Entri Populer

4+ Pakan Burung Merpati Agar Cepat Gemuk

Posting Komentar

4+ Pakan Burung Merpati Agar Cepat Gemuk - Siapa yang tak tahu dengan Merpati? Burung merpati menjadi salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara oleh manusia. Burung ini juga seringkali kita jumpai di sekitar lingkungan rumah dan sudah tersebar di berbagai wilayah.

foto: instagram @brieftauben__color_pigeons

Di Indonesia sendiri, burung merpati sudah sangat populer. Hal ini terbukti dari banyaknya kompetisi atau perlombaan merpati dan seringkali ditemukan di sekitar kita. Burung merpati yang memenangkan perlombaan akan memiliki nilai jual yang tinggi.

Orang yang merawat burung merpati tak kenal golongan dan usia, baik anak-anak hingga orang dewasa sekalipun ikut memelihara merpati di halaman rumahnya. Harga jual dari merpati sendiri berada di kisaran sekitar Rp. 50.000 - 600.000 tergantung dari burungnya.

Ada berbagai alasan mengapa banyak yang memilih merpati sebagai hewan peliharaan, salah satu alasannya merpati tergolong burung yang pintar karena mampu mengingat sarang dan bisa kembali ke sarang dengan sendirinya meskipun jaraknya cukup jauh. 


Pakan Merpati Agar Cepat Gemuk

Sebagai kicau mania, tentunya kita ingin burung merpati yang kita rawat tumbuh sehat dan normal tanpa adanya kendala. Perawatan merpati yang baik akan menghasilkan pertumbuhan merpati yang baik pula.

Pertumbuhan merpati ini didasari dari pakan dan minuman yang diberikan pada burung. Jika pakan dan minuman yang diberikan berkualitas, maka hasil yang didapatkan pun akan semakin maksimal dan burung akan tumbuh dengan baik.

Baca Juga :

Sebaliknya, apabila pakan yang diberikan tidak berkualitas makan pertumbuhan dari burung pun akan sedikit lambat. Pemberian pakan yang berkualitas akan membuat burung merpati cepat gemuk. Nah, ternyata ada pakan yang dapat membuat burung merpati cepat gemuk.

Pakan merpati ini dapat membuat merpati cepat gemuk dibandingkan dengan pakan yang lain. Kira-kira apa saja sih pakan yang bikin merpati jadi cepet gemuk? Untuk mengetahuinya, silahkan simak artikel ini sampai akhir ya. 


Pakan Burung Merpati Supaya Cepat Gemuk

1. Jagung

Jagung merupakan pakan yang paling disukai oleh burung merpati dibandingkan dengan pakan biji-bijian yang lain. Jagung juga dikenal sebagai pakan yang paling sering diberikan oleh para kicau mania pada merpati.

Jagung mempunyai kandungan karoten yang sangat baik untuk pertumbuhan burung dan seringkali digunakan sebagai pakan utama burung.   


2. Pakan Pur / Voer Ayam Pedaging

Pakan pur/voer ayam pedaging juga menjadi salah satu pakan burung merpati yang bikin cepat gemuk. Selain jagung, pakan voer juga seringkali digunakan sebagai pakan utama burung merpati.

Kandungan dari voer sangat baik sehingga pertumbuhan dari burung merpati bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik.


3. Beras Merah

Pakan selanjutnya yang dapat mempercepat merpati gemuk adalah beras Merah. Beras merah banyak dijadikan pakan oleh para kicau mania agar merpati yang dimilikinya cepat gemuk. 

Beras merah cukup baik untuk dijadikan sebagai pakan, namun banyak juga yang menjadikan pakan ini sebagai pakan sampingan atau pelengkap. 


4. Kacang Hijau

Terakhir ada kacang hijau, kacang hijau juga banyak di manfaatkan menjadi pakan burung merpati. Meskipun tidak sebaik jagung, kacang hijau termasuk pakan yang dapat membuat merpati cepat gemuk. 


Racikan Pakan Merpati Agar Cepat Gemuk dan Sehat

Berikut ini racikan pakan untuk burung merpati agar cepat gemuk :

  • Jagung : 60%
  • Pur/Voer : 25%
  • Kacang Hijau : 7.5%
  • Beras Merah : 7.5%

Racikan diatas bisa dikombinasikan atau dicampur untuk pakan burung merpati setiap dua kali dalam sehari (pagi dan sore hari).


Penutup

Bagaimana? Sekarang sudah tahu kan pakan dari burung merpati yang bikin cepat gemuk. Demikianlah artikel mengenai 4+ Pakan Burung Merpati Agar Cepat Gemuk. Semoga dengan ditulisnya konten artikel ini, dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta memberikan edukasi wawasan baru mengenai burung merpati.

Terimakasih sudah membaca dan mengunjungi website ini, mohon maaf apabila terdapat kalimat ataupun kata yang kurang baik dalam penulisan artikel ini. Jangan lupa share dan rekomendasikan konten pada website ini kepada teman atau rekan sekitarmu ya. 

Related Posts

Posting Komentar

close