Entri Populer

Kenapa Kucing Sering Menjilati Tubuhnya Sendiri? Ini Penjelasan dan Alasannya

Posting Komentar

Kenapa Kucing Sering Menjilati Tubuhnya Sendiri? Ini Penjelasan dan Alasannya - Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit yang banyak di pelihara oleh manusia. Terdapat banyak jenis kucing yang bisa di rawat, perbedaan dari jenis kucing biasanya terlihat dari bentuk bulu, bentuk tubuh, warna, ekor, mata dan telinga.

foto: instagram @yoshiko_12_18

Kucing memang hewan yang lucu dan menggemaskan, membuat siapapun orang yang melihatnya ingin memilikinya. Hal tersebut pula yang menjadi salah satu alasan banyak orang memelihara kucing di rumah.

Selain memiliki wajah yang imut, tingkah laku dari kucing pun terkadang sangat sulit untuk di tebak. Tingkah lakunya kadang unik dan membuat kita terheran-heran, apalagi jika kucing yang kita rawat masih anak-anak, biasanya akan sangat super aktif.

Kucing bisa menjadi teman atau sahabat yang bisa diajak bermain dan bercanda dikala sepi melanda. Bagi sebagian orang, kucing yang sudah dirawat selama bertahun-tahun akan sangat disayangi layaknya seperti manusia pada umumnya. 


Penyebab Kucing Menjilati Tubuhnya Sendiri

Merawat atau memelihara kucing di rumah cukup mudah, hanya perlu memberikan makan dan minum tiap hari secara rutin, menyediakan pasir untuk tempat kucing membuang kotorannya serta membersihkan kotorannya agar tidak menumpuk, memandikannya setiap beberapa kali dalam satu minggu atau 1 bulan.

Namun perlu kehati-hatian apabila merawat kucing yang di lepas diluar rumah (tidak di dalam rumah) karena bisa saja kucing berkelahi dengan kucing lainnya sehingga mendapatkan luka ketika pulang ke rumah atau tertular penyakit dari kucing lain. 

Baca Juga :

Akan tetapi, jika kucing mengalami sesuatu yang tidak normal akan terlihat berbeda dari biasanya. Misalnya ketika ada luka pada bagian tubuhnya, akan sangat memproteksi ketika ada yang ingin menyentuh bagian luka tersebut.

Selain itu, kucing memiliki kebiasaan yang cukup unik yaitu menjilati bagian tubuhnya sendiri. Kebiasaan ini sangat sering dilakukan oleh kucing dan dilakukan secara berulang-ulang bahkan terkadang dalam waktu yang cukup lama. Nah, pada saat mendapati luka pada bagian tubuhnya, kucing pun kadang-kadang akan menjilati bagian tubuh yang terluka.


Alasan Kucing Sering Menjilati Tubuhnya Sendiri

Kucing menjilati tubuhnya sendiri bukan tanpa sebab, selain karena adanya luka pada bagian tubuhnya, ada beberapa alasan lain yang membuat kucing menjilati bagian tubuhnya sendiri. 

Berikut ini Alasan Kucing Menjilati Tubuhnya Sendiri :

1. Membersihkan Luka Agar Tetap Bersih
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, biasanya kucing akan menjilati bagian tubuh yang terdapat luka. Hal ini dilakukan untuk membersihkan luka dari kuman dan menjadi antibiotik alami sehingga proses penyembuhan dapat berjalan dengan cepat.

Namun apabila luka di olesi oleh obat atau salep, berikan lingkaran corong penutup leher agar luka yang sudah di olesi salep tidak di jilati oleh kucing.

2. Membersihkan Badan Dari Kotoran
Alasan lainnya mengapa kucing menjilati tubuhnya sendiri adalah untuk membersihkan badan dari kotoran yang menempel. Ketika kucing berkeliaran diluar rumah, sudah tentu kucing tidak akan memperhatikan kebersihan pada suatu lingkungan. Kucing akan berjalan dan mengunjungi tempat yang kotor sekalipun jika memang ia menginginkannya.

Namun, pada saat pulang ke rumah, biasanya ia akan membersihkan badannya secara berkala. Kaki atau bagian tubuhnya yang kotor akan di jilati satu persatu hingga bersih, karena sejatinya kucing pun tidak akan nyaman dengan keadaan tubuh yang kotor. 

3. Menjaga Suhu Tubuh
Selanjutnya, kucing dapat menjaga suhu tubuhnya dengan cara menjilati bagian tubuhnya. Pada saat kucing merasa bagian tubuhnya tidak normal misalnya karena kedinginan atau panas uap, ia akan menjilati di beberapa bagian tubuhnya agar suhu tubuhnya terasa hangat dan normal seperti biasanya.

Maka jangan heran ketika dalam kondisi dingin karena AC, kucing menjilati bagian tubuhnya di lantai karena merasa kedinginan.

4. Menghapus Bau Dari Tubuh
Kucing dikenal memiliki indra penciuman yang sangat kuat, bahkan lebih baik daripada manusia. Pada saat merasa terancam, kucing akan menjilati tubuhnya untuk menghilangkan bau yang ada pada tubuhnya. Penciuman kucing sangatlah tajam, sehingga secara alamiah akan menunjukkan respon perlindungan diri saat adanya predator.

Penutup

Sekian artikel tentang Kenapa Kucing Sering Menjilati Tubuhnya Sendiri? Ini Penjelasan dan Alasannya. Semoga dengan adanya konten artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta memberikan wawasan pengetahuan baru mengenai kucing.

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkunjung dan membaca artikel ini hingga akhir. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata ataupun kalimat dalam penulisan artikel. Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu agar mereka juga dapat merasakan manfaat yang sama.

Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, silahkan tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar dibawah ini. 

Related Posts

Posting Komentar