Entri Populer

3+ Cara Mengatasi Ikan Cupang Yang Tidak Mau Makan

Posting Komentar

3+ Cara Mengatasi Ikan Cupang Yang Tidak Mau Makan - Keberadaan hewan sebagai makhluk hidup di muka bumi ini sangatlah penting, hewan bisa hidup berdampingan dengan manusia sebagai teman setia yang menemani sebagai hewan peliharaan.

foto: instagram @linealbettafish_

Ada berbagai macam faktor yang menjadi alasan manusia memelihara hewan sebagai peliharaan. Salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia adalah ikan cupang, ikan cupang ini mempunyai daya tarik yang khas yaitu warna cantik pada tubuhnya.

Meskipun ikan ini hanya memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil bila dibandingkan dengan ikan hias lainnya, tidak menjadi kekurangan bagi sebagian orang. Malahan bagi sebagian orang, dengan ukuran tubuhnya yang kecil menambah kesan unik pada ikan cupang ini. 

Di Indonesia, penggemar ikan cupang cukup banyak dan dari berbagai kalangan. Usia muda hingga tua ikut meramaikan percupangan di Indonesia. Ada yang menjadikan ikan cupang sebagai hobi saja, ada juga yang menjadikan ikan cupang sebagai bisnis budidaya. 


Penyebab Ikan Cupang Yang Tidak Mau Makan

Merawat ikan cupang tidak begitu sulit dan cukup mudah, akan tetapi perawatan yang salah akan menyebabkan berbagai masalah pada ikan. Salah satu masalah yang seringkali muncul pada ikan cupang adalah ikan cupang yang tidak mau makan. 

Ikan cupang yang tidak mau makan membuat kita sebagai owner khawatir, ikan cupang yang tidak mau makan tentunya terindikasi adanya masalah pada dirinya. Hal ini tentunya harus segera diatasi dan jangan didiamkan begitu saja.

Baca Juga :

Kondisi ikan cupang yang tidak mau makan terjadi karena adanya faktor yang mempengaruhi, faktor tersebut bisa terjadi karena stres, makanan membusuk atau hal lainnya. Agar kondisi ikan kembali normal, kita harus mengatasi masalah tersebut dengan beberapa cara. 

Ketika ikan cupang kita mengalami kejadian seperti ini, jangan terlalu khawatir. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan cukup mudah, bagaimana cara mengatasinya? Berikut cara mengatasinya.


Cara Mengatasi Ikan Cupang Yang Tidak Mau Makan

1. Ganti Air

Ikan cupang yang bisa merasa stres pada waktu-waktu tertentu, seperti ketika air yang dijadikan tempat hidupnya kualitasnya kurang baik. Air yang buruk akan membuat ikan menjadi tidak nyaman sehingga dapat stres dan menyebabkan ikan tidak mau makan.

Mengganti air aquarium bisa menjadi opsi untuk mengatasi masalah ini agar ikan cupang dapat kembali aktif kembali.


2. Berikan Pakan Baru

Cara kedua, untuk mengatasi ikan cupang yang tidak mau makan bisa memberikan pakan baru. Pakan baru disini berarti mengganti makanan yang berada didalam air dalam waktu yang cukup lama.

Pakan yang sudah berada didalam air dengan waktu yang cukup lama biasanya memang tidak disukai para ikan, selain itu juga munculnya bakteri pada pakan yang lama terendam dapat berdampak buruk bagi kesehatan ikan.

Alangkah baiknya pakan-pakan yang terendam didalam air dengan waktu yang lama dibersihkan dari aquarium dan memberikan pakan baru.

Sekedar tips saja, pemberian pakan pada ikan cupang jangan terlalu banyak karena ukuran perut ikan cupang hanya sebesar bola matanya saja.


3. Ganti Jenis Pakan

Cara terakhir untuk mengatasi ikan cupang yang tidak mau makan adalah dengan mengganti jenis pakan ikan cupang. Ada kalanya ikan tidak menyukai pakan yang kita berikan, maka dari itu kita harus mengganti pakan ikan cupang dengan yang lain.

Anda bisa memberikan makanan favorit ikan cupang secara alami seperti :

  • Jentik nyamuk
  • Cacing Darah
  • Cacing Sutra
  • Kutu Air
  • dll.
Apabila makanan favorit tersebut sulit didapatkan, bisa memberikan pakan jenis lain yang disukai oleh ikan cupang.


Penutup

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Ikan Cupang Yang Tidak Mau Makan. Semoga dengan adanya konten artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat teruntuk Anda yang membacanya serta menambah wawasan baru tentang ikan cupang.

Terimakasih sudah membaca dan mengunjungi artikel ini, mohon maaf apabila ada kata-kata atau kalimat dalam penulisan artikel ini. Jangan lupa membagikan dan rekomendasikan konten artikel ini pada rekan sekitarmu ya.

Related Posts

Posting Komentar

close