Entri Populer

3+ Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina Yang Paling Menonjol

Posting Komentar

Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina Yang Paling Menonjol Siapa yang tidak mengenal kelinci? Hewan yang sangat cantik dan menawan ini banyak dipelihara oleh manusia. Kelinci merupakan hewan yang sangat jinak, sehingga cocok sebagai hewan peliharaan.

foto: instagram @belle.and.bello

Ciri-ciri kelinci adalah telinganya yang panjang, telinga kelinci memiliki pendengaran yang sangat baik dan tajam. Salah satu alasan banyak orang memelihara kelinci adalah karena mereka menggemaskan dan memiliki bulu yang sangat bagus.

Warna bulu kelinci sangat beragam, ada corak putih, abu-abu, hitam, hitam putih dan warna lainnya. Namun, meski ada begitu banyak warna, setiap warna kelinci akan tetap terlihat indah untuk dilihat.

Dalam memelihara kelinci tidaklah sulit, merawat dan memelihara kelinci juga relatif mudah. Anda juga bisa membeli makanan kelinci di pet store sebelah. Namun, untuk seorang pemula pada awalnya pasti akan merasa kesulitan karena belum terbiasa.


Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina Yang Paling Menonjol

Sebagai pecinta kelinci, tentunya kita harus mengetahui beberapa informasi tentang kelinci. Minimal mengetahui cara membedakan mana kelinci jantan mana kelinci betina. Mengetahui ciri-ciri jenis kelamin pada kelinci akan sangat membantu kita pada saat merawat kelinci.

Perbedaan jenis kelamin kelinci sebetulnya sangat mudah untuk diketahui dari bentuk fisiknya, bagi orang yang sudah lama berkecimpung di dunia kelinci pasti sudah mengetahui cara membedakan mana jantan dan betina.

Baca Juga :

Beberapa bentuk fisik kelinci yang dapat dilihat perbedaan jenis kelaminnya, diantaranya bentuk kepala, alat kelamin dan ukuran tubuhnya.

Nah, kira-kira apa saja sih detail perbedaan dari bentuk fisik yang sudah dijelaskan sebelumnya? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, silahkan baca konten artikel ini hingga akhir ya. 


Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina Dari Bentuk Fisik

1. Bentuk Kepala

Kita bisa melihat perbedaan jenis kelamin kelinci antara jantan dan betina melalui bentuk kepalanya. Perbedaan bentuk kepala ini akan mulai terlihat pada saat kelinci menginjak usia 3 minggu setelah lahir. 

Mengapa baru terlihat 3 minggu setelah lahir? Karena bentuk kepala kelinci yang masih bayi akan mempunyai bentuk kepala yang cenderung sama. Jadi, belum terlihat perbedaannya ketika kelinci masih bayi.

Bentuk kepala kelinci jantan terlihat lebih lonjong dan lurus ke depan, sedangkan bentuk kepala kelinci betina terlihat lebih bulat dan terdapat lipatan. 


2. Alat Kelamin

Membedakan antara kelinci jantan dan betina bisa dilihat dari alat kelaminnya. Akan tetapi, kelinci yang masih bayi akan terlihat sulit melihat alat kelaminnya. Untuk melihat alat kelamin kelinci yang masih kecil, Anda bisa membalikkan tubuh kelinci menjadi terlentang kemudian lihat pada bagian diantara kakinya.

Kelinci jantan akan mempunyai 2 testis atau bola yang menggantung, jika kelinci masih kecil memang sedikit sulit untuk melihatnya. Sedangkan kelinci betina tidak mempunyai testis seperti halnya kelinci jantan.

Dari situlah perbedaan kelinci jantan dan betina bisa terlihat melalui alat kelaminnya.


3. Ukuran Tubuh

Selain melihat perbedaan dari bentuk kepala dan alat kelamin, membedakan kelinci jantan dan betina juga bisa dilihat dari ukuran tubuhnya. Umumnya ukuran tubuh kelinci jantan akan terlihat lebih kecil, sedangkan kelinci betina mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar.

Tapi hal ini hanya berlaku pada kelinci yang memiliki jenis yang sama, misalnya kelinci anggora dengan kelinci anggora. Jika berbeda jenis, maka perbedaan jenis kelamin kelinci ini tidak bisa benar-benar dilakukan dengan akurat.

Banyak yang beranggapan bahwa kelinci jantan adalah yang mempunyai ukuran tubuh lebih besar ketimbang betina, padahal malah sebaliknya. Anggapan ini banyak di yakini oleh sebagian orang pemula atau orang awam yang tidak mengetahui perbedaannya.

Ketika kelinci betina sedang hamil, maka bobot tubuhnya akan semakin besar lagi.


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina Yang Paling Menonjol. Semoga dengan adanya konten artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta memberikan edukasi wawasan keilmuan yang baru mengenai perbedaan kelinci.

Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir dan mengunjungi website kami, mohon maaf apabila terdapat kalimat atau kata-kata yang kurang baik dalam penulisan artikel. Bantu kami dengan memberikan support berupa rekomendasi situs kepada rekan-rekan disekitarmu. 

Related Posts

Posting Komentar

close