5+ Tips Lengkap Cara Budidaya Ikan Mas Koki Untuk Pemula

5+ Tips Untuk Budidaya Ikan Mas Koki - Pada saat ini ikan mas koki menjadi salah satu ikan hias yang paling digemari di Indonesia, maka tak heran apabila sudah banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara budidaya ikan mas koki yang cantik ini. Karena peluang untuk bisnis budidaya ikan hias seperti ini cukup menguntungkan. 

Selain ikan hias ini sangat popular di Indonesia, harga dari ikan mas koki juga terbilang cukup mahal dan terus stabil. Jika Anda bisa menyediakan ikan mas koki dengan jumlah yang banyak, maka hal ini akan menjadi pemasukan yang cukup lumayan.



Nah berbicara mengenai bagaimana untuk budidaya ikan mas koki, caranya cukup mudah, hal ini bisa dilakukan untuk Anda seorang pemula. Meskipun caranya cukup mudah, perlu diketahui untuk melakukan proses budidaya harus dilakukan dengan ketekunan serta ketlatenan, agar bisa berhasil dalam membudidayakan ikan hias ini dengan hasil yang diinginkan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara lengkap tips cara budidaya ikan mas koki untuk pemula. Jadi, silahkan simak baik-baik dan pelajari cara-caranya dibawah ini.


Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Jika Anda tertarik dan ingin belajar membudidayakan ikan mas koki, berikut ini adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan :

1. Siapkan Aquarium

Peralatan yang harus Anda persiapkan paling utama adalah aquarium, aquarium akan digunakan sebagai rumah bagi ikan. Agar ikan merasa nyaman, kami menyarankan aquarium untuk budidaya ikan mas koki berukuran 80 cm x 40 cm x 40 cm. Dengan ukuran aquarium seperti ini, tentu akan memudahkan Anda untuk merawat dan memantau kondisi ikan mas koki dan aquarium selama proses budidaya ikan tersebut.


2. Memilih Jenis Ikan Koki untuk Indukan

Tentukan lebih dulu jenis ikan mas koki indukan yang akan Anda budidayakan, jika belum memahami jenis-jenis ikan mas koki, sebaiknya Anda memang harus membaca artikel ini sampai akhir. Pilih salah satu jenis ikan mas koki terlebih dahulu, jika Anda memang baru pertama kali membudidaya ikan hias ini.


Cara Memilih Indukan Mas Koki yang Berkualitas: 

  • Ikan agresif, atau tidak berdiam diri di dasar aquarium atau loyo.
  • Warna Ikan Cerah serta tidak ada bercak luka sedikit pun.
  • Ikan tidak sedang terkena sebuah penyakit apapun.
  • Fisik dari ikan lengkap dan tidak cacat sedikitpun.


3. Ikan Mas Koki Jantan dan Betina Harus Bisa Anda Bedakan

Berikut ini ada beberapa perbedaan ikan mas koki jantan dan betina yang diantara keduanya, sebagai berikut :

Ikan Mas Koki Jantan

  1. Ikan Mas koki jantan memiliki perbedaan pada siripnya. Kebanyakan ikan mas koki jantan akan mempunyai sirip dengan bintik-bintik putih pada area sisi siripnya.
  2. Anda harus memperhatikan anus dari ikan mas koki. Pada ikan mas koki jantan, memiliki anus yang berpenampakan agak rata.
  3. Pada ikan mas koki jantan, memiliki bentuk tubuh secara keseluruhan sangat berbeda dengan ikan mas koki yang betina. Ikan mas koki jantan fisiknya akan cenderung ramping.


Ikan Mas Koki Betina

  1. Pada Ikan Mas Koki betina tentunya sangat berbeda dari ikan mas koki yang jantan. Pada bagian sirip ikan mas koki tidak terdapat bintik-bintik putih, dalam kata lain sirip dari ikan mas koki yang betina mulus.
  2. Bentuk anus dari Ikan Mas Koki betina lebih menonjol dari pada ikan mas koki yang jantan.
  3. Bentuk tubuh dari Ikan Mas Koki betina lebih bulat atau gendut dibandingkan dengan ikan mas koki jantan.


4. Cara Mengawinkan Indukan Ikan

Untuk mengawinkan ikan mas koki adalah dengan cara menaruh indukan ikan koki ke dalam aquarium yang sudah Anda dipersiapkan sebelumnya, sebaiknya Anda menambahkan tanaman enceng gondok.

Penambahan tanaman ini berguna untuk memberikan kenyamanan pada ikan mas koki saat melakukan proses perkawinan, hal ini bisa juga dijadikan sebagai tempat menaruh telur-telur yang sudah dibuahi nantinya.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tanaman air lainnya, dan juga Anda dapat menambahkan kakaban atau media khusus untuk menempatkan telur-telur ikan.

Satu ekor ikan mas koki jantan, dapat membuahi dua ekor ikan mas koki betina, untuk Anda yang baru pertama kali mencoba budidaya ikan mas koki, sebaiknya Anda cukup mengawinkan satu ekor jantan dan dua ekor betina, untuk kedepannya Anda juga dapat membudidayakan hingga lima ekor jantan dalam satu waktu.

Telur-telur ikan mas koki nantinya akan dikeluarkan oleh ikan mas koki betina dan akan dibuahi oleh ikan mas koki pejantan, pembuahan yang semacam ini biasa disebut dengan pembuahan eksternal.


5. Perawatan Untuk Anakan Ikan Mas Koki

Telur-telur yang sudah dibuahi oleh ikan mas koki pejantan, akan menetas menjadi larva ikan dalam waktu kurang lebih sekitar dua hingga empat hari. Telur dari ikan mas koki betina bisa terbilang cukup banyak, sehingga tidak semua telur akan menetas. Sebaiknya Anda membuang telur-telur yang tidak menetas agar tidak mengotori aquarium.

Jika telur ikan mas koki sudah menetas dan menjadi larva, Anda tidak perlu memberikan anakan ikan koki makanan. Hal ini dikarenakan anakan dari ikan mas koki masih mempunyai cadangan makanan, yakni berupa bulatan kuning mirip seperti kuning telur pada area perut larva ikan tersebut. 

Asupan makanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan makanan dari anakan ikan mas koki selama kurang lebih tiga sampai empat hari. Jika sudah habis, Anda dapat memberi makan anakan dari ikan mas koki tersebut menggunakan kuning telur rebut.

Jika sudah berumur 14 hari, Anda dapat mengganti makananya dengan memberikan makanan ikan mas koki yang banyak dijual di pasaran. Dalam memberi makan terhadap ikan mas koki, sebaiknya Anda memberikannya sedikit demi sedikit sampai pakannya bener-bener habis. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengotori aquarium. Usahakan selalu control kondisi air, karena larva masih sensitive terhadap air yang tidak stabil.


Penutup

Demikianlah artikel tentang 5+ Tips Lengkap Cara Budidaya Ikan Mas Koki Untuk Pemula. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya. 

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang dalam penulisan artikel, rekomendasikan dan bagikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu agar mendapatkan informasi yang sama. Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar, ya.

Related Posts

Posting Komentar