Entri Populer

4+ Cara Mengetahui Perbedaan Kucing Hamil Dan Gendut

Posting Komentar

4+ Cara Mengetahui Perbedaan Kucing Hamil Dan Gendut - Kucing merupakan hewan yang sangat menggemaskan dengan tingkah lakunya yang lucu dan sulit ditebak. Selain tingkah lakunya, banyak orang yang memelihara kucing karena bentuk bulunya yang unik serta jenis ras kucing yang langka.

foto: instagram @fitrikurn7


Jika memiliki kucing betina mungkin akan sedikit kerepotan dibandingkan dengan kucing jantan, apalagi ketika kucing dalam kondisi hamil. Perlu perhatian lebih untuk menjaga sang kucing dari hal-hal yang tidak di inginkan. 



    Namun, dalam beberapa pengalaman yang terjadi selama ini. Pemilik kucing betina agak sedikit dibingungkan ketika kucingnya secara tidak sadar perutnya mulai membesar dari hari ke hari. Apakah perut si kucing membesar karena sedang hamil ataukah gemuk karena terlalu banyak makan.

    Hal ini biasanya terjadi pada musim kawin dan kucing di liarkan diluar tidak didalam rumah sehingga kurang terpantau aktivitasnya.


    Perbedaan Kucing Sedang Hamil dan Kucing Gemuk

    Pada musim kawin, kucing jantan atau kucing betina yang tidak di steril akan keluar rumah untuk mencari lawan jenis. Insting alami akan memaksa keluar meskipun kucing seringkali dikurung didalam rumah.

    Meskipun agak sedikit dibingungkan dengan kucing sedang hamil ataupun kucing yang memang gemuk, terdapat perbedaan yang bisa di cermati untuk membedakannya. Perbedaannya pun cukup terlihat sangat berbeda dari kucing yang sedang hamil dengan kucing yang gemuk.

    Ada beberapa tips untuk membedakan kucing hamil dan kucing gemuk, apa saja perbedaannya? Silahkan simak berikut ini :


    1. Perhatikan Puting Kucing

    Hal pertama yang bisa dilihat adalah dengan memperhatikan warna puting kucing, kucing yang sedang hamil akan memiliki puting berwarna merah muda. Kondisi ini terlihat ketika perut dari sang kucing mulai membesar. 

    Sedangkan, untuk kucing yang gemuk tidak memiliki puting berwarna merah muda. Jika kondisi perutnya besar namun warna puting pucat maka bisa dipastikan bahwa kucing mengalami kegemukan.    


    2. Perhatikan Berat Badan

    Setelah musim kawin kucing selesai, perubahan berat badan pada kucing yang sedang hamil akan mengalami perbedaan yang signifikan. Berat badan kucing akan meningkat drastis pada usia pertengahan kehamilan.  

    Namun, jika perubahan kondisi berat badan meningkat secara perlahan bisa dipastikan kucing hanya mengalami kegemukan bukan hamil. Akan tetapi, harus tetap di cek secara berkala. 


    3. Perhatikan Kondisi Perut 

    Selalu perhatikan kondisi perut kucing pada saat setelah musim kawin tiba, kucing yang sedang mengalami hamil akan sangat terlihat perubahan bentuk pada perutnya. Perubahan bentuk perut menjadi lebih besar akan terlihat sangat jelas, terlebih jika induk kucing mengandung lebih dari 1 ekor anak kucing.

    Kondisi perut kucing yang sedang hamil akan lebih buncit dibandingkan dengan kucing yang kegemukan. Kucing yang kegemukan memiliki perut yang besar namun tidak buncit melebar bentuk perutnya.


    4. Perhatikan Nafsu Makan

    Jika pola makan yang sebelumnya biasa lalu berubah menjadi lebih meningkat nafsu makannya, bisa dijadikan sebagai acuan bahwa kucing sedang hamil. Kucing yang sedang hamil akan mengalami peningkatan nafsu makan yang sangat drastis dari keadaan normal. Biasanya, dari usia awal kehamilan pola makannya akan meningkat.

    Kemungkinan kucing hamil bisa sangat terjadi ketika pola makan meningkat, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa kucing hanya ingin makan banyak saja. Tapi, pola makan yang secara tiba-tiba berubah menjadi lebih tinggi nafsu makannya, perlu di cek secara cermat.


    Penutup

    Perbedaannya cukup jelas bukan? Setidaknya dengan mengetahui informasi itu bisa memberikan ketenangan untuk menangani kucing dengan tepat. 

    Demikianlah artikel tentang 4+ Cara Mengetahui Perbedaan Kucing Hamil Dan Gendut. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang saat ini membacanya, juga bisa menambah wawasan baru mengenai kucing. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai habis, jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, bagikan pada rekan sekitarmu agar mendapatkan manfaat yang sama.

    Apabila ada pertanyaan terkait isi artikel ini, tuliskan pada kolom komentar ya.

    Related Posts

    Posting Komentar