6+ Hewan Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah Yang Masih Hidup

6+ Hewan Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah Yang Masih Hidup - Berbicara mengenai hewan, makhluk hidup yang ada di muka bumi ini, ada banyak sekali jenis, spesies, ras berbeda pada setiap hewan. Masing-masing hewan memiliki habitat yang berbeda-beda serta cara mereka bertahan hidup.

foto: instagram @sustentabilidadenoar

Hewan yang biasa kita jumpai di sekitar rumah mungkin memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada kita sebagai manusia dan hewan tersebut termasuk hewan peliharaan yang jinak. Misalnya saja, Kucing, Anjing, Burung, Ikan, dan hewan-hewan lainnya.

Berbeda dengan hewan yang berukuran lebih besar, biasanya hanya bisa kita jumpai di kebun binatang. Hal tersebut karena hewan yang berukuran lebih besar cenderung lebih buas yang bisa mengancam keselamatan nyawa manusia, meskipun tidak semuanya begitu. Misalnya Harimau, Singa, Beruang, dan hewan lainnya.

Jika berkunjung ke kebun binatang, hewan yang paling besar yang akan bisa kita lihat adalah Gajah. Namun, ternyata masih ada hewan lain yang lebih besar dari Gajah. Bahkan, hewan ini jauh lebih besar daripada ukuran gajah.


6+ Hewan Terbesar di Dunia Saat Ini

Hewan-hewan yang biasa kita jumpai dan kita lihat hanyalah sebagian kecil dari luasnya dunia ini. Bahkan, para peneliti mengatakan masih banyak hewan yang masih belum diketahui oleh para manusia. Apalagi hewan-hewan yang hidup di dasar lautan, masih banyak misteri di dalamnya. 

Sebagian besar orang mungkin akan menganggap Dinosaurus merupakan hewan terbesar yang pernah ada, berdasarkan penemuan fosil yang ditemukan. Meskipun Dinosaurus sudah punah, ternyata masih ada hewan-hewan lainnya yang memiliki ukuran tubuh yang sangat besar.

Ada beberapa hewan yang melebihi dari ukuran Gajah dan mungkin hewan ini tidak akan bisa dijumpai di kebun binatang. Dibawah ini merupakan daftar 6 hewan terbesar di dunia sepanjang sejarah yang masih hidup sampai saat ini, apa saja ya kira-kira? Silahkan simak sampai habis.


6+ Hewan Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup

1. Paus Biru

Paus Biru menjadi hewan terbesar di dunia yang menduduki peringkat pertama. Mamalia laut ini bisa mencapai panjang 98 kaki atau sekitar 30 meter, dan beratnya kurang lebih 150 ton. Benar-benar sangat menakjubkan sekali bukan?

Salah satu informasi tentang hewan terbesar di dunia ini adalah Paus Biru memakan salah satu organisme terkecil yaitu krill . Meskipun banyak dikenal sebagai paus biru, ia bisa saja memiliki warna lain, seperti abu-abu. Ia memiliki kemampuan untuk bersuara di bawah air, berenang jarak yang sangat jauh di sepanjang tahun, dan memiliki satu anak pada satu waktu.


2. Paus Sirip

Hewan terbesar selanjutnya memiliki nama ilmiah Balaenoptera Physalus atau juga sering disebut dengan Paus Sirip. Meskipun sedikit lebih kecil dari Paus Biru, ukurannya tidak kurang dari 90 kaki atau sekitar 27 meter dan beratnya mencapai 70 ton. 

Warna tubuh dari Paus Sirip ini abu-abu gelap di bagian atas dan memiliki bagian bawah yang lebih pucat. Berbeda dengan Paus Biru soal makanannya, Paus Sirip tidak hanya memakan krill, tetapi juga krustasea kecil, cumi-cumi, dan ikan. Paus Sirip adalah spesies yang terancam punah karena perburuan yang merajalela.


3. Cumi-Cumi Raksasa

Para ilmuwan masih tidak setuju apakah ada yg lebih dari satu spesies cumi-cumi di dunia hewan (beberapa ahli mengatakan bahwa ada delapan spesies yang berbeda). Hewan yang hidup di kedalaman laut ini bisa mencapai panjang 59 kaki (18 meter) dan berat 606 pon sekitar 275 kilogram. Namun, rata-rata panjangnya 30 kaki (14 meter), dan masih merupakan salah satu hewan terbesar di dunia.


4. Hiu Paus

Ukuran hiu memang benar-benar menakjubkan, tidak peduli spesiesnya. Dari semuanya, yang terbesar adalah Hiu Paus, atau Rhincodon Typus, yang hidup di daerah tropis. Sama seperti cetacea namanya berasal, ikan besar ini memakan krill, serta ganggang, fitoplankton, dan kerang. Hiu Paus adalah filter feeder (adalah dengan cara menyaring partikel-pertikel makanan yang terbawa arus melewati tubuhnya).


5. Hiu Putih

Nama ilmiahnya adalah Carcharodon Carcharis dan seperti kerabatnya, ia menghuni perairan hangat tetapi juga dapat ditemukan di laut beriklim sedang. Ini menyebabkan rasa takut di pantai dan merupakan predator terbesar yang ada. Hiu putih ini dapat tumbuh hingga 20 kaki (6 meter) dan berat 2 ton. Tidak seperti kebanyakan spesies hewan, betina lebih besar dari jantan.


6. Gajah

Hewan terbesar di dunia yang terakhir mari beralih dari hewan yang hidup di laut, Gajah adalah hewan darat terbesar saat ini dan hidup berkelompok. Panjangnya 22 kaki (7 meter) dan tinggi 11 kaki (3,5 meter) dan beratnya sekitar 6 ton. Gajah makan sekitar 440 pon (200 kilo) makanan per hari (kebanyakan daun). hidungnya yang panjang memungkinkannya mencapai puncak pohon. Otak mamalia ini memiliki berat 11 pon (5 kilogram), itulah sebabnya hewan ini memiliki ingatan yang baik.


Penutup

Sekian konten artikel mengenai 6+ Hewan Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah Yang Masih Hidup. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang sangat bermanfaat, relevan, informatif dan dapat menambah wawasan baru tentang dunia hewan di dunia ini.  

Terimakasih sudah membaca artikel dan mengunjungi website ini. Apabila Anda suka dengan konten artikel ini, silahkan untuk membagikan dan merekomendasikan konten artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu agar rekanmu bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Jika ada pertanyaan mengenai isi dari konten artikel ini bisa tanyakan pada kolom komentar.

Related Posts

Posting Komentar