Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Sedang Hamil

Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Hamil - Mempunyai hobi untuk mengkoleksi dan memelihara ikan cupang memiliki keistimewaan tersendiri bagi para pecinta ikan cupang. Hobi yang sebetulnya ada sejak tahun 2000an memang sudah digandrungi sejak dahulu, namun pada saat awal pandemi kemarin sempat tren dan booming lagi di beberapa wilayah.

foto: instagram @hiro_betta

Membicarakan tentang ikan cupang seakan tidak ada habisnya, selalu ada hal yang dibahas mengenai ikan satu ini. Apalagi untuk seorang pemula yang baru merawat ikan cupang, akan selalu mencari tahu mengenai ikan cupang. 

Ada beberapa teknik pengembangbiakan yang perlu dikuasai untuk memelihara ikan cupang agar perkembangan ikan baik, karena tidak semudah yang dibayangkan untuk memelihara dan merawat ikan ini. 

Teknik pengembangbiakan misalnya, teknik untuk mengawinkan ikan cupang dengan baik, teknik untuk mencerahkan kulit ikan cupang, atau teknik untuk mengetahui cupang betina sedang hamil. Nah, di artikel ini akan membahas beberapa ciri-ciri ikan cupang betina yang sedang hamil.


Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Hamil

Seorang pemula yang baru merawat ikan cupang biasanya ingin cepat memiliki anakan ikan cupang. Tanpa di dasari ilmu dan teknik lebih dulu, kemudian mencoba mengawinkan ikan cupang jantan dengan ikan cupang betina, lalu merasa kebingungan apakah hasil perkawinan itu sudah berhasil atau tidak.

Maka dari itu, penting sekali teknik dan dasar ilmu dalam merawat ikan cupang. Apalagi bagi seorang budidaya ikan cupang, wajib mengetahui bagaimana kondisi ikan cupang dan teknik cara merawatnya termasuk ciri-ciri betina yang sedang hamil. 

Ikan cupang betina bisa menghasilkan telur sampai dengan 100 telur dalam sekali kawin, tetapi hanya sekitar 30 - 50 persen saja yang mampu bertahan hidup.  

Ada hal unik dari ikan cupang, ikan cupang betina yang sudah pernah bertelur tidak boleh kawin lagi, namun ikan cupang jantan masih boleh kawin lagi dengan rentang waktu.

Ikan betina yang sedang hamil, bisa terlihat dengan beberapa ciri-ciri berikut ini :


Perut Ikan Betina Lebih Besar

Ciri yang paling terlihat, Ikan cupang betina yang sedang hamil akan terlihat lebih besar perutnya dari keadaan normal. Maka dari itu, perlu di cek secara cermat ketika setelah proses pembuahan oleh sang jantan. 

Peningkatan volume perut yang lebih besar pada saat hamil juga terjadi pada hewan lainnya selain ikan, namun pada ikan cupang akan memiliki telur bukan melahirkan seperti manusia ataupun mamalia. 

Garis & Titik Putih Pada Perut

Ciri lain selain dari perutnya yang membesar, ikan cupang betina yang sedang hamil akan terlihat adanya garis putih dan titik putih pada perutnya. Jika diperhatikan, ketika ikan cupang betina sedang dalam fase pembuahan akan terlihat garis dan titik putih pada perutnya.

Garis putih dan titik putih dikenal juga dengan ovipositor yang merupakan organ tubuh ikan cupang untuk bertelur. 


Penutup

Sebagai seorang budidaya atau betta lovers yang hobi memelihara ikan cupang perlu mengetahui ciri-ciri ikan cupang yang sedang pembuahan agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari.

Demikianlah artikel tentang Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Sedang Hamil, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya dan memberikan wawasan baru mengenai ikan cupang. 

Terimakasih sudah membaca dan mengunjungi artikel pada website ini, apabila artikel ini berisi konten yang bermanfaat, silahkan bagikan pada rekan sekitarmu untuk merasakan manfaat yang sama dari informasi artikel ini. 

Jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan isi artikel, silahkan tuliskan pada kolom komentar.

 

Related Posts

Posting Komentar