Entri Populer

9+ Ciri-Ciri Burung Kenari Betina Yang Sudah Siap Kawin

Posting Komentar
9+ Ciri-Ciri Burung Kenari Betina Yang Sudah Siap Kawin - Burung kenari dikenal dan digemari karena memiliki suara yang sangat merdu untuk di dengarkan, karena hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan banyak orang yang memelihara burung kenari sebagai hewan peliharaan di rumah.
foto: instagram @yago.canary

Suara kicauan yang indah dari burung kenari banyak di pertandingkan dalam berbagai kompetisi para kicau mania. Selain mempunyai suara yang sangat indah, Kenari juga memiliki bentuk tubuh yang mungil serta warna bulunya yang cantik. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung kenari. 


Perawatan dari burung kenari sendiri tergolong mudah dan cukup murah harga pakannya. Namun, tentu saja harus di bekali teknik dan ilmu cara merawatnya agar tidak terjadi kesalahan nantinya. Untuk mengetahui cara perawatan yang baik, bisa belajar dari para kicau mania yang sudah ahli di bidangnya.

Pada saat ini, ada banyak sekali peternak burung kenari yang bisa ditemui di sekitar kita. Akan tetapi, dampak dari banyaknya orang yang memelihara burung kenari adalah turunnya harga pasaran dari Kenari. Selain itu, musim yang tidak menentu pun menjadi penyebab turunnya harga.

Ciri-Ciri Burung Kenari Betina Yang Sudah Dijodohkan

Burung kenari mempunyai dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina, masing-masing memiliki perbedaan dari bentuk fisiknya mencakup bentuk kepala, bentuk tubuh, posisi mata, dan perbedaan tanda fisik lainnya. Untuk mengetahui perbedaannnya bisa baca artikel cara membedakan burung kenari jantan dan betina.

Sebagai peternak burung kenari, tentunya ingin memiliki banyak keturunan dari burung kenari yang kita rawat. Namun, sayangnya masih banyak para peternak yang belum mengetahui cara mengawinkan atau menjodohkan burung kenari nya.

Baca Juga : 

Sebelum proses perkawinan burung kenari berlangsung, ada baiknya untuk memperhatikan kesiapan dari burungnya itu sendiri. Burung kenari jantan dan betina membutuhkan waktu untuk siap kawin. Agar tingkat keberhasilan dari perjodohan burung kenari ini sukses, dibutuhkan kesiapan yang matang dari burung kenari jantan maupun betina.

Nah, pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri burung kenari betina yang sudah siap untuk kawin. Kesiapan burung kenari betina untuk breeding atau kawin dapat terlihat dari ciri bentuk fisik dan perilakunya. Kira-kira apa saja ya ciri-cirinya? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak ciri-cirinya dibawah ini.

Tanda-Tanda Burung Kenari Betina Yang Siap Kawin

1. Pada bagian anus terlihat menonjol.
2. Sekitar bagian anus dan bagian perut juga terlihat bersih dan agak gemuk dari biasanya.
3. Tidak ada busik (kulit pecah-pecah) di bagian perutnya.
4. Merespon kicauan dari lawan jenisnya (kenari jantan).
5. Pada bagian sekitar kloaka akan terlihat berwarna kemerahan, bengkak dan berseri.
6. Kulit pada bagian dadanya mengencang.
7. Bagian dadanya terlihat gemuk dan juga tebal.
8. Respon kenari betina saat adanya jantan yang mendekat langsung mengepakkan sayap dengan posisi duduk atau jongkok.
9. Bagian perutnya terasa hangat saat disentuh dengan tangan.

Penutup

Ternyata cukup mudah ya untuk mengetahui ciri-ciri burung kenari yang sudah siap kawin. Sekian akhir postingan artikel mengenai 9+ Ciri-Ciri Burung Kenari Betina Yang Sudah Siap Kawin. Semoga dengan adanya konten artikel ini, dapat memberikan suatu informasi yang bermanfaat teruntuk Anda yang membacanya.

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga akhir, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam isi penulisan artikel ini. Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan konten artikel ini pada rekan-rekan disekitarmu. 

Jika ada pertanyaan ataupun request mengenai artikel yang ingin dibahas, silahkan tuliskan pada kolom komentar yang ada dibawah ini ya.

Related Posts

Posting Komentar