Entri Populer

Cara Mengobati Burung Merpati Kembung

Posting Komentar

Cara Mengobati Burung Merpati Kembung - Memelihara hewan merupakan salah satu hobi menyenangkan yang banyak orang lakukan untuk mengisi kekosongan waktu luang dan menjadikan hewan sebagai teman untuk menghilangkan stres dan kesepian yang di alami serta membawa kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya.

foto: instagram @gareng_bf

Meskipun terkadang di repotkan oleh ulah hewan peliharaan, namun rasa sayang dan tanggung jawab yang besar membuat kita sebagai pemilik memaklumi tingkah lakunya.

    Ada banyak pilihan jenis hewan yang bisa di pilih untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dirumah, misalnya saja kucing, anjing, ikan, burung, ataupun hewan lainnya. 

    Memiliki burung merpati sebagai hewan peliharaan ada kesenangan tersendiri yang dirasakan saat merawatnya. Pengaruh dari lingkungan juga bisa menjadi faktor dan alasan seseorang merawat burung merpati. 


    Perawatan Burung Merpati

    Untuk merawat dan memelihara burung merpati ternyata cukup mudah, hanya dengan memberi pakan secara teratur dan kandang sebagai rumahnya sudah bisa membesarkan burung merpati.

    Kebersihan kandang serta kondisi fisik dari burung merpati perlu di cek secara rutin untuk meminimalisir terjadinya burung sakit. 

    Salah satu penyakit yang sering terjadi pada burung merpati adalah merpati yang mengalami kembung. Penyakit kembung atau juga yang sering disebut dengan masuk angin akan berdampak buruk bagi kesehatan merpati, bahkan bisa menyebabkan kematian jika dibiarkan saja. 

    Maka dari itu, perlu penanganan agar merpati kembali sehat kembali. 


    Gejala Penyakit Kembung Pada Burung Merpati

    Secara umum, bagi para pemilik burung merpati bisa melihat ciri-ciri merpati sedang mengalami sakit kembung, berikut ini merupakan gejala burung merpati yang sedang mengalami masuk angin atau kembung :

    • Nafsu makan berkurang.
    • Terlihat lebih lemas dari biasanya.
    • Sering mengalami muntah, muntah makanan dan berlendir. 
    • Badannya terlihat lebih kurus.
    • Kotoran cair berwarna hijau.

    Dari gejala tersebut bisa disimpulkan bahwa burung merpati sedang mengalami kembung dan perlu ditangani lebih lanjut agar bisa kembali sehat.


    Mengobati Burung Merpati yang Mengalami Masuk Angin / Kembung

    Lalu, bagaimana cara mengatasi burung merpati yang mengalami kembung? Berikut ini cara pengobatannya :

    1. Pisahkan burung merpati yang sakit kembung dengan kawanan lainnya, untuk mencegah penularan penyakit. 
    2. Puasakan merpati terlebih dahulu selama beberapa jam. 
    3. Oleskan balsem pada kedua kakinya. 
    4. Selanjutnya, beri 1 butir obat Tetra Chlor. Biarkan merpati istirahat selama 5 jam. 
    5. Lalu, beri juga vitamin ke dalam air minum untuk memperkuat fisik burung merpati. 
    6. Untuk menghangatkan tubuh merpati, beri lampu bohlam pada kandang dan jangan menaruh air minum karena akan memperburuk kondisi dari burung merpati nantinya. 


    Penutup

    Demikianlah artikel tentang Cara Mengobati Burung Merpati Kembung. Semoga merpati yang sedang mengalami kembung segera membaik kembali dengan normal. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi bermanfaat khususnya yang membaca artikel ini. 

    Terimakasih sudah membaca dan berkunjung pada halaman website ini, apabila isi konten memiliki isi yang bermanfaat silahkan bagikan pada teman sekitarmu agar bisa merasakan manfaat yang sama. 

    Jika ada kesalahan ataupun pertanyaan mengenai isi dari konten artikel ini, tanyakan pada kolom komentar. 

    Related Posts

    Posting Komentar