Penyebab Ikan Louhan Yang Mati Mendadak

Penyebab Ikan Louhan Yang Mati Mendadak - Ikan Louhan merupakan ikan hias yang banyak di pelihara oleh beberapa orang karena keunikan dan bentuk warna tubuhnya yang indah. Ikan yang terkenal dengan kepala jenongnya ini memang memiliki banyak penggemar, khususnya yang ada di Indonesia.

foto: instagram @flowhobbies

Ada berbagai macam jenis Ikan Louhan yang bisa dipilih untuk dipelihara, tiap-tiap jenisnya memiliki perbedaan masing-masing dan tentunya terdapat kelebihan serta kekurangan. Selain itu, harga setiap jenis Ikan Louhan ini pun di banderol dengan harga yang berbeda pula.



Tidak hanya untuk sekedar hobi merawat saja, Ikan Louhan juga bisa dijadikan sebagai lahan bisnis yang menjanjikan jika di seriusi dengan tekun. Berbudidaya Ikan Louhan sama dengan halnya ikan lainnya, gampang-gampang susah tergantung kitanya ingin serius atau tidak.

Untuk menjadi seorang pembudidaya Ikan Louhan, Anda harus mengetahui berbagai macam teknik perawatan Ikan Louhan, dari proses pertumbuhan hingga proses reproduksi, mengetahui jenis penyakit yang sering menyerang Ikan Louhan dan cara pengobatannya, ataupun hal lainnya yang berkaitan dengan Ikan Louhan.


Kenapa Ikan Louhan Tiba-Tiba Mati?

Setiap makhluk hidup pastinya pernah mengalami sakit yang diakibatkan dari berbagai macam faktor, kesalahan dalam merawat Ikan Louhan pun bisa menjadi salah satu faktornya. Akibat salah dalam merawat Ikan Louhan bisa menyebabkan Ikan sakit atau bahkan menyebabkan kematian.

Dalam beberapa kasus yang dialami oleh pembudidaya Ikan Louhan, sering terjadi fenomena Ikan mengalami mati mendadak. Fenomena ini tentunya sangat mengkhawatirkan bagi setiap pembudidaya karena akan merugikan mereka.

Namun, kematian secara mendadak pada Ikan Louhan masih bisa di minimalisir apabila kita mengetahui penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab dari Ikan Louhan yang mati secara mendadak, kita dapat mencegah sebelum terjadinya kematian.

Dibawah ini merupakan beberapa penyebab yang dapat menyebabkan Ikan Louhan mati secara mendadak, kira-kira apa saja ya? Silahkan disimak ulasannya berikut ini.


Penyebab Ikan Louhan Yang Mati Mendadak

1. Ikan Stres

Ikan Louhan yang mengalami mati mendadak bisa di awali dari stres. Ikan yang mengalami stres biasanya menjadi murung, tidak terlihat agresif, lesu, tidak mau makan atau kurangnya nafsu makan, dan ciri-ciri lainnya bisa terlihat dengan jelas.

Ikan yang mengalami stres jangan menganggap hal yang biasa, jangan dibiarkan begitu saja apabila terdapat ciri-ciri Ikan yang sedang stres karena bisa mengakibatkan kematian. 

Ikan Louhan yang mengalami stres bisa terjadi karena berbagai macam faktor, namun biasanya terjadi karena kualitas air aquarium, suhu aquarium, dan kurangnya dalam pemberian pakan.


2. Sakit

Selain stres, penyebab selanjutnya yang dapat menyebabkan kematian mendadak pada Ikan Louhan adalah Ikan mengalami sakit. Ikan yang mengalami sakit perlu penanganan yang serius agar Ikan bisa kembali sehat seperti sedia kala.

Terdapat beberapa jenis penyakit Ikan Louhan yang dianggap berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, ketika Ikan mengalami sakit diagnosis terlebih dahulu penyakit apa yang sedang menjangkiti Ikan. Setelah itu, berikan pengobatan sesuai dengan penyakit yang di derita. 


3. Di Mangsa Sesama Ikan Louhan

Penyebab lain Ikan Louhan yang mati mendadak adalah di mangsa oleh sesama Ikan Louhan. Ikan Louhan merupakan salah satu ikan hias yang tergolong agresif, dalam beberapa kasus yang terjadi, apabila Ikan Louhan disatukan dengan Ikan Louhan lainnya biasanya akan terjadi saling serang.

Meskipun pakan diberikan secara teratur dan rutin tidak akan mengurangi perselisihan antara Ikan Louhan ketika disatukan dalam wadah aquarium yang sama. 


Penutup

Demikianlah artikel tentang Penyebab Ikan Louhan Yang Mati Mendadak. Nah, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda, khususnya para pembudidaya Ikan Louhan. 

Terimakasih sudah membaca artikel ini, share dan rekomendasikan pada rekan-rekan sekitarmu agar mereka juga bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat mengenai Ikan Louhan ini.

Jika ada pertanyaan seputar isi dari konten artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar ya. 

Related Posts

Posting Komentar