Entri Populer

Penyebab dan Cara Mengobati Ikan Mas Koki Yang Berenang Terbalik

Posting Komentar

Penyebab dan Cara Mengobati Ikan Mas Koki Yang Berenang Terbalik - Berbicara mengenai ikan hias, tentunya kita pasti mengenal dengan ikan mas koki. Ikan mas koki salah satu ikan hias yang cukup populer di Indonesia, banyak orang yang memelihara ikan hias ini di rumahnya.

foto: instagram @adteng_goldfish

Ada beragam alasan untuk memelihara ikan mas koki, misalnya sebagai bisnis berbudidaya, senang dengan warna dan unik, dipercaya membawa keberuntungan oleh sebagian orang, ataupun alasan-alasan lainnya yang membuat orang tertarik untuk memeliharanya.

Dari segi bentuk tubuhnya, ikan mas koki memiliki bentuk yang gempal, ekor yang bercabang, dan bentuk tubuh yang relatif kecil atau pendek. Hal itu juga menjadi salah satu daya tarik yang cukup tinggi dan menjadi alasan untuk memelihara ikan mas koki.

Perawatan ikan mas koki cukup mudah dan masih sama seperti merawat jenis ikan lainnya secara umum, seperti memberikan pakan yang bergizi, memberikan vitamin tambahan, serta memperhatikan kualitas air aquarium.


Penyebab Ikan Mas Koki Yang Berenang Terbalik

Meskipun perawatannya dapat dikatakan cukup mudah, namun terdapat juga beberapa permasalahan yang seringkali timbul pada saat masa perawatan ikan hias ini. Berbagai macam masalah pada ikan mas koki seringkali muncul, salah satunya adalah ikan yang berenang secara terbalik.

Tentunya ikan mas koki yang berenang terbalik ini terjadi bukan tanpa sebab, pasti ada penyebab yang menjadikan ikan hias tersebut menjadi seperti itu. Hal ini banyak terjadi karena kurangnya perhatian pada ikan, sehingga terjadi masalah seperti itu.

Lantas apa yang menyebabkan ikan mas koki ini berenang secara terbalik? Penyebab ikan mas koki yang berenang secara terbalik disebabkan karena masalah pencernaan, tepatnya dikarenakan banyaknya gas yang berada dalam perut ikan sehingga ikan akan mengapung. 

Pemberian makan yang berlebihan menjadi penyebab utama ikan mas koki berenang secara terbalik, ditambah pakan yang diberikan adalah pelet terapung. Banyaknya pakan yang dimakan oleh ikan akan menjadikan bakteri berkembang biak didalam saluran pencernaan dan melepaskan gas-gas yang menyebabkan ikan mengapung dan berenang secara terbalik.


Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Yang Berenang Terbalik

Disaat ikan mas koki terlihat berenang terbalik, perlu penanganan lebih lanjut agar ikan dapat kembali berenang dengan normal. Jangan menganggap remeh ikan berenang secara terbalik karena keadaan seperti itu bisa menyebabkan kematian pada ikan jika didiamkan terlalu lama.

Maka dari itu, akan lebih baik ditangani segera agar ikan bisa kembali normal. Lalu bagaimana cara mengatasi ikan mas koki yang berenang secara terbalik?

Untuk cara mengatasinya, bisa simak langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Puasakan ikan selama beberapa hari hingga sembuh

Dalam tahap untuk proses penyembuhan ikan mas koki yang berenang terbalik, puasa adalah cara yang paling efektif hingga saat ini. Dengan melakukan puasa selama beberapa hari, gas-gas yang sebelumnya muncul melalui pakan akan berkurang sehingga kondisi dari ikan mas koki akan berangsur lebih baik. 

Berikan pakan apabila kondisi dari ikan mas koki sudah berenang secara normal kembali.


2. Berikan pakan kacang-kacangan yang berserat tinggi

Cara selanjutnya untuk mengatasi ikan mas koki yang berenang secara terbalik adalah dengan memberikan pakan kacang-kacangan yang berserat tinggi. Pakan tersebut akan membuat masalah pencernaan pada ikan menjadi lebih baik karena mengandung serat tinggi.

Jenis kacang-kacangan yang bisa diberikan pada ikan yang sedang mengalami berenang secara terbalik yaitu kacang polong, biji kacang kapri, ataupun kacang-kacangan berkulit yang tinggi akan serat. Kacang polong menjadi rekomendasi karena memiliki bentuk yang relatif lebih kecil sehingga akan lebih mudah untuk dimakan oleh ikan.


3. Berikan pakan secukupnya dan tidak berlebihan

Memberikan pakan secara berlebihan tidak membuat ikan menjadi baik, malah sebaliknya membuat ikan menjadi berenang secara terbalik. Agar tidak terjadi kejadian serupa di masa yang akan datang, berikan ikan mas koki pakan secukupnya dan tidak berlebihan. 

Pada saat memberikan pakan yang berlebihan, terkadang ada pakan yang tidak dimakan tetapi pakan tersebut sewaktu-waktu dapat dimakan oleh ikan, pakan yang sudah terlalu lama mengambang di air akan ditumbuhi bakteri yang dapat mengeluarkan gas saat dimakan oleh ikan. Oleh karena itu, berikan pakan secukupnya saja.


Penutup

Sekian artikel yang bisa ditulis tentang Penyebab dan Cara Mengobati Ikan Mas Koki Yang Berenang Terbalik. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya dan diberikan kesembuhan pada ikan mas koki yang berenang secara terbalik.

Mohon maaf jika ada kesalahan kata atau kalimat dalam penulisan artikel, jangan lupa juga untuk merekomendasikan artikel ini pada rekan sekitarmu atau bisa juga share ke media sosial milikmu.

Apabila ada pertanyaan seputar isi dari konten artikel ini, silahkan tanyakan saja pada kolom komentar yang ada dibawah ini.

Related Posts

Posting Komentar