10+ Contoh Hewan Mamalia Yang Hidup di Air

10+ Contoh Hewan Mamalia Yang Hidup di Air - Hewan merupakan makhluk hidup yang ada di bumi ini selain manusia, mereka memiliki ekosistem mata rantai yang menyeimbangkan kehidupan. Setiap hewan bisa menjadi predator, bisa pula menjadi mangsa tergantung kondisinya.

foto: instagram @fadhelyanuar

Tidak seperti manusia, hewan mempunyai beragam jenis, bentuk, ras, dan golongan. Ada hewan yang bisa dipelihara (jinak) dan ada pula hewan yang tidak untuk dipelihara (buas). Akan sangat banyak sekali apabila di jabarkan satu persatu.

Apa yang Anda ketahui tentang Mamalia? Mamalia merupakan hewan yang menyusui anaknya. Hewan mamalia bisa kita jumpai di sekitar kita loh, hewan seperti kucing, sapi, kelinci, tikus kambing merupakan hewan mamalia yang ada di sekitar kita. 

Hewan mamalia tidak hanya hidup di darat saja, tapi ada juga hewan mamalia yang hidup di dalam air. Hewan mamalia yang hidup di dalam air pun sama bisa menyusui anaknya.


10+ Contoh Hewan Mamalia Yang Hidup di Air

Mungkin menjadi suatu pertanyaan juga mengapa hewan Mamalia bisa menyusui? Mamalia merupakan sebutan untuk hewan yang mempunyai tulang belakang (vertebrata) yang memiliki kelenjar susu, karena kelenjar susu inilah hewan dapat menyusui.

Salah satu hal yang unik, Mamalia yang hidup di dalam air akan lebih banyak berada di dalam air ketimbang di daratan.  Meskipun begitu, kadang-kadang juga muncul dari permukaan air ke daratan.

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai apa saja hewan mamalia yang hidup di air. Kira-kira apa saja ya? Silahkan simak hingga akhir artikel untuk mengetahui lebih lanjut.

Berikut ini merupakan 10+ contoh hewan mamalia yang hidup di dalam air :

1. Kuda Nil

Hewan besar satu ini termasuk ke dalam hewan mamalia loh, Kuda Nil dikenal sebagai hewan pemalas karena aktivitasnya lebih banyak hanya berdiam diri di dalam air saja. Kuda Nil akan berada di dalam air pada siang hari untuk menjaga tetap dingin. Hewan ini biasanya bisa kita jumpai secara langsung di kebun binatang.

Kuda nil termasuk ke dalam hewan herbivora (pemakan tumbuhan), makanan favorit Kuda Nil diantaranya rerumputan, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Kuda Nil memiliki mulut yang sangat besar dan memiliki gigitan yang sangat kuat. 


2. Lumba-Lumba

Hewan mamalia selanjutnya adalah Lumba-Lumba. Siapa yang tidak tahu dengan Lumba-Lumba? Hewan menggemaskan ini termasuk ke dalam kategori hewan mamalia. Meskipun terlihat seperti ikat, namun Lumba-Lumba bukan termasuk ke dalam keluarga ikan. 

Lumba-Lumba juga termasuk hewan yang cerdas dan pintar, hal ini dibuktikan dengan banyaknya aksi pertunjukan Lumba-Lumba di kebun binatang. Lumba-Lumba termasuk hewan karnivora (pemakan daging) dan dikenal buas di lautan sama halnya seperti hiu. Namun, hewan ini lebih dikenal ramah karena sering dikenalkan dalam pertunjukan.


3. Berang-Berang Laut

Berang-Berang Laut menjadi hewan selanjutnya yang masuk ke dalam hewan mamalia. Hewan kecil ini dikenal juga sebagai hewan mamalia terkecil di dunia. Hewan yang seringkali dibuat menjadi salah satu karakter film animasi ini memiliki berat 40kg untuk jantan, dan 27kg untuk betina.

Walaupun termasuk mamalia terkecil di dunia, Berang-Berang Laut juga dikenal cerdas. Dia mampu menggunakan berbagai benda di sekitarnya sebagai alat bantu, seperti sekedar memecahkan cangkang menggunakan batu. Berang-Berang laut sangat piawai dalam berenang, bahkan bisa juga menyelam selama beberapa menit lamanya.


4. Singa Laut

Hewan lainnya yang termasuk ke dalam hewan mamalia adalah Singa Laut. Hewan ini mungkin hanya bisa di jumpai di kebun binatang saja, Singa Laut termasuk dalam ordo karnivora (pemakan daging). Namun, Singa Laut dikenal tidak agresif pada manusia bahkan cenderung penasaran, tapi tetap harus berhati-hati juga.

Habitat asli Singa Laut berada di Pasifik Utara antara Asia dan Amerika Utara, tepian Amerika Selatan, Afrika Barat Daya, Australia Selatan dan kutub selatan.


5. Anjing Laut

Anjing Laut menjadi hewan selanjutnya yang masuk dalam kategori hewan mamalia. Hewan yang memiliki habitat asli di kutub utara atau tepian kutub selatan ini sekilas memang terlihat seperti singa laut, namun keduanya sangatlah berbeda dan tidak sama.

Awalnya, Anjing Laut termasuk dalam kategori Subordo Pinnipedia, akan tetapi sekarang telah berganti menjadi kategori superfamilia. Anjing Laut berordo karnivora (pemakan daging).


6. Paus

Paus menjadi salah satu mamalia terbesar sejauh ini yang ada di bumi. Paus mempunyai lubang yang berada diatas kepalanya, fungsinya untuk bernafas sama halnya seperti hidung pada manusia. Paus juga bernafas dengan paru-paru, sama seperti manusia. Paus bisa ditemukan di Lautan Samudera, sesekali hewan ini menampakkan diri ke permukaan.


7. Beruang Kutub

Beruang Kutub terkenal sebagai hewan yang buas, ia termasuk sebagai hewan pemakan daging (karnivora). Beruang Kutub termasuk dalam salah satu hewan mamalia. Habitat aslinya berada di Kutub Utara (Arktik). Mempunyai bulu berwarna putih, bulu yang tebal, gigitan yang tajam dan juga cakar yang kuat. 

Meskipun terkenal buas, Beruang Kutub menyusui anaknya dan berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya.


8. Dugong

Dugong atau yang juga dikenal dengan Ikan Duyung termasuk ke dalam salah satu mamalia yang hidup di dalam air. Meskipun dikenal dengan nama Ikan Duyung, namun faktanya Dugong atau Duyung bukanlah sejenis ikan. Dugong berkerabat dekat dengan manate, mampu hidup hingga mencapai usia 22 sampai 25 tahun.

Dugong menyusui anaknya dan disebut-sebut masih kerabat evolusi gajah.


9. Platipus

Mungkin kita jarang mendengar nama hewan ini, Platipus merupakan hewan mamalia dan termasuk langka. Pada umumnya, hewan mamalia berkembangbiak cenderung lebih banyak dengan cara melahirkan, sedangkan Platipus ini tidak melahirkan namun bertelur. Namun ia termasuk ke dalam mamalia karena menyusui anaknya.

Hewan yang memiliki moncong datar ini memiliki habitat asli di benua Australia, dan keunikan dari Platipus adalah tidak memiliki lambung. 


10. Manatee

Hewan yang masih berkeluarga dekat dengan Dugong ini termasuk dalam hewan mamalia. Manatee atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan sapi laut ini mempunyai ukuran badan yang besar dan dapat ditemukan di perairan pantai. Manate termasuk dalam hewan herbivora (pemakan tumbuhan).

Manatee berenang menggunakan ekornya sebagai dayung, kecepatannya bisa mencapai 8km /jam. Manatee dan Dugong memang terlihat sangat mirip namun berbeda.

Manate termasuk dalam keluarga Trichechidae.


Penutup

Demikianlah artikel tentang 10+ Contoh Hewan Mamalia Yang Hidup di Air. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya serta memberikan ilmu dan wawasan baru mengenai hewan mamalia. 

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini hingga akhir, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata ataupun kalimat artikel ini. Jangan lupa untuk merekomendasikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu, ya.

Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar. Anda juga bisa melakukan request pembuatan artikel dengan menuliskannya di kolom komentar.

Related Posts

Posting Komentar