Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Ikan Louhan Sedang Stress

Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Ikan Louhan Sedang Stress - Siapa yang tak kenal dengan ikan louhan? Louhan termasuk ke dalam kategori salah satu ikan hias, ikan hias yang memiliki ciri khas jenong pada bagian kepalanya ini banyak di pelihara dan di budidayakan. Ada kesenangan tersendiri saat memelihara ikan louhan ini, seperti membawa aura positif yang ditularkan.

foto: instagram @nifoto_

Berbicara mengenai ikan louhan, selain memiliki jenong pada bagian kepalanya, juga memiliki warna serta bentuk tubuh yang menarik siapapun yang melihatnya. Louhan memiliki banyak kombinasi perpaduan warna dengan corak bintik-bintik di sekujur tubuhnya, sangat terlihat cantik. 

Banyak juga yang menjadikan Louhan sebagai bisnis karena memang dinilai menjanjikan, harga dari 1 ekor Louhan dewasa saja bisa mencapai 3 juta lebih dan anakan Louhan di hargai sekitar 700 ribu lebih. Harga Louhan tergantung berdasarkan warna, jenis, dan jenong pada kepalanya. Sangat menggiurkan sekali bukan? Apakah Anda tertarik? Coba saja budidaya jika memang tertarik.

Untuk merawat ikan Louhan tentunya harus mempunyai ilmu pengetahuan dalam merawat terlebih dahulu agar pada saat masa-masa pemeliharaan berjalan dengan baik tanpa adanya kebingungan, terlebih pada saat ikan Louhan sedang sakit. Bagi pemula, disarankan untuk banyak bertanya pada orang yang lebih tahu atau membaca teknik perawatannya di internet.


Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Ikan Louhan Sedang Stress

Pada artikel kali ini kita akan kembali membahas mengenai ikan Louhan, tepatnya yaitu membahas tentang ciri-ciri dan cara mengatasi ikan Louhan yang sedang stress. Pembahasan kali ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang seorang breeder Louhan, jadi silahkan simak hingga akhir.

Menjadi seorang pembudidaya ikan Louhan tentunya harus tahu cara budidaya yang baik dan benar, seperti tahu pakan yang baik sesuai umur ikan, pengobatan saat sakit, dan mengetahui cara mengatasi ikan yang sedang stress, jadi tidak hanya asal merawat begitu saja.

Ikan Louhan yang sudah sedang mengalami stress mempunyai ciri-ciri yang bisa terlihat secara langsung, sehingga bisa langsung mengidentifikasi berdasarkan ciri-ciri yang muncul dari ikan Louhan.

Melihat hewan kesayangan stress akan membuat kita sedikit khawatir karena tingkah laku-nya sangat berbeda dari biasanya. Biasanya Louhan berenang bebas aktif, tiba-tiba menjadi pasif begitu saja.


Tanda-Tanda Ikan Louhan Sedang Stress

Ikan Louhan yang sedang stress disebabkan oleh berbagai faktor, berikut ini tanda-tanda ikan Louhan yang sedang mengalami stress :

  • Jenong pada ikan Louhan yang semula besar menjadi kempes.
  • Warna tubuh dari ikan memudar.
  • Diam di pojokan atau bersembunyi di sekitar aquarium.
  • Nafsu makan berkurang atau bahkan tidak mau makan.


Cara Mengatasi Ikan Louhan Sedang Stress

Setelah mengetahui tanda-tanda ikan Louhan yang sedang stress, selanjutnya perlu penanganan lebih lanjut ketika Louhan stress. Jangan pernah menganggap remeh ikan yang sedang mengalami stress, lakukan penanganan selagi masih awal karena akan semakin memperburuk keadaan ikan apabila didiamkan saja.

Lalu bagaimana cara mengatasi ikan Louhan yang sedang stress? Berikut ini adalah cara mengatasi ikan Louhan yang sedang stress :

  • Bersihkan aquarium dari kotoran yang ada di dalamnya.
  • Pastikan PH air aquarium normal.
  • Pastikan suhu air juga normal, sekitar 28 hingga 31 derajat.
  • Akan lebih baik apabila aquarium berukuran tinggi sekitar 80cm.
  • Berikan vitamin khusus agar nafsu makannya kembali.
  • Tutupi samping kiri dan kanan aquarium menggunakan kardus atau kertas, yang penting terhalangi dan di luar tidak terlihat.
  • Hindari sorot lampu karena akan membuatnya takut.
  • Puasakan Louhan selama 2 hari, setelah itu berikan pakan kembali. Masa-masa ini jangan terlalu sering melihat ikan Louhan di Aquarium kecuali pada saat memberi makan
  • Jika pakan tidak dimakan segera angkat dan bersihkan.


Penutup

Bagaimana? Apakah cukup jelas dengan penjelasan artikel diatas? Demikianlah akhir dari artikel mengenai Ciri-Ciri Ikan Louhan Yang Sudah Siap Dikawinkan. Semoga dengan adanya konten artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya. 

Terimakasih sudah mau berkunjung dan membaca artikel ini hingga akhir, jangan lupa untuk merekemondasikan dan membagikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau kalimat dalam penulisan artikel ini. 

Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini atau tentang ikan Louhan, silahkan tulis pertanyaan pada kolom komentar ya.

Related Posts

Posting Komentar