Kenali Ciri-Ciri Harimau Sumatera Yang Wajib Diketahui

Kenali Ciri-Ciri Harimau Sumatera Yang Wajib Diketahui - Siapa yang tidak kenal dengan Harimau? Harimau merupakan salah satu hewan omnivora (pemakan daging) yang menjadi pemuncak ekosistem rantai makanan, mereka biasanya memangsa babi hutan atau rusa. Ada beberapa jenis Harimau yang masih hidup hingga saat ini, salah satunya adalah Harimau Sumatera.

foto : instagram @pitoy_loei

Sesuai dengan namanya, Harimau Sumatera hanya hidup di pulau Sumatera. Harimau Sumatera terkenal sebagai salah satu kucing besar tetapi sekarang sudah dalam masa terancam punah. Hilangnya habitat menjadi penyebab utama bagi hewan yang buas dan besar ini meskipun sangat dilindungi. 



Selain itu, harimau ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya unik dan membedakannya dari kucing-kucing lainnya yang ada di dunia. Habitat dan cara hidup harimau sumatera berada Jauh di dalam hutan pulau Sumatra, ia hidup sebagai pemangsa ganas yang berada di puncak rantai makanan. Tetapi meskipun menjadi pemangsa yang ganas, sekarang habitatnya telah sangat berkurang karena ulah dari manusia.

Sayangnya, Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) adalah hewan yang sangat terancam punah (critically endangered/CR), menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN).


Ciri-Ciri Fisik Harimau Sumatera

Perlu diketahui bahwa Harimau Sumatera memiliki bentuk ciri fisik yang berbeda dengan Harimau jenis lainnya, meskipun mungkin secara sepintas akan terlihat sama. Ada beberapa ciri-ciri fisik yang membedakan Harimau Sumatera dengan jenis lainnya. 

Hal yang paling relevan dari subspesies Harimau ini adalah memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan harimau lain di daratan. Ciri-ciri yang bisa terlihat dari Harimau sumatera adalah subspesies Harimau terkecil yang pernah ada. Hal ini memungkinkan mereka untuk bergerak lebih mudah di hutan lebat yang merupakan habitat mereka.

Selain itu, garis-garis vertikal khas Harimau Sumatera yang berada pada area badannya agak lebih banyak dan lebih tipis daripada Harimau lain. Kumis dari Harimau Sumatera juga lebih mengembang daripada harimau lainnya. Perbedaan ini akan sangat terlihat pada Harimau jantan.

Terlepas dari semua itu, mungkin ciri khas harimau sumatera yang paling menonjol adalah adanya selaput di antara jari-jari kaki. Selaput ini membuat mereka perenang yang sangat baik, kemampuan yang mereka gunakan untuk mendorong mangsa terestrial mereka ke dalam air.

Dalam hal berat dan ukuran, ukuran jantan rata-rata sekitar 2,30 meter (7,5 kaki) dari kepala ke ekor dan beratnya sekitar 120 kilogram (265 pon). Sedangkan Harimau Sumatera betina berukuran sekitar 2,20 meter (7,2 kaki) dan berat rata-rata sekitar 90 kilogram (200 pon).

Gaya hidup dan pola makan Harimau Sumatera di atas puncak rantai makanan di hutan, di adalah hewan karnivora. Kucing besar ini adalah predator soliter, berburu di malam hari dan mengintai mangsanya dengan sembunyi-sembunyi sebelum akhirnya menyerang mangsa dari belakang atau samping. Indra pendengaran mereka yang tajam dan penglihatan yang kuat membuat harimau ini menjadi predator yang menakutkan.


Reproduksi Harimau Sumatera

Harimau Sumatera termasuk hewan yang melahirkan, dapat berkembang biak setiap saat sepanjang tahun. Masa kehamilan harimau berlangsung sekitar 103 hari, setelah itu mereka melahirkan 1 hingga 4 anak. Anak-anak ini dibesarkan di liang, tetapi mereka tidak keluar sampai mereka berumur satu bulan. Setelah itu, mereka akan menghabiskan dua tahun pertama bersama ibu mereka sebelum menjadi mandiri dan memulai kehidupan menyendiri.


Penutup

Demikianlah artikel tentang Kenali Ciri-Ciri Harimau Sumatera Yang Wajib Diketahui. Semoga dengan adanya informasi dari artikel ini bisa memberikan edukasi yang bermanfaat tentang Harimau Sumatera bagi Anda yang membacanya. 

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini sampai habis, rekomendasikan dan bagikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu agar mereka bisa merasakan manfaat yang sama. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. Jika ada pertanyaan mengenai seputar isi dari konten artikel ini, bisa tuliskan pada kolom komentar

Related Posts

Posting Komentar