Entri Populer

6+ Perbedaan Ikan Guppy Jantan dan Betina Paling Mencolok

Posting Komentar
6+ Perbedaan Ikan Guppy Jantan dan Betina Paling MencolokMemelihara ikan menjadi salah satu hobi yang cukup digemari oleh banyak orang, berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa pun banyak yang mempunyai hobi ini.
foto: instagram @kolase.guppy

Ada beragam jenis ikan yang bisa dipelihara oleh kita, umumnya jenis ikan yang di pelihara adalah ikan hias. Ikan hias biasanya mempunyai warna yang cantik dan unik, bukan ikan untuk di konsumsi.


Dari sekian banyak pilihan jenis ikan hias yang dapat dipelihara, salah satu ikan hias yang cukup banyak digemari di Indonesia saat ini adalah ikan guppy. Ikan guppy merupakan ikan yang cukup populer, kepopulerannya tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. 

Namun bila di Indonesia sendiri, ikan guppy sangat mudah untuk ditemukan, bahkan ikan ini termasuk ikan liar yang bisa ditemukan di beberapa tempat seperti selokan, parit, sungai dan sawah.


Cara Membedakan Ikan Guppy Jantan dan Betina Dengan Mudah

Meskipun ikan ini termasuk ikan liar, ikan guppy masih banyak dipilih oleh sebagian orang menjadi hewan peliharaan. Kenapa ikan guppy banyak di gemari? Harga beli yang cukup murah, mempunyai warna tubuh yang cantik dan perawatannya yang cukup mudah menjadi alasan mengapa banyak orang memilih ikan ini.

Makanan alami ikan guppy di alam liar adalah jentik nyamuk, plankton dan rerumputan. Jika Anda merawatnya, bisa mengganti ketiga makanan tersebut dengan pelet ikan yang bisa dibeli di toko hewan terdekat.

Baca Juga :

Pemilihan pakan yang baik juga akan mempengaruhi perkembangan tubuh dan warna ikan, semakin bagus makanan yang diberikan maka akan semakin maksimal pula hasil yang akan didapatkan.

Sama halnya seperti hewan lainnya, ikan guppy mempunyai dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina. Masing-masing jenis kelamin tersebut mempunyai perbedaan yang sangat mencolok.

Bagaimana Membedakan Ikan Guppy Jantan dan Betina?

Sebagai pecinta ikan guppy wajib mengetahui perbedaan antara ikan jantan dan betina, apalagi jika Anda seorang pembudidaya. Lalu apa saja perbedaannya? Berikut ini perbedaan ikan guppy jantan dan betina :

1. Ukuran Sirip Punggung
Perbedaan ikan guppy jantan dan betina bisa terlihat dari ukuran sirip punggungnya. Sirip punggung ini berada pada kepala ikan bagian atas. Perbedaannya ikan guppy jantan mempunyai ukuran sirip punggung yang lebih panjang sedangkan ikan guppy betina mempunyai ukuran sirip yang lebih pendek. 

2. Adanya Gravid Spot
Setiap makhluk hidup yang mempunyai jenis kelamin khususnya betina pasti memiliki organ reproduksi, begitu pula dengan ikan guppy. Organ reproduksi pada ikan guppy disebut Gravid Spot

Organ reproduksi ikan guppy betina bisa dilihat di area sirip dubur, cek dan periksa lah di area tersebut untuk mengetahui jenis kelamin ikan. 

Ciri-cirinya, organ reproduksi ikan guppy akan terlihat menghitam atau gelap dan mengembang pada saat ikan akan melahirkan. Kemudian, organ reproduksi akan terlihat terang saat sudah melahirkan.  

3. Ukuran Tubuh
Perbedaan lainnya bisa terlihat pada ukuran tubuh ikan. Ikan guppy jantan dan betina memiliki ukuran tubuh yang berbeda, hal ini bisa terlihat jelas oleh mata. 

Ikan guppy jantan mempunyai ukuran tubuh yang lebih pendek sedangkan ikan guppy betina memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang. Perkiraan ukuran tubuh ikan guppy jantan sekitar 3 cm sedangkan ikan guppy betina sekitar 5 cm.

4. Bentuk Tubuh
Selain dari ukuran tubuhnya, ikan guppy bisa dibedakan juga melalui bentuk tubuhnya. Bentuk tubuh ikan guppy jantan lebih besar dibandingkan ikan guppy betina. Ikan guppy betina mempunyai bentuk tubuh yang bulat pada saat kondisi sedang hamil.

5. Sirip Dubur
Cara membedakan ikan guppy jantan dan betina juga bisa dilihat melalui bentuk sirip dubur ikan. Ikan guppy betina mempunyai bentuk sirip dubur yang bergaris lurus melengkung yang seperti membentuk segitiga sedangkan ikan guppy jantan tidak memiliki bentuk sirip seperti itu.

6. Warna Sirip Ekor
Terakhir, untuk mengetahui perbedaan ikan guppy jantan dan betina bisa dilihat dari warna sirip ekornya. Warna sirip ekor ikan guppy jantan terlihat lebih cerah dan lebih lebar sedangkan ikan guppy betina lebih sempit dan warnanya tidak terlalu cerah. 


Penutup

Sekian artikel yang bisa ditulis tentang 6+ Perbedaan Ikan Guppy Jantan dan Betina Paling Mencolok. Semoga dengan adanya konten artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta menambah wawasan baru mengenai ikan guppy

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga akhir, mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan dalam penulisan artikel ini. Jika artikel ini mempunyai isi yang bermanfaat, silahkan bagikan dan rekomendasikan pada rekan-rekanmu ya.

Jika ada pertanyaan, silahkan tuliskan pertanyaan di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Related Posts

Posting Komentar