selain bentuk dada yang seperti huruf 'V', pilih merpati yang memiliki tulang dada lebih panjang dari jari telunjuk orang dewasa karena akan lebih stabil pada saat dia terbang. Pinggang merpati yang memiliki jarak agak renggang membuat burung sedikit kurang stabil saat terbang. Maka dari itu, akan lebih baik memilih pinggang merpati yang rapat.   


10. Leher

Untuk melihat ciri-ciri merpati tinggian yang berkualitas juara bisa dilihat dari lehernya. Merpati tinggian yang bagus akan memiliki leher yang kuat, kencang, tegak ke atas, dan tidak terlalu panjang. Selain itu, mempunyai panjang leher yang lebih pendek sedikit dari panjang dadanya. 


11. Hidung

Hidung juga menjadi salah satu ciri-ciri merpati tinggian berkualitas. Merpati tinggian berkualitas memiliki bentuk hidung yang kecil, pangkal hidungnya menjorok ke belakang, berwarna kapur pekat, menggembung. Ini merupakan salah satu ciri-ciri dari merpati yang berkualitas.


12. Paruh

Selanjutnya yang terakhir, ciri-ciri merpati tinggian yang berkualitas juara bisa dilihat dari bentuk paruhnya. Pilih merpati yang mempunyai bentuk runcing pada bagian ujungnya, ukurannya tidak terlalu panjang dan tidak terlalu besar juga, sedang-sedang saja. Pilih juga burung merpati yang mempunyai paruh panjang yang dari ujung hidung sampai ke ujung paruh sedikit lebih pendek dari jarak pangkal hidung ke batok kepala paling atas. 


Penutup

Bagaimana? Tertarik untuk memiliki merpati tinggian yang bagus dan bekualitas? Demikianlah konten artikel tentang Ciri Merpati Tinggian Yang Bagus & Berkualitas Juara. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat serta menambah wawasan baru mengenai burung merpati untuk Anda yang membacanya.

Terimakasih sudah mengunjungi dan membaca-nya sampai akhir. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan. Jika ada pertanyaan seputar isi dari konten artikel ini, bisa memberikan pertanyaan melalui komentar, ya.

Related Posts

Posting Komentar