Entri Populer

5+ Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Sehat dan Tidak Sakit

Posting Komentar

5+ Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Sehat dan Tidak Sakit - Memelihara dan merawat ikan di rumah menjadi salah satu hobi yang saat ini sedang ramai dilakukan oleh banyak orang. Mayoritas orang memelihara ikan jenis ikan hias. Memelihara ikan mempunyai kesenangan tersendiri bagi kita.

foto : instagram @adteng_goldfish

Terdapat banyak jenis ikan hias yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Masing-masing ikan tentunya mempunyai karakteristik, kelebihan dan kekurangannya sendiri. Salah satu jenis ikan hias yang cukup banyak dipelihara adalah ikan mas koki.

Ikan mas koki termasuk kategori ikan hias, ikan mas koki cukup populer dan digemari di Indonesia, maka tak mengherankan jika ikan mas koki ini sudah sangat akrab ditelinga kita juga bisa ditemukan di berbagai wilayah dengan mudah.

Selain dipelihara, ikan mas koki juga banyak dibudidayakan menjadi usaha bisnis. Harga dari ikan mas koki sendiri cukup mahal namun stabil sehingga membuat banyak orang yang terjun pada bisnis ini.


Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Sehat dan Tidak Sakit

Nah, bagi Anda yang seorang pemula yang baru mau membeli ikan mas koki untuk dipelihara perlu cermat dan teliti. Pilihlah ikan mas koki yang mempunyai fisik sehat dan tidak sakit pada saat akan membeli ikan.

Ada banyak kasus yang terjadai dimana para pemula yang baru terjun di dunia ikan mas koki membeli ikan yang tidak sehat dan sakit. Tentunya hal ini harusnya tidak boleh terjadi, karena akan membingungkan apalagi jika terjadi pada seorang pemula yang belum mengetahui apa-apa.

Baca Juga :

Adapun ciri-ciri yang bisa dilihat dari ikan mas koki yang sehat dan tidak sakit. Sebagai pembudidaya ikan mas koki, harus mengetahui ciri-ciri mana ikan yang sehat dan mana ikan yang sedang sakit.

Kira-kira apa saja ya ciri-ciri dari ikan mas koki yang sehat dan tidak sakit? Bagaimana cara memilih ikan mas koki yang sehat? Mari simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahuinya.


Cara Memilih Ikan Mas Koki yang Sehat dan Berkualitas

Berikut ini ciri-ciri ikan mas koki yang sehat dan berkualitas :

1. Ikan Agresif 

Ikan mas koki yang sehat dan berkualitas akan terlihat agresif dan aktif seperti kaget pada saat aquarium di tepuk-tepuk. Ikan akan memberikan respons seperti itu apabila ikan sehat, dan jika ikan sedang sakit maka respon yang diberikan sebaliknya.

Ikan mas koki yang agresif merupakan salah satu ciri-ciri ikan sehat dan berkualitas. 


2. Kulit Tubuh Ikan Tidak Berlendir

Selanjutnya, ikan yang sehat tidak memiliki banyak lendir pada tubuhnya, jika pun ada lendir yang keluar hanyalah sedikit saja. Lendir pada ikan ini bisa terlihat dengan sangat jelas oleh mata kita. 

Ciri-ciri ini bisa dipakai untuk membedakan ikan yang sehat dan berkualitas dengan yang tidak baik dan tidak sehat.


3. Mata Ikan Jernih dan Tidak Berselaput

Kemudian ikan mas koki yang sehat juga bisa terlihat dari matanya. Mata ikan mas koki yang sehat dan berkualitas terlihat jernih dan tidak berselaput. Jika mata terlihat berselaput putih atau lubang dibagian area mata maka ikan terindikasi terserang jamur. Tentunya, hal tersebut harus di hindari oleh teman-teman.


4. Warna Insang Segar

Ciri lain yang menandakan ikan mas koki sehat dan tidak sakit adalah warna insang pada ikan mas koki berwarna merah, dan tertututup lendir. Sedangkan ikan yang tidak sehat mempunyai warna insang yang gelap.


5. Tubuh Ikan Tidak Berjamur.

Terakhir, tidak adanya jamur ataupun bercak putih yang menempel pada tubuh ikan. Ikan yang berjamur akan sangat berbahaya bagi ikan lain, karena akan menular pada ikan yang lain sehingga jika ikan terkena penyakit jamur harus dipindahkan dari aquarium dan tempatkan di aquarium sendiri.


Penutup

Demikianlah konten artikel tentang 5+ Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Sehat dan Tidak Sakit. Semoga dengan adanya konten artikel ini bisa memberikan Anda informasi yang bermanfaat. Terimakasih sudah membaca konten artikel ini hingga akhir, mohon maaf jika ada kata atau kalimat yang kurang berkenan.

Jangan lupa untuk membagikan konten artikel ini kepada rekan-rekan disekitarmu ya. Jika ada pertanyaan tentang isi dari artikel ini, silahkan tanyakan di kolom komentar yang ada dibawah ini ya.

Related Posts

Posting Komentar