Entri Populer

4+ Manfaat Jagung Untuk Burung Merpati

Posting Komentar
4+ Manfaat Jagung Untuk Burung MerpatiMemelihara burung merpati sudah menjadi hal umum di Indonesia khususnya di sekitar lingkungan kita, maka dari itu kita akan dengan mudah dan sering melihat merpati di sekitar kita.

foto: instagram @brieftauben__color_pigeons

Memelihara merpati sudah menjadi hobi bagi sebagian orang, baik anak-anak hingga orang dewasa pun ikut meramaikan tanpa pandang usia. Banyaknya orang yang memelihara burung merpati disebabkan oleh berbagai macam faktor


Ada berbagai faktor yang memicu untuk memutuskan memelihara burung merpati, salah satu faktornya adalah lingkungan. Faktor lingkungan sekitar yang notabene kebanyakan memelihara burung merpati bisa mempengaruhi dan mendorong seseorang untuk ikut memelihara burung merpati.

Sebagai kicau mania yang memiliki burung merpati, tentunya ingin merpati yang kita rawat mempunyai pertumbuhan yang sehat dan bagus. Pertumbuhan yang baik pada burung merpati tidak terlepas dari cara kita merawatnya, entah itu dari makanan yang diberikan ataupun dari hal lain.

Manfaat Jagung Untuk Merpati

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pertumbuhan dari burung merpati sangat dipengaruhi dari pakan yang diberikan. Pakan yang berkualitas akan menghasilkan pertumbuhan yang maksimal pada burung merpati dan sebaliknya jika pakan yang diberikan berkualitas buruk maka pertumbuhan burung merpati pun akan lambat. 

Pakan yang sering diberikan pada burung merpati adalah biji jagung kristal. Jagung merupakan makanan yang paling disukai oleh merpati, bentuknya yang kecil namun padat mungkin menjadi alasan mengapa burung merpati sangat menyukainya. 

Baca Juga :

Selain karena burung merpati menyukainya, ternyata jagung mempunyai kandungan yang sangat baik untuk burung merpati. Kandungan pada jagung ini sangat baik untuk pertumbuhan tubuh burung merpati.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat jagung untuk burung merpati. Nah, kira-kira apa saja ya manfaat jagung untuk merpati ini? Untuk mengetahuinya, silahkan simak dan ikuti hingga akhir artikel.

Kandungan dan Manfaat Jagung Untuk Burung Merpati

1. Menambah Berat Badan
Jagung sebagai pakan utama burung merpati memang sudah tidak diragukan lagi kandungan dan khasiat yang ada didalamnya. Salah satu manfaat dari jagung untuk burung merpati adalah menambah berat badan.

Memberikan pakan dengan jenis lain memang bisa memberikan efek menambah berat badan juga, akan tetapi dengan kandungan kalori dan karbohidrat yang dimiliki oleh jagung akan membuat pertumbuhan dari burung merpati jauh lebih cepat.

2. Meningkatkan Stamina
Selain menambah berat badan, jagung juga mempunyai manfaat bagi burung merpati untuk meningkatkan stamina. Jagung terdapat kandungan karbohidrat yang cukup baik untuk menambah stamina burung, hal ini juga banyak diketahui oleh para kicau mania yang sering mengikuti kontes perlombaan.

Para burung merpati biasanya akan diberikan pakan jagung sebelum perlombaan untuk menambah stamina.

3. Memperkuat Tulang
Manfaat lainnya dari jagung untuk merpati adalah memperkuat tulang. Kandungan nutrisi dari jagung seperti zat besi, fosfor, magnesium dan zat tembaga akan memperkuat tulang-tulang pada tubuh burung merpati. 

Akan sangat bagus apabila burung merpati mempunyai tulang yang kokoh, khususnya bagi sang pejantan.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Terakhir, manfaat dari jagung untuk burung merpati yaitu meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain mempunyai kandungan karbohidrat dan nutrisi yang sangat tinggi, jagung juga mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi.

Serat ini akan berdampak positif bagi organ pencernaan dari burung merpati, sehingga apabila jagung sering dikonsumsi akan meningkatkan kesehatan pencernaan organ tubuh burung merpati.

Penutup

Wah, ternyata cukup banyak ya manfaat dari jagung untuk burung merpati. Sekian konten artikel yang bisa ditulis mengenai 4+ Manfaat Jagung Untuk Burung Merpati. Semoga dapat memberikan edukasi yang bermanfaat dengan adanya artikel ini dan memberikan wawasan baru tentang burung merpati.

Terimakasih sudah membaca dan mengunjungi website ini, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kalimat ataupun kata di artikel ini. Jangan lupa untuk merekomendasikan konten ini pada rekan-rekan disekitarmu ya agar merekapun dapat merasakan manfaat yang sama.

Jika ada pertanyaan seputar isi dari pembahasan artikel, silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah ini.

Related Posts

Posting Komentar

close