Entri Populer

5+ Cara Mengobati Kelinci Mencret Tidak Mau Makan

Posting Komentar

5+ Cara Mengobati Kelinci Mencret Tidak Mau Makan - Siapa yang tidak tahu dengan kelinci? Hewan yang sangat imut dan menggemaskan ini banyak dipelihara oleh manusia, kelinci termasuk hewan yang sangat jinak sehingga cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dirumah.

foto: instagram @petandpetlovers

Ciri khas dari kelinci adalah telinganya yang panjang, telinga kelinci mempunyai pendengaran yang sangat baik dan tajam. Salah satu alasan mengapa banyak orang memelihara kelinci yaitu bentuknya yang menggemaskan dan mempunyai bulu yang sangat cantik.

Warna dari bulu kelinci sangatlah beragam, ada yang berwarna putih, abu-abu, hitam, corak putih-hitam dan warna lainnya. Namun, meskipun terdapat banyak warna, setiap warna apapun dari kelinci tetap menggemaskan untuk dilihat.

Menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan bukanlah sesuatu yang sulit, perawatan serta pemeliharaan dari kelinci pun tergolong mudah. Pada pet shop di lingkungan sekitar pun sudah tersedia makanan kelinci yang bisa dibeli.


Penyebab Kelinci Mencret Tidak Mau Makan

Perawatan dalam memelihara kelinci memanglah mudah, namun jika kita salah dalam merawat kelinci bisa mengakibatkan kelinci sakit. Tentunya sebagai pemilik dari kelinci akan sangat khawatir apabila hewan peliharaan kesayangan kita jatuh sakit.

Kelinci yang sakit bisa terjadi karena berbagai macam faktor, faktor tersebut diantaranya :

  • Faktor makanan
  • Faktor cuaca yang tak menentu
  • Faktor virus/bakteri
  • Faktor lingkungan sekitar (kandang)
  • Faktor stress
Faktor diatas bisa menjadi faktor penyebab kelinci sakit, penyakit yang muncul pada kelinci pun cukup beragam. Salah satu penyakit yang kerap kali muncul pada kelinci adalah Kelinci mencret dan tidak mau makan. 

Ketika kelinci sedang sakit, biasanya akan terlihat sangat berbeda dengan ketika kelinci sedang sehat. Perbedaan inilah yang juga dijadikan sebagai acuan untuk mendiagnosa penyakit yang muncul pada kelinci.

Cara Mengatasi Kelinci Mencret Tidak Mau Makan

Kelinci yang mengalami mencret dan tidak mau makan harus cepat segera diatasi agar kembali sehat. Untuk mengobati kelinci yang sedang mencret tidak mau makan, bisa mencoba tips-tips dibawah ini.

Berikut ini tips cara mengatasi kelinci mencret tidak mau makan :
1. Berikan Pakan Daun Jambu Biji
Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelinci yang sedang mencret tidak mau makan adalah dengan memberikan pakan daun jambu biji. Daun jambu biji mempunyai kandungan senyawa aktif yang baik untuk mengatasi diare (mencret) pada kelinci.

Hal ini juga terbukti dengan banyaknya para pemilik kelinci yang juga mencoba cara ini untuk mengobati kelincinya yang mengalami diare (mencret). Oh iya, berikan pakan daun jambu biji ini ketika kelinci sudah benar-benar terlihat mencret saja ya.

2. Berikan Abu Gosok
Cara lainnya yang bisa dicoba untuk mengatasi kelinci mencret adalah dengan memberikan abu gosok di sekitar anus kelinci dan menaburkan abu gosok di sekitar kandang kelinci. Dengan cara ini, diare yang sedang terjadi pada kelinci akan berhenti dengan cepat.

Cara ini pun sudah banyak dilakukan oleh teman-teman pecinta kelinci dan terbukti bisa berhasil.

3. Jangan Sering Memberi Makan Wortel
Wortel ternyata makanan yang kurang baik bagi kelinci, meskipun kita sering melihat di film kartun yang menampilkan kelinci memakan wortel, tapi wortel sebetulnya bukanlah makanan alami dari kelinci.

Wortel memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, hal ini tentunya tidaklah baik apabila terlalu sering memberikan wortel pada kelinci. Wortel juga membuat kelinci menjadi cepat gemuk. 

Di alam liar, makanan alami dari kelinci adalah rumput dan buah-buahan yang berada di dekat tanah.

4. Berikan Pakan Daun Pepaya Kering dan Daun Pisang
Selain daun jambu biji, daun pepaya kering dan daun pisang juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati kelinci yang sedang mencret atau diare. Daun pepaya kering dan daun pisang mempunyai kandungan yang sangat baik untuk kelinci.

Daun pepaya kering dan daun pisang pun seringkali digunakan sebagai makanan utama kelinci oleh sebagian orang karena bisa mencegah terjadinya mencret atau diare.

Berikan pakan ini pada pagi dan sore hari secara rutin.

5. Pindahkan Kelinci Yang Sakit
Kelinci yang sedang sakit diare berpotensi menularkan penyakitnya ke kelinci yang sedang sehat. Penularan dari kelinci yang sedang sakit sangatlah cepat, oleh karena itu kelinci yang sedang sakit harus dipisahkan dengan kelinci yang sehat.

Selain itu, bersihkan kandang dengan cairan disinfektan untuk membunuh virus dan bakteri yang ada di kandang. 


Penutup

Sekian artikel yang bisa ditulis mengenai 5+ Cara Mengobati Kelinci Mencret Tidak Mau Makan. Semoga dengan adanya postingan artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta memberikan wawasan ilmu baru tentang dunia kelinci.

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga akhir, mohon maaf jikalau terdapat kata-kata atau kalimat yang kurang berkenan dalam penulisan artikel ini. Apabila konten ini memiliki informasi yang bermanfaat, silahkan bagikan dan rekomendasikan konten kami pada rekan-rekan disekitarmu.

Related Posts

Posting Komentar

close