Cara Mengusir Hama Burung Hantu di Rumah Burung Walet

Cara Mengusir Hama Burung Hantu di Rumah Burung Walet - Setiap melakukan budidaya apapun, tentunya perlu mengetahui ilmu dasar yang perlu dipelajari terlebih dahulu sebelum memulai agar bisa memberikan hasil yang maksimal ketika terjun langsung untuk berbudidaya.

foto: instagram @nice_viewfoto

Budidaya apapun itu pastinya memiliki tantangan yang berbeda-beda, hasil panen yang di tuai tergantung dari apa yang ditanam sebagai pembudidaya. Semakin banyak ilmu yang dimiliki untuk berbudidaya maka hasilnya akan jauh lebih baik ketimbang tidak memiliki ilmu dasar.



    Untung dan rugi dalam berbudidaya itu sudah sangat biasa, tinggal kita-nya saja sebagai pembudidaya harus bisa meminimalisir kerugian yang ditimbulkan akibat berbagai hal, salah satunya adalah kerugian karena hama.

    Hama menjadi musuh besar bagi para pembudidaya, apapun budidaya-nya pasti selalu memiliki hama yang perlu di waspadai dan di berantas keberadaannya. Misalnya hama tikus yang terjadi pada padi di sawah, atau juga hama burung hantu bagi pembudidaya sarang burung walet.


    Cara Mencegah Burung Hantu Masuk ke Rumah Burung Walet

    Burung hantu merupakan salah satu hewan nokturnal yang dapat menjadi musuh bagi para pembudidaya sarang burung walet. Burung hantu sudah dikenal menjadi hama utama untuk para pembudidaya burung walet karena dianggap menjadi predator bagi walet.

    Bagi petani padi sebetulnya burung hantu ini sangat berguna karena bisa menjaga padi-padi dari serangan hama tikus. Burung hantu akan memangsa tikus yang ada di sawah, cara tersebut terbukti efektif untuk mengatasi hama tikus di sawah. Akan tetapi berbeda untuk pembudidaya walet, burung hantu menjadi hama.

    Burung hantu seringkali masuk ke dalam sarang burung walet bukan tanpa sebab, terdapat hal yang disukai sehingga burung hantu sering menghampiri sarang walet. Burung hantu datang ke sarang untuk memangsa walet, salah satu makanan yang disukai-nya selain tikus.

    Dengan adanya hama burung hantu pada sarang walet, akan sangat menganggu hasil dari sarang walet. Maka dari itu, perlu penanganan dengan serius untuk mangatasi masalah ini agar tidak terjadi kegagalan.


    Mengatasi Serangan Burung Hantu di Sarang Walet

    Meskipun burung hantu termasuk hama bagi walet, tidak perlu terlalu khawatir karena hal tersebut masih bisa di minimalisir dengan mengusir burung hantu dari sarang walet. Dengan adanya tips ini diharapkan mampu mencegah datangnya burung hantu ke sarang burung walet.

    Berikut ini tips untuk mencegah serangan hama burung hantu bagi sarang walet.

    1. Terangi Sarang Dengan Lampu Terang

    Menerangi sarang dengan lampu bisa mencegah datangnya burung hantu ke sarang walet, hal ini karena burung hantu takut akan cahaya terang. Anda bisa menggunakan lampu berdaya 10 watt yang di letakkan di atas pintu sarang.

    Lampu dinyalakan pada pukul 19.00 atau jam 7 malam sampai dengan waktu subuh tepatnya jam 5 pagi. 

    Dengan melakukan langkah ini, diyakini akan mencegah datangnya hama burung hantu ke sarang walet. 


    2. Menggunakan sistem buka tutup pintu

    Cara lainnya untuk mencegah datangnya burung hantu ke sarang walet, menggunakan sistem buka tutup pintu secara otomatis. Burung hantu bisa masuk ke dalam sarang walet jika pintu dalam keadaan terbuka. 

    Dengan menggunakan sistem seperti itu, pintu akan secara otomatis tertutup pada jam-jam malam dan kembali terbuka pada pagi harinya. 


    3. Tutup pintu sarang walet

    Jika tidak bisa membuat sistem pintu secara otomatis, Anda juga bisa menutup pintu sarang walet dengan pintu manual. Pintu harus ditutup ketika malam datang, sekitar jam 7 malam dan dibuka kembali pada saat pagi hari.

    Cara ini bisa mencegah datangnya burung hantu ke sarang walet.


    Penutup

    Demikianlah artikel tentang Cara Mengusir Hama Burung Hantu di Rumah Burung Walet. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa memberikan informasi seputar walet yang dapat bermanfaat bagi Anda yang saat ini membaca artikel ini. Tetap semangat dalam berbudidaya sarang burung walet dan jangan menyerah dengan keadaan.

    Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog yang sederhana ini, apabila artikel ini memiliki isi konten yang informatif bagi Anda, silahkan untuk membagikan-nya pada rekan sekitarmu agar temanmu mendapatkan manfaat yang sama.

    Jika ada pertanyaan ataupun kesalahan dari isi konten ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar.


    Related Posts

    Posting Komentar