Entri Populer

5+ Jenis Serangga Yang Biasanya Ada di Sawah

Posting Komentar

5+ Jenis Serangga Yang Biasanya Ada di Sawah - Ekosistem sawah menjadi faktor penting di dalam memenuhi kebutuhan pangan. Keanekaragaman hayati yang berada di sawah seperti adanya hewan, mikroorganisme dan jenis tanaman yang berada di dalam ekosistem sawah sangat berpengaruh terhadap ekosistem yang ada di sawah.

foto : pixabay.com

Flora dan fauna yang dimiliki oleh agroekosistem padi sawah yang termasuk rendah, sehingga keseimbangan yang tercipta bersifat labil. Sementara itu, di sawah serangga hama berperan sebagai masalah utama yang menyerang usaha pertanian sejak masih berada di persemaian hingga menjelang panen. Bahkan serangga hama juga menyerang hingga pascapanen. 

Serangga di bidang pertanian telah menjadi permasalahan yang terlepas dari peran serangga sebagai hama. Serangga di dalam hal ini berperan sebagai salah satu kelompok binatang yang menjadi hama utama bagi banyak jenis tanaman yang dibudidayakan oleh manusia. 

Beberapa kelompok serangga di dalam keanekaragaman fungsi pada agroekosistem padi sawah yaitu terdiri atas serangga hama, serangga netral, musuh alami. Musuh alami sebagai komponen biotik yang mengatur populasi serangga hama di agroekosistem. Sementara itu, arthropoda yang memiliki peran sebagai musuh alami di agroekosistem yang ada pada padi sawah yaitu meliputi parasitoid dan predator.


Serangga Pada Ekosistem Sawah

Umumnya, para petani seringkali menjaga sawah-sawahnya dari hama serangga yang seringkali merugikan. Para petani biasanya memberikan cairan untuk menjaga dan mencegah para hama serangga mendekat ke area sawah.

Akan tetapi, sebenarnya tanpa melakukan seperti pemberian cairan pun masih ada predator untuk membasmi hama sawah. Rantai makanan yang saling berhubungan ini akan menjadi ekosistem alami yang akan terus berjalan.

Baca Juga :

Keberagaman jenis serangga, memiliki dampak positif yang sangat penting untuk menjaga tingkat kestabilan di dalam ekosistem padi sawah. Akan tetapi, serangga hama yang ada di sawah tidak selalu bersifat merusak produktivitas yang ada di sawah. Oleh karena itu, yuk disimak apa saja serangga yang ada di sawah berikut ini.

Untuk mengetahui apa saja serangga yang hidup disawah, simak terus konten artikel ini hingga akhir ya.


Jenis Serangga Yang Biasa Ada di Sawah

Beberapa contoh serangga yang ada di dalam ekosistem sawah yaitu sebagai berikut :

1. Wereng 

Secara umum, wereng merupakan panggilan kepada serangga pengisap cairan yang berada di dalam tumbuhan. Objek yang dihisap merupakan tumbuhan dengan ordo Hemiptera dan subordo Fulgoromopha yang memiliki ukuran kecil. Jenis wereng ini terdiri dari berbagai macam jenis. Salah satunya terdapat wereng coklat, wereng hijau dan wereng zig – zag. 

Wereng coklat seringkali menyebabkan daun yang sebelumnya berwarna hijau kemudian berubah menjadi oranye atau kekuningan dan setelah itu menjadi coklat. Hal ini seringkali dikenal dengan istilah hopperburn yang mampu membunuh tanaman. 

Sementara itu, jika wereng hijau juga menyebabkan kerusakan kritis ketika menyerang tanaman. Hal tersebut dapat terjadi karena wereng hijau menyebarkan virus penyakit tungro pada tanaman. Wereng zig – zag menyebabkan ujung pada daun berubah menjadi kering, sehingga semua daun menjadi kering dan daun berubah menjadi oranye.


2. Jangkrik

Jangkrik yang berada di sawah yang biasa disebut gryllids, biasanya sering memakan daun hingga membuat lubang yang keluar menjadi tidak beraturan dan menyebabkan sampai membujur. 

Jangkrik sawah ini biasanya memakan malai muda, tangkai, biji. Jika mereka makan tanaman ini akan menyebabkan kerusakan yang berlebihan bahkan hingga menyebabkan tanaman mati.


3. Belalang Sawah

Belalang yang ada di sawah menjadi salah satu hewan yang seringkali mampu merusak produktivitas tanaman yang ada di sawah. Contoh belalang yang menyerang tanaman yang ada di sawah yaitu seperti belalang padi, belalang jagung dan yang lainnya.

Selain di persawahan, belalang juga biasanya hidup di semak-semak yang cukup lebat. 


4. Kutu Hitam

Hewan selanjutnya yang biasanya berada di sawah adalah Kutu Hitam. Kutu hitam ini akan merusak tanaman padi dari proses pembibitan hingga padi siap panen. Kutu hitam ini melemahkan tanaman dan menghasilkan biji.


5. Walang Sengit

Hewan terakhir yang biasa hidup di sawah yaitu Walang Sengit, Serangga ini biasanya menghancurkan beras dengan cara mengisap isi biji-bijian yang berkembang, sehingga menyebabkan biji-biji tidak berisi atau sekedar berubah warna


Penutup

Demikian penjelasan mengenai ekosistem sawah dan serangga yang ada di dalamnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membacanya serta dapat menambah wawasan baru tentang jenis-jenis serangga yang hidup di sawah.

Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, mohon maaf apabila terdapat salah-salah kata atau kalimat dalam penulisan konten artikel ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada rekan-rekan di sekitarmu.

Cek artikel menarik lainnya pada situs ini 

Related Posts

Posting Komentar