Entri Populer

5+ Rekomendasi Pakan Untuk Mencerahkan Warna Ikan Guppy

Posting Komentar

5+ Rekomendasi Pakan Untuk Mencerahkan Warna Ikan Guppy - Siapa yang tidak tahu dengan ikan guppy? Ikan ini cukup populer dan banyak dimiliki untuk dipelihara oleh banyak orang. Ikan ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang ingin memeliharanya.

foto : instagram @kolase.guppy

Jika dilihat secara sepintas, ikan guppy ini memang sangat mirip dengan ikan cupang, tapi keduanya tidaklah sama dan berbeda. Jika dilihat secara mendetail, akan terlihat perbedaan dari keduanya.

Salah satu daya tarik dari ikan guppy ini adalah warna yang indah nan cantik di sekujur tubuhnya. Ikan ini mempunyai habitat hidup di air tawar dan air payau dengan PH air 7.0 - 8.0 dengan temperatur suhu 18 derajat - 28 derajat celcius.

Karena keunikan dari ikan guppy tersebut, menjadi alasan mengapa banyak orang ingin memelihara ikan guppy. Anak-anak hingga orang dewasa pun banyak yang memelihara ikan mungil ini.


Berapa Harga Ikan Guppy?

Ikan guppy adalah salah satu ikan hias yang hidup didalam air tawar, ikan ini dapat beradaptasi dengan mudah dan berkembangbiak. Ikan guppy tidak hanya populer di Indonesia, namun juga sangat populer di dunia. Namun sayangnya, di Indonesia ikan guppy ini menjadi ikan liar yang biasanya berada di got atau selokan pinggiran jalan.

Ikan guppy ini cukup mudah untuk di kembangbiakan, biaya pakannya yang relatif murah dan dapat ditemui di sekitar lingkungan. Tetapi, secara alami ikan guppy adalah predator bagi nyamuk dan larva yang menekan nyamuk malaria.

Baca Juga :

Harga ikan guppy sendiri sebetulnya tergolong murah, untuk bibit/benih ikan guppy dihargai sekitar Rp. 5000 ikan guppy remaja/muda Rp. 75.000 - Rp. 100.000 ikan guppy yang menjuarai perlombaan Rp. 300.000 - Rp. 500.000. Harga-harga tersebut tidaklah tetap dan bisa berubah sesuai dengan kesepakatan.

Nah, salah satu keunikan dan daya tarik utama dari ikan guppy adalah warna nya yang sangat cantik. Warna tubuh ikan guppy bisa terlihat lebih cerah karena pakan yang diberikan mempunyai kualitas yang bagus. Dengan pemberian pakan yang baik, kecerahan warna tubuh ikan guppy akan terpancar maksimal.


Rekomendasi Pakan Untuk Mencerahkan Warna Ikan Guppy

Berikut ini adalah rekomendasikan makanan untuk mecerahkan warna tubuh ikan guppy :

1. Artemia (udang kecil)

Artemia adalah udang kecil yang mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kebutuhan gizi ikan. Artemia menjadi salah satu makanan terbaik untuk ikan guppy, kandungan nutrisi pada Artemia mencakup karbohidrat, lemak, mineral, dan abu akan membantu mencerahkan warna ikan guppy.  

2. Kutu Air

Kutu air juga menjadi salah satu rekomendasi makanan untuk mencerahkan warna ikan guppy. Sama halnya dengan Artemia, kutu air juga mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi yang sangat bagus untuk pertumbuhan ikan guppy.

Biasanya kutu air diberikan pada anakan ikan guppy, tapi untuk memberikannya bersihkan terlebih dahulu kutu air dengan air bersih karena jika tidak dikhawatirkan adanya bakteri yang menempel di kutu air mengingat kutu air hidup di tempat yang kumuh dan kotor. 

3. Larva Nyamuk atau Jentik Nyamuk

Makanan selanjutnya untuk ikan guppy adalah larva atau jentik nyamuk. Jentik nyamuk biasa ditemukan di selokan, bak mandi, dan tempat yang terdapat genangan air. Pakan alami ikan guppy sendiri adalah jentik nyamuk, maka dari itu jentik nyamuk menjadi salah satu pakan yang direkomendasikan.

Sama halnya seperti kutu air, sebelum memberikan jentik nyamuk pada ikan guppy bersihkan terlebih dahulu dengan air bersih. Berikan jentik nyamuk pada ikan guppy yang sudah dewasa saja.

4. Kutu Air Raksasa (Daphnia Magna)

Daphnia magna menjadi makanan rekomendasi selanjutnya untuk ikan guppy. Daphnia magna kaya akan nutrisi yang sangat baik dengan kebutuhan gizi ikan sehingga sangat cocok untuk diberikan sebagai makanan pada ikan guppy. 

Untuk ikan guppy dewasa, berikan daphnia magna berukuran besar dan untuk anakan ikan guppy bisa diberikan daphnia magna yang berukuran kecil. 

5. Pelet Ikan

Pakan terakhir yang bisa diberikan adalah pelet ikan. Apabila keempat binatang diatas sulit ditemukan, Anda bisa memberikan pakan berupa pelet yang bisa didapatkan di toko ikan terdekat dengan rumah. Berikan pelet yang sesuai dengan usia serta kebutuhan ikan guppy agar proses pertumbuhan berjalan dengan maksimal.


Penutup

Demikianlah artikel tentang 5+ Rekomendasi Pakan Untuk Mencerahkan Warna Ikan Guppy. Semoga dengan adanya konten ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat mengenai ikan guppy dan menambah wawasan tentang ikan guppy. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau kalimat dalam penulisan artikel ini.

Terimakasih sudah membaca artikel sampai akhir, jangan lupa untuk share konten artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu ya. Jika ada pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar yang ada dibawah ini.


Related Posts

Posting Komentar