Entri Populer

Apakah Kelinci Boleh Makan Pisang? Ini Penjelasannya

Posting Komentar

Apakah Kelinci Boleh Makan Pisang? Ini Penjelasannya - Apakah Anda seorang peternak kelinci? Jika iya, maka Anda datang pada konten yang sangat tepat. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai hewan lucu yaitu kelinci. Pembahasan yang akan dibahas adalah apakah kelinci boleh makan pisang? Untuk mengetahuinya, mari simak hingga akhir artikel.

foto: instagram @arieffan.aha

Siapa yang tak kenal dengan kelinci? Hewan yang memiliki bentuk wajah yang lucu dan imut ini termasuk salah satu hewan peliharaan yang cukup banyak dipelihara oleh manusia. Karena lucu dan menggemaskan, banyak orang memilih kelinci sebagai hewan peliharaan.

Saat ini, orang yang memelihara kelinci sudah banyak hingga tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya komunitas yang terbentuk di setiap wilayah atau daerah. Baik anak-anak hingga orang dewasa sekalipun turut ikut memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan dirumah. 

Meskipun kelinci termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan), merawat kelinci ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Merawat kelinci ternyata cukup rumit karena kondisinya bisa cepat drop hingga mati apabila kelinci terkena stres walaupun sedikit.


Buah-Buahan Yang Bagus Untuk Kelinci

Bagi seorang pemula atau orang yang baru memelihara kelinci tentunya belum mengetahui bagaimana cara merawat kelinci dengan baik dan benar. Ada baiknya, sebelum memulai merawat kelinci, sudah mengetahui cara-cara merawat kelinci agar nantinya tidak terjadi kesalahan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, merawat kelinci itu tidak mudah karena kondisinya mudah down pada saat mengalami stres. Faktor stres pada kelinci tergantung dari berbagai macam hal, misalnya karena makanan, kebersihan dan kenyamanan kandang, dan karena sesama kelinci.

Baca Juga :

Dalam hal makanan, sebetulnya makanan alami dari kelinci adalah rerumputan dan buah-buahan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan makanan khusus kelinci yang bisa dibeli di pet shop terdekat.

Pemberian buah-buahan pada kelinci disarankan untuk memberikannya sekitar 10% dari porsi makannya. Dalam satu minggu, pemberian buah-buahan hanya boleh diberikan selama satu hingga dua kali saja. Berikut beberapa buah-buahan yang disukai oleh kelinci :

  1. Mangga
  2. Melon
  3. Apel tanpa biji
  4. Kiwi
  5. Nanas
  6. Pepaya
  7. Stroberi
  8. Blueberry


Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

Setelah mengetahui buah-buahan yang boleh dimakan kelinci, ternyata ada juga buah-buahan yang dilarang dan tidak boleh dimakan oleh kelinci.

Buah-buahan yang tidak boleh dimakan kelinci adalah :

  1. Persik
  2. Plum
  3. Mangga
  4. Biji Aprikot 

Buah-buahan ini memiliki kandungan sianida meskipun dalam jumlah yang sedikit, alangkah baiknya untuk tidak diberikan pada kelinci.


Apakah Kelinci Boleh Makan Pisang?

Kelinci boleh makan pisang asalkan tidak boleh terlalu banyak, jika diberikan dalam porsi yang banyak nantinya kelinci akan menjadi kecanduan. Rasa manis pada pisang menjadi faktor yang menyebabkan kecanduan, sehingga hal ini tentunya tidak baik. 

Jadi, pemberian pisang pada kelinci diperbolehkan asalkan dengan jumlah yang terbatas untuk menghindari ketagihan.


Penutup

Demikianlah artikel tentang Apakah Kelinci Boleh Makan Pisang? Ini Penjelasannya. Semoga dengan adanya konten artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta memberikan edukasi wawasan baru mengenai makanan kelinci.

Terimakasih sudah membaca artikel hingga akhir, mohon maaf apabila terdapat kalimat atau kata yang kurang baik dalam penulisan artikel. Bantu kami untuk merekomendasikan artikel ini pada rekan-rekan disekitarmu ya. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Related Posts

Posting Komentar

close