Penyebab Telur Ikan Cupang Gagal Menetas

Penyebab Telur Ikan Cupang Gagal Menetas - Kita semua mungkin sudah mengetahui bentuk ikan cupang seperti apa, ikan yang sangat identik dengan warna ini memiliki banyak penggemar di berbagai daerah. Warna yang sangat indah nan cantik pada sekujur tubuhnya menjadi salah satu daya tarik dari ikan ini. 

foto: instagram @thesultanbetta

Merawat ikan cupang bisa dikatakan mudah asalkan tahu cara perawatannya, ada berbagai macam teknik untuk merawat ikan cupang yang perlu diketahui.

    Sebagai pemilik dari ikan cupang yang merawatnya, tentunya sangat ingin ikan cupang yang dirawat memiliki keturunan. Biasanya, para pemula yang baru terjun yang sangat ingin memiliki anakan ikan cupang. 

    Namun, agar ikan cupang bisa memiliki anakan dengan baik dan juga sehat harus melalui proses yang cukup panjang, dari mulai proses reproduksi atau perkawinan ikan sampai dengan penetasan telur. 


    Kenapa Telur Ikan Cupang Gagal Menetas?

    Ada teknik-teknik yang biasa digunakan oleh para pecinta cupang untuk mendapatkan anakan ikan cupang. Dengan menggunakan teknik tersebut, bisa meminimalisir gagalnya anakan cupang yang lahir dengan tidak sempurna. 

    Tanpa di dasari dengan teknik atau ilmu pengetahuan yang cukup, hanya akan mengalami kegagalan dan membuang waktu saja. Perlu mengetahui teknik yang baik dan benar dalam proses perkawinan cupang ini. 

    Tak jarang pula ditemukan banyaknya telur ikan cupang yang gagal menetas, gagalnya penetasan telur tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

    Dalam perkawinan ikan cupang, Indukan jantan akan memiliki tugas untuk merawat dan memastikan telur aman sampai dengan menetas. Apabila Indukan jantan cupang tidak baik pada saat menjaga telur, besar kemungkinan akan berdampak juga pada proses penetasan telur.


    Faktor & Penyebab Telur Ikan Cupang Gagal Menetas

    Telur ikan cupang yang gagal menetas tidak terjadi begitu saja, ada faktor yang menyebabkan telur gagal menetas. 

    Nah, apa saja sih faktor-faktor yang menjadi penyebab telur ikan gagal menetas? Dibawah ini merupakan penyebab telur ikan cupang gagal menetas.

    1. Tidak terbuahi dan tererami dengan baik oleh Indukan jantan.

    2. Telur cupang sebagian dimakan oleh Indukan jantan, hal itu terjadi karena nafsu makan Indukan jantan meningkat sehingga memaksa memakan sebagian telur. harus lebih hati-hati pada saat memberikan pakan pada Indukan Jantan.

    3. Telur cupang juga bisa dimakan oleh Indukan betina.

    4. Indukan jantan tidak mengambil telur sehingga telur jatuh dan tidak dalam temperatur suhu yang baik untuk menetas.

    5. Tumbuh jamur yang diakibatkan dari Indukan jantan yang tidak benar dalam merawat telur.


    Penutup

    Sekian artikel tentang Penyebab Telur Ikan Cupang Gagal Menetas. Semoga dengan membaca artikel ini bisa memberikan edukasi dan meminimalisir terjadinya telur ikan gagal menetas, hindari hal-hal yang dapat menyebabkan telur gagal menetas.

    Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang membacanya, terimakasih sudah membaca dan berkunjung pada website ini. Bagikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu agar dapat merasakan manfaat yang sama dari artikel ini.

    Jika ada pertanyaan dan kesalahan mengenai isi konten artikel ini, tanyakan pada kolom komentar, ya.



    Related Posts

    Posting Komentar