Entri Populer

5+ Hewan Nokturnal Yang Hidup di Sawah

Posting Komentar

5+ Hewan Nokturnal Yang Hidup di SawahHewan merupakan salah satu makhluk hidup yang ada di dunia ini, selain manusia. Hewan bisa hidup berdampingan dengan manusia, akan tetapi hanya hewan jinak saja yang bisa hidup bersamaan dengan manusia. 

foto : pixabay.com

Bahkan beberapa hewan dijadikan sebagai peliharaan untuk menemani manusia dari kesendirian atau sebagai bisnis berbudidaya. Rata-rata hewan yang dipelihara pun merupakan hewan yang jinak seperti kucing, anjing, ikan, burung dan beberapa hewan lainnya yang tidak membahayakan manusia.

Hewan ini jika disebutkan satu persatu akan banyak sekali, baik yang di darat, udara, dan air sekalipun. Masing-masing hewan mempunyai ciri, spesies, jenis, siklus hidup yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai hewan nokturnal tepatnya hewan nokturnal yang hidup di sawah. Mungkin Anda pernah mendengar soal hewan nokturnal ini, hewan nokturnal mempunyai siklus hidup yang cukup unik dan aneh.


5+ Hewan Nokturnal Yang Ada di Sawah

Hewan terdapat banyak jenisnya yang dikenal oleh manusia. Beberapa hewan memang memiliki keistimewaan atau keunikan tersendiri. Sebagai contoh yaitu hewan yang sering aktif di malam hari atau yang biasa dikenal dengan istilah "nocturnal". Hewan nocturnal ini memiliki kebiasaan yaitu lebih aktif saat malam hari. 

Hewan yang nocturnal akan lebih aktif di malam hari dan tidur di siang hari. Perilaku tersebut berkebalikan dengan manusia pada umumnya. Hewan-hewan nocturnal meskipun memiliki perilaku yang berbeda tapi hewan tersebut memiliki kelebihan yaitu pada pendengaran, penciuman, penglihatan yang dimiliki justru tajam.

Baca Juga :

Oleh karena itu, melalui kemampuannya dapat membantu menemukan mangsa di malam hari meski gelap.

Beberapa hewan yang memiliki keunikan sebagai hewan nocturnal ini memiliki ekosistem yang biasa juga hidup di sawah. Untuk mengetahuinya, silahkan ikuti dan simak penjelasannya dibawah ini.


5+ Daftar Hewan Nokturnal Yang Hidup di Sawah

Contoh hewan nocturnal yang biasa hidup di sawah adalah sebagai berikut :

1. Tikus 

Hewan nocturnal yang berada di sawah salah satunya adalah tikus sawah. 

Akan tetapi, keberadaan tikus sawah ini berbahaya karena serangan tikus yang ada pada sawah dapat menyebabkan beberapa kerusakan. Kerusakan tersebut berupa kerusakan yang terjadi pada tanaman padi terjadi ketika pada saat persemaian hingga siap panen dan bahkan terjadi hingga padi sudah disimpan di dalam gudang penyimpanan. 

Intensitas kerusakan pada padi menjadi tinggi ketika tikus sawah memiliki kesempatan untuk mendapatkan makanan yang disukai jika dibandingkan ketika mendapatkan makanan di habitat tempat tikus ini hidup.

2. Kelelawar

Kelelawar menjadi hewan nocturnal yang paling terkenal di antara hewan nocturnal yang lainnya. Hewan kelelawar ini terkadang ada yang berpendapat bahwa kelelawar adalah hewan yang buta. Akan tetapi, sebenarnya mata kelelawar justru sangat tajam. Mata kelelawar bahkan bisa digunakan untuk melihat sinar ultraviolet. 

Kemampuan yang dimiliki oleh hewan kelelawar tersebut menjadikan kelelawar mudah mencari makanan di malam hari. Kelelawar seringkali muncul di malam hari untuk mencari makanan yaitu dengan berburu buah – buahan. Kelelawar ini juga bisa hidup dan berada di tempat tinggal yang terbuka seperti sawah. 

3. Landak Sawah

Landak juga salah satu hewan yang nocturnal atau lebih aktif di malam hari. Landak menjadi salah satu hewan nocturnal yang juga bisa hidup di sawah karena landak sawah menjadi salah satu musuh petani karena landak tersebut tinggal di sawah dan merusak dan mengurangi produktivitas tanaman yang ditanam oleh petani di sawah. 

Hasil panen akan berkurang karena adanya serangan landak. Landak ini beralih ke sawah karena makanan landak yang ada di hutan sudah habis. Oleh karena itu, landak ini beralih dan berpindah ke sawah. 

4. Katak

Katak juga menjadi salah satu hewan nocturnal yang berada di sawah. Akan tetapi, sebagian katak juga bisa bersiat diurnal. Katak cenderung lebih aktif di malam hari jika dibandingkan pada siang hari ternyata katak tersebut sedang menjalani proses peningkatan kelembapan di malam hari.

5. Burung Hantu 

Burung hantu juga biasa disebut sebagai salah satu hewan nocturnal yang sering aktif di malam hari jika dibandingkan di siang hari. Hal tersebut disebabkan, indra pengliharan dan pendengaran yang dimiliki sangat tajam. 

Burung hantu juga bisa hidup di sawah karena burung hantu merupakan binatang yang suka memburu tikus. Sementara itu, tikus lebih suka dan banyak dijumpai jika di sawah.


Penutup

Sekian artikel yang bisa ditulis tentang 5+ Hewan Nokturnal Yang Hidup di Sawah. Semoga dengan adanya konten ini dapat memberikan suatu wawasan baru untuk Anda serta memberikan informasi yang bermanfaat. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, mohon maaf jikalau ada kalimat ataupun kata-kata yang kurang baik selama penulisan artikel ini.

Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan konten ini ke rekan-rekan disekitarmu. Jika ada pertanyaa, silahkan tanyakan di kolom komentar dibawah ini.

Related Posts

Posting Komentar