Entri Populer

Cara Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula Dari Modal Hingga Panen

Posting Komentar

Cara Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula Dari Modal Hingga Panen - Siapa yang tak tahu dengan ikan mas? Ikan yang mungkin sering ditemui oleh kita saat berbelanja di pasar ataupun di tempat lainnya. Ikan ini banyak di konsumsi oleh banyak orang karena memiliki daging yang cukup banyak sehingga menjadi daftar favorit dalam olahan ikan.

foto: instagram/@aurorafoodart

Berbicara mengenai ikan mas, tidak hanya dijadikan sebagai makanan olahan saja, namun juga bagi sebagian orang ikan ini dirawat sebagai ikan hias. Ikan ini memang memiliki warna yang cantik yang membuat banyak orang menyukainya.

Ikan mas menjadi salah satu ikan yang banyak di budidayakan oleh beberapa orang. Di Indonesia sendiri pasaran dari ikan mas sangat terbuka lebar karena masyarakat Indonesia sudah sangat mengenal dengan ikan tawar ini sehingga untuk meraup keuntungan pun cukup besar

Selain dikenal dengan nama ikan mas, ikan ini juga dikenal dengan sebutan ikan tombro, ikan rayo, ikan raja, ikan kanca, ikan ameh dan ikan tikeu. Untuk membudidayakan ikan mas ini tergolong cukup mudah asalkan sudah tahu cara pembudidayaannya.


Berapa Modal Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula?

Untuk mebudidayakan ikan mas tentunya kita memerlukan modal untuk membeli bibit ikan serta kebutuhan lainnya yang dibutuhkan untuk budidaya nanti. Agar budidaya dapat berjalan dengan maksimal, pastikan modal yang dimiliki tercukupi.

Lantas berapa modal perkiraan untuk budidaya ikan mas ini? Mari kita buat perkiraan modalnya dengan budidaya ikan mas sekitar 250 ekor berikut ini :

No Nama Quantity Harga Satuan Total
1. Bibit Ikan 250 Rp.2000,- Rp.250.000,-
2. Pakan Ikan /bulan 1 Rp.3.500.000 Rp.3.500.000,-
3. Terpal Ukuran 10 meter 5 Rp.125.000,- Rp.625.000,-
4. Pompa Air 1 Rp.565.000,- Rp.565.000,-
5. Jaring Tutup 1 Rp.50.000,- Rp.50.000,-
6. Lain-Lain 1 Rp.500.000,- Rp.500.000,-
7. Total Rp.5.740.000,-

Dengan bibit ikan berjumlah 250 ekor, maka membutuhkan kolam ikan dengan ukuran 10 meter yang akan di isi dengan 50 ekor ikan pada setiap kolamnya. Sehingga membutuhkan setidaknya 5 kolam untuk pembudidayaan dengan jumlah ikan 250 ekor.

Terkait biaya Lain-Lain itu merupakan biaya tak terduga yang harus disiapkan dan dibutuhkan kapan saja, karena bisa saja ada biaya tambahan yang harus di keluarkan untuk proses budidaya ikan mas ini. Harga diatas hanyalah perkiraan saja, untuk aktualnya bisa lebih atau bisa juga kurang tergantung harga pasarannya karena harga bisa berubah sewaktu-waktu.


Tips Sukses Cara Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula   

Setelah mengetahui perkiraan anggaran modal awal untuk pembudidayaan ikan mas, selanjutnya bagaimana cara membudidayakan ikan mas agar sukses? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, membudidayakan ikan mas itu sebetulnya tidaklah sulit asalkan tahu cara pembudidayaannya.

Untuk mengetahu cara budidaya ikan mas yang baik untuk para pemula, simak penjelasannya dibawah ini.

1. Siapkan Kolam Ikan

Langkah pertama untuk budidaya ikan mas adalah dengan menyiapkan kolam ikannya terlebih dahulu. Tentunya, menyiapkan kolam menjadi langkah awal untuk melakukan budidaya. Tanpa adanya kolam ikan, pembudidayaan ikan tidak akan berjalan karena tidak adanya wadah untuk ikan berkembang.

Kolam yang bisa di siapkan untuk budidaya tidak hanya kolam terpal saja, akan tetapi kolam tanah atau kolam semen pun bisa. Namun, apabila budget minim bisa menggunakan kolam terpal sebagai alternatif.


Baca Juga :

 

Sebelum mengisi kolam dengan air, pastikan terpal dalam keadaan bersih untuk menghindari penyakit akibat virus atau parasit yang menempel. 

Suhu air kolam yang baik untuk ikan adalah 25 sampai 30 derajat celcius.


2. Menebar Bibit Ikan

Setelah kolam sudah siap, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menebar bibit ikan. Tebar bibit secara perlahan agar ikan tidak stres, isi dengan 50 ekor ikan per satu kolamnya. Jadi, satu kolam memiliki 50 ekor ikan di dalamnya.

Untuk bibit ikan, carilah bibit yang sehat dan unggul untuk menghindari resiko kegagalan karena kematian.

Ciri-ciri bibit ikan mas yang unggul diantaranya :

  • Gesit dan lincah
  • Tidak ada jamur pada kulit
  • Nafsu makan yang tinggi

 

3. Berikan Pakan Rutin

Pemberian pakan pada ikan harus dilakukan secara rutin, namun waktu pemberian pakan ini harus diperhatikan. Berilah pakan pada waktu pagi dan sore hari agar tidak ada penumpukan akibat pakan yang tersisa, sebab pakan ikan yang tersisa di kolam dapat memunculkan penyakit mengurangi oksigen akibat pakan yang membusuk.

Berikan pakan yang mengandung protein sebesar 25 persen dan berikan 3-4 persen bobot ikan. 


4. Perhatikan Kondisi Ikan dan Kolam

Selain memberikan pakan, perhatikan juga kondisi ikan dan kolam. Sesekali lakukan monitoring terhadap kondisi ikan dan kolam untuk menjaga dan meminimalisir dari hal-hal yang tidak di inginkan. 

Bersihkan kolam ketika terlihat adanya makanan yang tersisa dengan jaring secara rutin. Selain itu cek juga ukuran bobot dari ikan untuk mengetahu perkembangan dari ikan. Lakukan hal ini selama proses pembudidayaan.


5. Panen

Ikan yang sudah dapat di panen adalah ikan yang mempunyai berat bobot mencapai 300 sampai 400 gram per ekor. Ikan dapat di panen pada saat sudah memasuki umur 6 hingga 8 bulan. 

Ikan yang sudah dipanen akan di hargai sekitar Rp.15.000 sampai Rp.25.000 tergantung pasar.


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula Dari Modal Hingga Panen. Semoga dengan adanya konten artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya serta memberikan wawasan baru mengenai cara pembudidayaan ikan mas.

Terimakasih sudah menyempatkan waktunya untuk berkunjung dan membaca konten artikel ini hingga akhir. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata ataupun kalimat dalam penulisan artikel ini. Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan bagikan dan rekomendasikan kepada rekan-rekan sekitarmu ya.

Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, bisa Anda tuliskan pertanyaan pada kolom komentar yang ada dibawah ini.

Cek juga artikel menarik seputar teknologi dan informasi menarik lainnya di situs anakblogger.com


Related Posts

Posting Komentar