Entri Populer

4+ Perbedaan Ikan Louhan Jantan dan Betina Yang Perlu Diketahui

Posting Komentar

Perbedaan Ikan Louhan Jantan dan Betina Yang Perlu Diketahui - Ikan Louhan menjadi salah satu ikan hias yang dipelihara oleh banyak orang di rumahnya. Ikan ini memiliki ciri khas pada jenongnya yang besar dan memiliki warna tubuh yang cantik. Ciri khas tersebutlah yang membuat banyak orang tertarik untuk merawat serta memelihara ikan hias ini.

foto: instagram @louhan88_medan 


Selain karena ciri khasnya, harga jual yang dapat melambung tinggi pun menjadi salah satu alasan untuk merawat ikan Louhan ini. Ikan Louhan juga dipercaya dapat membawa peruntungan bagi siapapun yang memeliharanya.

Secara umum, perawatan dari ikan Louhan cukup mudah, seperti memberi pakan yang berkualitas, menyiapkan aquarium yang layak, rutin membersihkan kualitas air, dan membersihkan filter aquarium secara berkala.

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan Louhan, akan lebih baik untuk mempelajari cara perawatannya hingga berkembang biak terlebih dahulu agar tidak terjadi kebingungan saat sudah memelihara ikan Louhan.


4+ Perbedaan Ikan Louhan Jantan dan Betina

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ikan Louhan ini memiliki keunikan pada jenongnya yang berbeda dengan ikan hias lainnya. Jenong pada ikan Louhan ini bisa dipakai untuk membedakan antara ikan Louhan jantan dan betina.

Membedakan ikan Louhan jantan dan betina mungkin akan sangat mudah bagi yang sudah ahli pada perlouhanan, namun akan sangat terasa sulit untuk membedakan antara jantan dan betina bagi pemula yang baru terjun memelihara ikan Louhan

Untuk membedakan antara ikan Louhan jantan dan betina, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya. Cara ini biasa juga dilakukan oleh para pecinta Louhan yang sudah ahli dan untuk para pemula sekalipun bisa mencobanya.

Perbedaan ikan Louhan jantan dan betina ini banyak terlihat dari bentuk tubuhnya, kira-kira apa saja sih perbedaan ikan Louhan jantan dan betina? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, silahkan simak artikel ini hingga akhir ya.


Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Louhan Betina

1. Cek Organ Kelamin

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek organ kelamin dari ikan Louhan. Cara ini bisa dikatakan sangat valid karena langsung mengecek organ kelaminnya, seperti hal-nya pada manusia yang memiliki kelamin berbeda. 

Organ kelamin pada ikan Louhan jantan mempunyai tonjolan sedikit kebawah pada area perutnya, sementara ikan Louhan betina mempunyai tonjolan cekung dan tidak terlalu menonjol.


2. Perhatikan Jenong Louhan

Ikan Louhan memang terkenal dengan jenong yang menjadi ciri khasnya, akan tetapi ciri khas tersebut dapat menjadi parameter untuk membedakan jenis kelamin (jantan atau betina) dari ikan Louhan. 

Louhan yang memiliki jenong lebih besar dan bulat sempurna adalah Louhan jantan. Sedangkan untuk Louhan betina memiliki jenong yang lebih kecil dari Louhan jantan. 

Namun, membedakan jenis kelamin melalui jenongnya biasanya dilakukan saat Louhan dewasa, karena akan sangat sulit untuk membedakan Louhan jantan atau betina pada saat ikan masih kecil atau anakan.


3. Ukuran Tubuh Ikan

Selain mengecek organ kelamin dan jenongnya, ukuran tubuh dari ikan Louhan bisa juga dijadikan sebagai parameter untuk membedakan antara Louhan jantan dan betina.

Louhan jantan akan memiliki tubuh atau badan yang lebih besar dibandingkan dengan Louhan betina. Jika dibandingkan ukuran tubuhnya, akan sangat berbanding terbalik. Louhan jantan dengan tubuh besarnya sedangkan Louhan betina dengan tubuh gempal serta perut yang agak buncit.


4. Cara Berenang Ikan

Cara selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai parameter untuk membedakan Louhan jantan dan betina adalah dari cara berenangnya.

Ikan Louhan jantan akan terlihat lebih agresif, liar, dan lincah pada saat berenang di dalam aquarium. Sedangkan ikan Louhan betina terlihat lebih tenang, pendiam, pasif dan santai pada saat berenang dalam air.


Penutup

Sekianlah artikel yang bisa ditulis mengenai 4+ Perbedaan Ikan Louhan Jantan dan Betina Yang Perlu Diketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat teruntuk Anda yang membaca artikel ini sampai akhir. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata ataupun kalimat dalam penulisan artikel ini.

Terimakasih sudah berkunjung pada website ini dan membaca artikel ini sampai akhir, jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan konten artikel ini kepada rekan, keluarga, komunitas-mu agar mereka mendapatkan manfaat yang sama.

Jika ada pertanyaan seputar isi dari konten artikel ini, sangat diperbolehkan dan tuliskan pertanyaan pada kolom komentar yang ada dibawah.

Related Posts

Posting Komentar