Cara Menyilangkan Warna Ikan Cupang

Cara Menyilangkan Warna Ikan Cupang - Salah satu alasan seseorang ingin memelihara ikan cupang adalah karena keindahan warna-warni tubuh ikan yang memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Bagi sebagian orang, melihat keindahan seperti itu bisa menghasilkan sesuatu yang menyenangkan, bahkan menghilangkan stres saat melihatnya. 

foto: instagram @bettaliong91

Kita semua tahu bahwa ikan cupang sangat identik dengan warna, bagaimana tidak? Setiap jenis ikan cupang memiliki warna yang berbeda-beda dan sangatlah unik. Ada yang memiliki warna gradasi, ada juga yang memiliki full warna, atau ada yang memiliki banyak warna pada tubuh nya.

    Tidak hanya dari keindahannya, dalam perawatannya pun, ikan cupang tergolong mudah untuk di pelihara. Sehingga, baik anak-anak sampai usia orang dewasa sekali pun sangat tertarik untuk memelihara ikan hias satu ini.

    Ada satu teknik yang biasa digunakan oleh para pecinta ikan cupang untuk membuat warna ikan cupang semakin indah dan menarik, yaitu dengan menyilangkan warna ikan cupang.


    Cara Menyilangkan Warna Ikan Cupang

    Tujuan dari menyilangkan warna ikan adalah agar warna pada kulit ikan cupang terlihat semakin cerah. Bagi sebagian pembudidaya ikan cupang, cerahnya warna kulit ikan cupang tidak hanya untuk terlihat indah, namun juga untuk meningkatkan harga jual ikan cupang.

    Ikan cupang yang memiliki warna cerah biasanya akan dihargai dengan harga tinggi oleh sang pemilik, semakin cerah warna ikan maka akan semakin mahal, harganya bervariatif mulai dari ribuan rupiah sampai dengan jutaan rupiah tergantung dari jenis dan warna ikan cupang.

    Sebelum menyilangkan warna ikan cupang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar persilangan warna ikan cupang ini menjadi berhasil, diantaranya :

    • Siapkan ikan cupang betina sebagai indukan berusia minimal 3 bulan dan jantan berusia minimal 4 bulan.
    • Pastikan juga ikan cupang betina dan jantan sudah siap untuk pembuahan.
    • Gunakan daun ketapang untuk kualitas air yang baik bagi ikan cupang.


    Lalu, bagaimana caranya menyilangkan warna ikan cupang agar warna ikan bisa lebih cerah? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

    1. Masukkan ikan cupang jantan dan betina yang sebelumnya sudah disiapkan dalam satu aquarium.
    2. Tunggu sampai ikan melakukan proses pembuahan.
    3. Selanjutnya, pindahkan ikan cupang betina dan biarkan sang jantan tetap berada di aquarium.
    4. Ikan cupang jantan akan menjaga telur yang dihasilkan oleh indukan betina.
    5. Telur akan menetas pada saat sudah memasuki 4 hari, berikan pakan yang sesuai untuk anakan ikan
    6. Setelah menetas, ikan cupang jantan tetap harus menjaga dan merawat anakan ikan sampai dengan kurang lebih selama 2 minggu.
    7. Ketika anakan ikan memasuki usia 1,5 bulan sudah dapat dipisahkan berdasarkan jenis kelamin.
    8. Warna dari anakan ikan akan terlihat pada saat sudah berusia 3,5 - 4 bulan. 


    Tingkat keberhasilan dari menyilangkan warna ikan cupang ini tergantung dari berbagai faktor. Kualitas dari indukan cupang, kualitas air saat pembuahan, penetasan telur, sampai panen juga menentukan, pemberian pakan yang baik juga turut menjadi faktor keberhasilan dari penyilangan warna ikan cupang.  

    Selalu perhatikan setiap faktor-faktor tersebut karena akan sangat mempengaruhi hasilnya nanti.


    Penutup

    Demikianlah artikel tentang Cara Menyilangkan Warna Ikan Cupang. Semoga dengan adanya artikel ini dapat mensajikan informasi yang bermanfaat dan inspiratif bagi rekan-rekan yang membacanya. 

    Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini sampai habis pada website ini, terdapat berbagai artikel lain mengenai ikan cupang yang mungkin Anda ingin tahu, bagikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu apabila konten ini memiliki isi informasi yang bermanfaat untuk Anda. 

    Jika ada pertanyaan terkait isi konten artikel, tanyakan pada kolom komentar. 


    Related Posts

    Posting Komentar