Entri Populer

Perbedaan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina Yang Paling Mencolok

Posting Komentar

Perbedaan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina Yang Paling Mencolok - Hewan merupakan makhluk hidup yang sama seperti halnya manusia namun hewan tidak memiliki akal dan pikiran, akan tetapi hewan memiliki kecerdasan. Hewan banyak dijadikan peliharaan oleh manusia untuk menjadi teman atau sahabat, salah satunya adalah kura-kura.

foto: instagram @chan_aquatic

Berbicara tentang kura-kura, siapa yang tak kenal dengan hewan satu ini? Kura-kura terkenal memiliki cangkang yang sangat keras sebagai rumah dan tempat pertahanan diri atau tempat berlindung dari predator yang mengincarnya.

Selain cangkangnya yang keras, kura-kura berjalan dengan sangat lambat. Ciri khas lainnya pada kura-kura, biasanya terdapat gambar motif dan warna unik yang terlihat pada belakang cangkangnya. 

Ada beberapa jenis kura-kura yang bisa dipilih untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan, setiap jenis tentunya memiliki perbedaan masing-masing. Salah satu jenis kura-kura yang cukup populer di Indonesia adalah kura-kura brazil.


Mengenal Kura-Kura Brazil

Seperti pada judul artikel ini, kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan jenis kelamin kura-kura. Untuk membedakan antara kura-kura brazil jantan atau betina mungkin akan terasa mudah bagi orang yang sudah mengetahui dan terjun pada bidang tersebut.

Seperti namanya, kura-kura brazil berasal dari Amerika Serikat bagian selatan, ciri utama dari hewan ini adalah memiliki warna hijau dan kuning. Kura-kura brazil dapat hidup di lingkungan manapun karena memiliki daya tahan yang sangat kuat. Harga kura-kura brazil yang dijual pun cukup murah sekitar 20 sampai 35 ribu untuk ukuran anakan.

Namun bagaimana bagi cara membedakan jenis kelamin kura-kura brazil bagi para pemula ataupun orang awam? Mungkin bagi sebagian orang awam, membedakan jenis kelamin kura-kura brazil sedikit membingungkan karena jika dilihat sekilas memang terlihat sama secara kasat mata.

Lantas apa yang membedakan kura-kura brazil jantan dengan betina? Untuk mengetahui hal itu, mari baca dan simak secara mendalam perbedaan antara kura-kura brazil jantan dan betina hingga akhir artikel ini.


Perbedaan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina Yang Paling Mencolok

Kura-kura brazil banyak di perjualbelikan di pasar-pasar Indonesia. Ukuran yang biasanya dijual di pasaran sangatlah kecil dan biasanya pembeli dari kura-kura brazil ini adalah anak-anak. Sehingga, untuk membedakan antara jenis kelamin kura-kura brazil ini dirasa sulit bagi anak-anak.

Untuk membedakan antara kura-kura jantan dan betina sebetulnya cukup mudah dan dapat terlihat langsung oleh mata. Perbedaannya terdapat pada ciri-ciri fisiknya yang terlihat berbeda dan sangat mencolok perbedannya. 

Berikut ini perbedaan kura-kura brazil jantan dan betina :

1. Kuku

Kura-kura diketahui mempunyai kuku yang cukup tajam apabila terkena cakarannya. Kuku antara kura-kura jantan dan kura-kura betina ternyata memiliki perbedaan satu sama lain. Perbedaan inilah yang dapat dijadikan parameter untuk membedakan jenis kelamin dari kura-kura.

Kura-kura brazil jantan mempunyai kuku yang relatif lebih panjang dibandingkan dengan kura-kura betina, selain itu kuku kura-kura jantan lebih tajam dibandingkan dengan kura-kura betina.  

Perbedaan tersebut bisa terlihat jelas oleh mata dan dapat di cek secara langsung melalui bentuk fisiknya. 


2. Ekor

Selanjutnya, perbedaan kura-kura jantan dan betina dapat terlihat dari ekornya. Kura-kura memiliki ekor seperti halnya hewan lainnya namun tidak sepanjang hewan seperti kucing, monyet, anjing, dan lainnya.

Kura-kura jantan mempunyai ekor yang lebih panjang dan lebih tebal dibandingkan dengan kura-kura betina yang memiliki ekor yang pendek dan tipis

Kura-kura jantan memiliki ekor yang lebih panjang dan tebal karena terdapat alat kelamin didalam ekornya. 


Kloaka :

Selain itu, perbedaan lainnya dapat terlihat dari kloaka yang berada pada ekor kura-kura. Kloaka merupakan lubang saluran kotoran yang berada dibawah ekor. 

Kura-kura jantan dan betina memiliki bentuk kloaka yang berbeda dan ini bisa dijadikan juga sebagai penanda untuk membedakan jenis kelamin kura-kura. 

Kloaka kura-kura jantan mempunyai ukuran lebih panjang dan membelah di bagian tengah. Kloaka kura-kura jantan letaknya berada di hampir ujung ekornya. Sedangkan, kloaka kura-kura betina mempunyai bentuk yang nampak bulat dan sangat berbeda dengan kloaka kura-kura jantan, letaknya berada di dekat tubuhnya dan hampir tidak terlihat karena letaknya yang berada dekat dengan cangkang. 

  

3. Plastron

Bagian tubuh lainnya yang membedakan antara kura-kura brazil jantan dan betina adalah Plastron. Kata plastron ini mungkin tampak asing ditelinga kita, Plastron merupakan bagian yang berada dibalik cangkang kura-kura.

Kura-kura jantan memiliki bentuk plastron yang berbentuk cekung, sedangkan kura-kura betina memiliki bentuk plastron yang bulat atau bundar.

Untuk melihat bentuk plastron dengan jelas, balikkan tubuh cangkang kura-kura. Harap berhati-hati pada saat mengangkat tubuh kura-kura karena kura-kura tidak suka tubuhnya diangkat dan akan berusaha untuk menggigit tangan yang mengangkatnya. 


Penutup

Sekian akhir dari artikel Perbedaan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina Yang Paling Mencolok. Semoga dengan adanya konten artikel ini bisa lebih tahu tentang kura-kura brazil dan bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau kalimat dalam penulisan isi artikel ini. 

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca hingga akhir. Jangan lupa untuk merekomendasikan dan membagikan konten artikel ini pada rekan-rekan sekitar. Jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan seputar isi dari artikel, silahkan tuliskan pertanyaan pada kolom komentar dibawah.

Related Posts

Posting Komentar