Entri Populer

Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri Kucing Jantan Sedang Birahi

Posting Komentar

Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri Kucing Jantan Sedang Birahi - Kucing merupakan salah satu hewan lucu dan menggemaskan yang paling sering kita jumpai di lingkungan sekitar, kucing menjadi hewan yang sudah sangat tidak asing lagi di mata kita karena saking seringnya melihat hampir di setiap hari. Kucing yang sering kita lihat di sekitar lingkungan adalah ras kucing kampung.

foto: instagram @okiiiiiii

Kucing dengan ras kucing kampung ini merupakan kucing liar yang berpindah-pindah tempat dari satu tempat ke tempat lain dan biasanya tidak ada yang memilikinya. Meskipun begitu, tidak ada bedanya sifat yang dimiliki kucing liar dengan kucing yang memang sengaja dirawat di rumah.

Memelihara kucing sebagai hewan peliharaan menjadi hobi yang menyenangkan, disamping karena bentuk wajah serta bulunya yang lucu dan menggemaskan, juga memiliki tingkah laku yang sangat unik yang membuat siapapun ingin merawatnya.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis ras kucing yang bisa Anda rawat untuk di pelihara di rumah. Kucing bisa menjadi teman bermain Anda dirumah dikala kepenatan melanda, bermain-main dengan kucing pun dapat menghilangkan kepenatan sementara.

 

Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri Kucing Jantan Sedang Birahi

Sama seperti makhluk hidup lainnya, kucing juga memiliki dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina. Kucing jantan dan betina memiliki perbedaan yang sangat mencolok dari bentuk fisiknya, perbedaannya sangat jelas terlihat oleh mata secara langsung. Misalnya seperti kucing jantan yang memiliki kelamin yang menggantung di bagian bawah ekor sedangkan betina tidak memilikinya.

Kucing jantan bertindak lebih agresif dibandingkan dengan kucing betina, apalagi ketika masuk pada masa-masa musim kawin. Pada musim kawin, kucing jantan akan keluar berkeliling mencari kucing betina untuk melampiaskan nafsu birahinya.

Apabila Anda hanya memiliki satu ekor kucing jantan saja di rumah, pasti akan mengetahui perbedaannya pada saat memasuki musim kawin. Tingkah laku dari kucing jantan akan sangat berbeda dari biasanya dari sebelum musim kawin dan setelahnya.

Saat memasuki musim kawin, kucing jantan akan keluar berkeliaran mencari betina untuk menyalurkan birahinya. Jika hanya memiliki kucing jantan di rumah, akan lebih baik di liarkan terlebih dahulu pada musim kawin, karena jika tidak kucing bisa mengalami stres dan itu akan berdampak buruk bagi kesehatannya.


Tanda-Tanda Kucing Jantan Sedang Birahi

Adapun tanda-tanda yang bisa dilihat dari kucing jantan yang sedang birahi, berikut ini tanda-tandanya :

1. Gelisah

Kucing jantan yang sedang birahi akan terlihat tampak gelisah. Kucing yang biasa berada didalam rumah dan tidak pernah keluar, pada musim kawin akan mengalami kegelisahan karena ingin mencari lawan jenisnya diluar rumah.

Kegelisahan kucing akan terlihat saat kucing mondar-mandir ke pintu keluar ataupun mencari cara untuk keluar dari rumah, seperti memanjat lemari, memanjat jendela, ataupun cara lainnya.

Pada musim kawin tiba, sebagai majikan mau tidak mau perlu membiarkan kucing untuk keluar rumah agar birahinya tersampaikan pada kucing betina. Atau, bisa juga menggunakan jasa pacak kucing yang biasanya ada di pet shop.

Selain itu, bisa juga melakukan steril pada kucing untuk menekan kelebihan populasi kucing di lingkungan sekitar.  


2. Kencing Sembarangan

Tanda lainnya dari kucing jantan yang sedang birahi adalah kencing sembarangan atau Spraying. Hal tersebut dilakukan oleh kucing bukan tanpa alasan, kucing melakukan kencing sembarangan di sekitar rumah itu untuk menandai suatu wilayah sebagai kekuasaannya. Hal itu juga yang akan menggiring kucing betina untuk kawin.

Namun, kucing yang melakukan kencing sembarangan ini tidak hanya di sekitar rumah, akan tetapi juga di dalam rumah. Bau kencing dari kucing yang sangat menyengat dan tidak sedap. Maka dari itu, hal tersebut yang menjadi alasan sterilisasi kucing bagi sebagian orang.


3. Sering Berkeliaran Keluar Rumah dan Kadang Tidak Pulang

Pada saat musim kawin tiba, kucing akan lebih sering berkeliaran keluar rumah dan kadang-kadang tidak pulang ke rumah. Kondisi tersebut sangatlah lumrah terjadi ketika pada musim kawin tiba dan tidak perlu kaget dengan hal tersebut karena itu merupakan tanda-tanda kucing jantan sedang birahi.

Akan tetapi tetap saja akan muncul ke khawatiran dari sang majikan apabila kucing kesayangan kita tidak pulang ke rumah. Apabila tidak ingin kucing berkeliaran pada saat musim kawin, seperti yang sebelumnya di bahas, Anda bisa menggunakan jasa pacak kucing di pet shop terdekat.

Kucing yang terlalu lama berkeliaran diluar rumah beresiko tertular penyakit dari lingkungan yang kotor atau kucing lain yang sedang sakit, selain itu bisa juga terdapat luka-luka yang didapat dari perkelahian dengan kucing jantan lain.


4. Agresif

Kucing jantan yang sedang birahi akan lebih agresif daripada biasanya. Dalam keadaan normal, kucing biasanya agresif dan ketika dalam masa-masa musim kawin akan terlihat lebih agresif pada saat mendekati kucing betina.

Keagresifan kucing jantan di tunjukkan pada saat kawin dengan mengigit bagian belakang leher (tengkuk) dan menindih badan dari kucing betina. 

Kucing jantan yang sedang birahi juga akan lebih sering menggarukkan badannya daripada dalam keadaan normal (bukan musim kawin).


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri Kucing Jantan Sedang Birahi. Semoga dengan adanya postingan konten artikel ini bisa memberikan suatu informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata ataupun kalimat dalam penulisan isi dari artikel ini.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu. Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini ataupun request tentang artikel yang ingin dibahas, bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Related Posts

Posting Komentar