Entri Populer

Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Yang Tidak Mau Makan

Posting Komentar

Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Yang Tidak Mau Makan - Memelihara ikan mas koki memiliki kesenangan sendiri bagi kita yang memang senang dengan ikan mas koki. Ikan ini banyak di koleksi karena memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik untuk dilihat, sehingga tidak mengherankan jika banyak yang senang dengan ikan hias ini. 

foto: instagram/@reyner.riccardo

Saat memelihara ikan mas koki, kita wajib memiliki pengetahuan seperti cara perawatan, pakan yang baik, mengetahui gejala saat ikan sakit, membedakan jantan dan betina, dan pengetahuan lainnya seputar ikan mas koki. Pengetahuan seperti itu sangat penting diketahui sebelum memulai memelihara ikan mas koki.

Di Indonesia, ikan mas koki banyak dikenal dan sangat populer. Hal ini dibuktikan dengan ada banyaknya kontes perlombaan ikan mas koki yang di selenggarakan pada beberapa wilayah di Indonesia.  Selain itu, harga ikan mas koki bisa dibilang cukup mahal dibandingkan dengan ikan hias lainnya. Apalagi ikan yang memenangkan kontes, akan di banderol dengan harga yang sangat tinggi.

Maka dari itu, dalam memelihara ikan mas koki diperlukan kehati-hatian agar tidak terjadi kesalahan saat merawat ikan ini. Karena harganya yang mahal, akan sangat amat disayangkan jika ikan mati karena kurangnya perhatian dalam perawatan. 


Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Yang Tidak Mau Makan

Ikan mas koki ini tidak hanya untuk dipelihara saja, tetapi banyak juga yang membudidayakan ikan hias ini karena memiliki nilai jual yang tinggi dan harga jualnya cenderung stabil. 

Dalam merawat atau memelihara hewan, hal yang paling susah adalah ketika sedang sakit, khususnya ikan mas koki. Ikan hias ini memiliki berbagai macam penyakit yang seringkali menyerang. Penyakitnya bisa terjadi karena berbagai faktor, bisa karena lingkungan sekitar aquarium, adanya virus, kurang memperhatikan, atau faktor-faktor lainnya.

Nah, pada artikel ini akan membahas mengenai ikan mas koki yang tidak mau makan. Ketika ikan mengalami hal tersebut, ikan sedang mengalami gejala sakit yang diakibatkan dari salah satu faktor yang sebelumnya dibahas.

Gejala tidak mau makan merupakan salah satu gejala yang juga dialami oleh ikan jenis lainnya. Saat ikan mengalami gejala ini, segera lakukan penanganan lebih lanjut dan jangan didiamkan begitu saja karena nyawa ikan bisa terancam mati.


Penyebab Ikan Mas Koki Tidak Mau Makan

Sebelum mencoba mengatasi ikan mas koki yang tidak mau makan, alangkah baiknya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui penyebabnya, nantinya kita akan bisa meminimalisir dan mencegah terjadinya masalah berulang.

Untuk mengetahui apa saja penyebab ikan mas koki tidak mau makan, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

1. Ikan Sedang Sakit

Ikan mas koki yang tidak mau makan bisa disebabkan karena ikan sedang sakit. Pada umumnya, hampir setiap jenis ikan yang sedang terserang penyakit memiliki gejala tidak mau makan. Penurunan nafsu makan pada ikan yang sedang sakit akan membuat ikan lemas dan tidak aktif. Terserangnya ikan oleh penyakit dikarenakan oleh berbagai faktor, seperti lingkungan, adanya virus, atau pakan yang kurang baik.

2. Ikan Sedang Stress

Penyebab selanjutnya yang menyebabkan ikan mas koki tidak mau makan adalah stress. Ikan yang mengalami stress bisa berakibat menurunnya nafsu makan sehingga ikan tidak mau makan sama sekali, diberikan pakan pun tidak di gubris. Ikan mas koki yang stress biasanya dipengaruhi oleh kualitas air yang buruk, makanan yang buruk atau karena faktor lainnya.

3. Kualitas Air Jelek

Penyebab lainnya adalah kualitas air aquarium yang sangat buruk. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, faktor yang membuat ikan sakit dan stress adalah kualitas air yang jelek. Ikan hidup dan berkembang di dalam air, maka ketika air yang berada didalam aquarium memiliki kualitas yang buruk maka akan berpengaruh pada kesehatan tubuh ikan.

Salah satu dampak dari kualitas air yang jelek adalah ikan yang tidak mau makan.  

4. Kurangnya Oksigen di Dalam Air

Ikan mas koki merupakan ikan yang membutuhkan kadar oksigen yang cukup atau bahkan banyak. Maka, ketika oksigen yang berada didalam air sedikit, akan menyebabkan pergerakan ikan menjadi tidak aktif. Ikan mas koki perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang kurang oksigen sehingga pakan yang sudah diberikan tidak akan dimakan karena kurang bergerak.


Solusi Untuk Mengatasi Ikan Mas Koki Yang Tidak Mau Makan

Nah, setelah mengetahui penyebab dari ikan mas koki yang tidak mau makan. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengatasi masalah tersebut. 

Untuk mengatasi masalah ikan mas koki yang tidak mau makan, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Pindahkan ikan mas koki yang tidak mau makan dari aquarium ke tempat penampungan baru.

2. Berikan penampungan atau wadah yang dapat menampung air sebanyak 3 - 4 liter.

3. Gunakan air yang berasal dari sumur di wadah baru, apabila menggunakan air dari PDAM harus diendapkan terlebih dahulu satu malam.

4. Berikan obat khusus ikan yang sedang sakit, bisa memberikan obat jenis apapun. Tapi, obat yang biasa digunakan adalah Methylene Blue (Metilena Biru).

5. Berikan juga garam ikan untuk meningkatkan kualitas air dalam wadah.

6. Berikan pompa udara ke dalam wadah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit lamanya.

7. Masukkan ikan mas koki yang tidak mau makan ke dalam wadah yang sudah diberikan berbagai macam ramuan.

8. Biarkan ikan berada dalam wadah selama 1 hari.

9. Lakukan pengecekan dan bersihkan air dengan mengikuti point 3 hingga 6 selama ikan masih belum membaik.

10. Saat ikan sudah terlihat lebih aktif, berikan pakan sedikit demi sedikit.


Setelah cara ini berhasil dilakukan dan ikan sehat kembali, hindari hal-hal yang bisa menyebabkan kesalahan berulang yang menyebabkan ikan jatuh sakit dan tidak mau makan. Penyebab dari ikan mas koki yang tidak mau makan seharusnya bisa dihindari apabila kita sudah mengetahuinya.


Penutup

Demikian informasi artikel mengenai Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Yang Tidak Mau Makan. Semoga dengan adanya artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda dan memberikan solusi yang tepat bagi ikan mas koki Anda yang sedang mengalami masalah. 

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata ataupun kalimat. Jangan lupa juga untuk membagikan konten artikel ini pada rekan-rekan sekitar agar mereka juga merasakan manfaat yang sama.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, jika ada pertanyaan mengenai isi dari artikel ini, bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar, ya.

Related Posts

Posting Komentar